Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Internet Dan Dampak Pada Kehidupan Sosial

Di era globalisasi dengan kemajuan tekhnologi yang serba canggih seperti sekarang ini, internet sudah menjadi suatu kebutuhan yang penting bagi kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Tentunya kehadiran internet telah membawa perkembangan dan dampak yang besar bagi berubahnya kondisi sosial dan ekonomi masyarakat dunia. Internet merupakan salah satu revolusi tekhnologi yang maju abad 21 dengan menyatukan telekomunikasi dan computer.


Saat ini Internet juga berkembang pesat di Indonesia, dimana perkembangan Internet dimulai ketika penggunaan Internet tersebut hanya dijadikan sebagai media penyebaran informasi dunia maya yang belum terlalu diminati masyarakat hingga menjadi suatu kebutuhan umum setiap harinya. Seperti hal nya masyarakat Indonesia saat ini lebih tertarik membaca berita online di internet yang dinilai lebih praktis dan hemat biaya ekonomi daripada membeli lembaran Koran setiap harinya. Kecepatan perkembangan tekhnologi informasi menjadi hal yang sangat menarik untuk diikuti, karena manusia terbiasa menyukai informasi baru yang datang setiap harinya. Dengan demikian, terlihat jelas dampak penggunaan internet membuat pertukaran informasi lebih cepat dalam hitungan detik serta membuat semuanya lebih efisien dan mencakup ke seluruh penjuru dunia. Tidak hanya itu, Dunia Perbankan, Pendidikan, Lapangan Pekerjaan, kehidupan sosial sekarang sudah beralih ke internet.


Ketika internet menjadi sebuah hal yang diminati, bicara tentang manfaatnya pun internet memiliki segudang manfaat yang dapat diberikan. Dengan internet juga tentunya juga memiliki dampak negatif seperti perjudian online, pembajakan, dan pornografi yang dapat merusak moral anak bangsa. Hal ini dibutuhkan campur tangan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan yang tegas untuk menyikapinya. Disisi lain, Internet di Indonesia sudah menyentuh ke semua lapisan masyarakat termasuk masyarakat di belahan perdesaan. Saat ini khususnya masyarakat perkotaan yang tinggal di kota-kota besar Indonesia, tanggapan mengenai internet telah menjadi kebutuhan penting dan mendesak bagi kehidupan sehari-hari.

Perkembangan internet telah membawa kemajuan dibidang smartphone yang menjadi faktor pendukung meningkatnya penggunaan internet selain komputer. Hadirnya smartphone dengan menawarkan berbagai fitur-fitur canggih yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia. seperti halnya media sosial, photography, music, and berbagai aplikasi lainnya yang menjadikannya sebagai daya tarik. Media sosial merupakan salah satu contoh fitur aplikasi yang berfungsi menghubungkan satu dengan yang lainnya. Komunikasi menggunakan media sosial pun sangat efisien dan praktis yang memungkinkan pengguna untuk terus menerus kecanduan akan hal ini.


Tidak hanya makanan, internet pun seperti memiliki zat adiktif yang dapat membuat penggunanya kecanduan. Hal ini disebabkan karena internet memberikan fungsi yang sesuai dengan keinginan penggunanya, salah satu nya yaitu fungsi menghibur/ hiburan. Addicted,satu kata yang menggambarkan fenomena Internet abad 21 saat ini sekaligus merupakan dampak negatif yang tidak terlihat dengan kasat mata. Efek kecanduan ternyata membawa dampak yang lebih serius yaitu autisme. Autisme atau lebih tepatnya autis merupakan suatu penyakit yang memiliki sifat cenderung tidak memperdulikan orang lain sekitar dan hanya fokus pada apa yang dilakukan diri sendiri. Hal ini tepat sekali terjadi dalam kehidupan sehari-hari disekitar kita, dimana pengguna internet mengalami kondisi autisme dimanapun mereka berada sehingga hal ini berdampak pada kehidupan sosial masyarakat itu sendiri yang mulai mengalami kemunduran.

Post a Comment for "Perkembangan Internet Dan Dampak Pada Kehidupan Sosial"