Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Saldo Adsense Youtube Berkurang?

Kenapa saldo adsense youtube berkurang? banyak nih teman-teman yang bingung saat melihat penghasilan youtubenya berkurang atau turun. Kalau naik sih wajar karena seiring berjalannya waktu ia bertambah dengan pendapatan hari ini, namun yang anehnya malah turun. Apa karna ada klik iklan yang tidak valid? Demikianlah pertanyaan yang banyak dilontarkan oleh publisher youtube dibeberapa grup adsense.



Dulunya saya juga sempat bingung dengan masalah ini dan akhirnya juga tahu sendiri setelah memperhatikan beberapa informasi yang ada didalamnya.

Kalau dibandingkan dengan bisnis periklanan lain selain adsense ternyata tampilan pendapatan youtube berbeda. Kalau pendapatan pada bisnis periklanan lain terlihat selalu naik dan tidak pernah turun (atau setidaknya tetap), namun pada adsense ada turunnya juga. Coba perhatikan dashboard youtube seperti gambar dibawah ini terlihat penghasilan youtube $2.65 padahal sebelumnya $3 berarti turun $0.35.Kemana perginya yang $0.35?


Dalam tampilan dashboard Youtube biasanya ditampilkan pendapatan bulan terakhir (28 hari terakhir) secara defaultnya. Anda dapat mengubah tampilan ini sesuai waktu yang di inginkan.

Jadi, sebenarnya pendapatan youtube yang terlihat turun sebenarnya tidaklah turun. Itu hanya penampilan bulan terakhir saja. Mungkin sebelumnya anda mengira itu adalah pendapatan total penghasilan di youtube padahal tidak. Pendapatan total dapat di lihat di bagian menu Analytics. Selain itu anda juga dapat melihat secara detailnya berapa pendapatan masing-masing video, video mana yang pendapatan tertinggi, melihat penghasilan dalam rupiah dan lainnya.

Untuk lebih jelas mengenai detail pendapatan bisa baca disini:

Berikut cara melihat penghasilan total keseluruhan youtube
1. Pertama pastikan sudah login ke akun youtube.
2. Kemudian masuk ke dashboard youtube atau pada link ini:
https://www.youtube.com/dashboard
3. Setelah itu pada bagian kiri klik Analytics
4. Ganti tampilan pendapatan menjadi Selama Ini untuk melihat keseluruhan pendapatan dari awal sampai akhir. Anda juga bisa mengubahnya menjadi Bulan Lalu, Bulan Ini, Minggu Lalu, Minggu Ini, Kemarin dan sebagainya.



Terlihat pendapatan totalnya $8.90 yang tadinya hanya ditampilkan $2.65.

Cara diatas hanya untuk melihat penghasilan total saja (selama ini) tidak mengubah settingan secara default. Untuk mengubah settingan menjadi default, sehingga akan terlihat penghasilan total selalu pada menu analytics youtube anda dapat mengubah pengaturanya.
- Klik Setelan (gambar gear pada pojok kanan atas)
- Ganti periode default waktu menjadi Selama ini.

Begitulah informasi tentang pendapatan youtube yang selalu naik turun tapi kenyataanya tidak. Semoga dengan itu anda akan lebih semangat lagi untuk upload video ke youtube dan menghasilkan lebih banyak lagi.

Post a Comment for "Kenapa Saldo Adsense Youtube Berkurang?"