Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Dampak Komputer Yang Terhubung Internet

Komputer merupakan sebuah perangkat atau alat yang befungsi untuk membantu mengerjakan pekerjaan manusia. Dahulu, komputer sangat jarang dimiliki, namun pada era millenium ini, komputer bukan lagi kebutuhan tersier melainkan sudah menjadi kebutuhan primer. Ini karena, saat ini seluruh instansi perusahaan menggunakan komputer. Bukan hanya perusahaan sekolah-sekolah dan kampus juga sudah menggunakan komputer sebagai media nya. Komputer, memiliki 2 bagian yakni Hardware (perangkat keras) dan Software (perangkat lunak). Kedua bagian ini sudah pasti ada di dalam bagian komputer.

Saat ini, komputer sudah mengalami Evolusi nya. Dahulu, ukuran komputer bisa dibilang besar, namun saat ini tampilan komputer sudah lebih minimalis, dengan monitor yang suda LED dan ukuran CPU yang tidak lagi terlalu besar.

Komputer dulu

Komputer sekarang
(sumber: http://alrgr.hol.es/)
Diluar itu semua, ada pula inovasi baru dari komputer, yakni Laptop. Ya, laptop merupakan komputer yang dapat dibawa kemana-mana dan bisa nyala tanpa harus adanya koneksi langsung dengan listrik. Dengan kata lain, laptop sudah memliki daya yang tersimpan di dalam baterai layaknya sebuah handphone. Komputer dahulu berfungsi sebagai alat hitung mekanis pada tahun 1879 di Amerika Serikat.

Kembali ke manfaat komputer, saat ini komputer sudah sangat memiliki banyak fungsi, dalam dunia pendidikan komputer merupakan media bagi siswa/i agar lebih semangat dalam pembelajaran karena adanya variasi menggunakan komputer, membuat siswa/i lebih kreatif dalam mengembangkan ide idenya dalam mengerjakan tugas.

Saat ini ada pula sebuah jaringan yang mampu menghubungkan kita dari satu tempat ke tempat lainnya, bukan hanya dengan suara, tapi bisa menampilkan wajah kita, yakni jaringan internet.


Internet dan komputer merupakan sebuah komponen yang tidak bisa dipisahkan. Saat ini sudah banyak sistem yang tidak lagi menggunakan sistem Offline, melainkan Online. Bahkan pada tahun 2014 lalu, saat dilaksankannya Ujian Nasional, ada beberapa sekolah yang menggunakan ujian secara online.

Walaupun masih banyak PR yang harus diselesaikan demi memperbaiki sistemnya. Internet sangatlah berperan di dalam era millenium ini, semua orang pun mampu menggunakan internet dan ingin selalu menggunakan internet. Walau begitu penting, internet juga memiliki 2 sisi mata uang, yaitu positif dan negatif. Dari sisi positifnya, jelas internet sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Baik itu hanya sekedar untuk mendapatkan informasi maupun untuk menyelesaikan pekerjaan, baik itu dikantor maupun disekolah.

Bahkan dahulu, internet berguna untuk departemen pertahanan Amerika Serikat. Dibalik sisi positifnya, ada pula sisi negatifnya. Semakin mudahnya mengakses intenet, disalahgunakan bagi sebagian orang untuk berbuat tindak kejahatan. Seperti penculikan lewat chat akun facebook, lalu yang sedang booming penjualan bayi di akun Instagram, padahal bayi yang mereka jual merupakan bayi dari beberapa masyarakat dan artis yang sebelumnya mereka tidak tahu menau. Lalu, akses internet juga disalahgunakan bagi sebagian anak-anak dan remaja. Mereka semakin asik bermain Game Online tanpa mengenal waktu, dan kadang kala, meraka bolos sekolah hanya untuk bermain Game Online. Situasi seperti ini diperlukannya perlindungan dari orang tua untuk memproteksi anak-anaknya dari dampak negatif internet.

Post a Comment for "Manfaat dan Dampak Komputer Yang Terhubung Internet"