Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Blog Menjadi Responsive

Memasang template responsive pada blog sudah menjadi keharusan bagi para blogger saat ini. Karena template yang responsive begitu disukai oleh search engine Google, sehingga blog akan lebih cepat terindeks oleh google. Selain itu blog yang responsive lebih friendly karena tampilan layar secara otomatis akan disesuaikan dengan semua perangkat. Oleh karena itu mulailah beralih ke blog dengan tampilan yang responsive.


Jika dibandingkan dengan template biasa maka blog responsive sangat jauh berbeda. Template biasa sebenarnya juga bisa dijadikan responsive tapi mungkin akan sulit untuk dilakukan. Hanya orang-orang yang mengerti source/ kode HTML yang bisa melakukanya. Tapi tenang saja kita bisa mendownload template yang sudah responsive, lalu memasangkannya pada blog milik kita. Banyak template responsive yang sudah disediakan oleh situs-situs lain secara gratis, atau jika ingin lebih bagus bisa membelinya pada situs tersebut.

Berikut Cara Pasang Template Responsive ke Blog
1. Login ke Blogger.
2. Pada menu klik "Template".
3. Pada sudut kanan atas klik "Cadangkan / Pulihkan.
4. Klik "Choose File" dan cari dimana template responsive hasil download tadi disimpan (dalam format XML).


5. Setelah itu klik "Unduh".
6. Tunggu beberapa detik maka template anda telah responsive.

Sekarang coba lihat hasilnya pada perangkat lain seperti di hp, tablet atau juga bisa kecilkan layar browser dengan menarik sudut browser ke sudut atas, maka lebar tulisan akan mengikuti lebar layar. Gimana mudah bukan. Sekarang lakukan pengeditan / modifikasi template blog seperti ; menu header, bentuk tampilan, susunan tata letak dan lainya karena template hasil download pastilah menunya tidak sama dengan isi blog kita sehingga kita harus mengganti menu yang ada sesuai dengan thema blog kita.

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Blog Menjadi Responsive"