Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasang Kotak Pencarian di Blog dengan Mudah

Selamat sore agan-agan semua. Kali ini saya akan berbagi tutorial cara menambah, membuat atau memasang kotak pencarian di blog. Pastinya agan semua sudah tau apa itu kotak pencarian. Kotak Pencarian atau dalam bahasa inggris disebut dengan search box adalah suatu kotak pada sebuah web atau blog dimana bisa mempermudah pengunjung dalam mencari artikel postingan yang ada didalam blog kita. Dengan mengetikkan kata kunci di dalam kolom pada kotak search maka artikel yang mengandung kata kunci tersebut akan muncul pada halaman. Berikut bentuk contoh kotak pencarian yang akan kita buat nantinya.


Terdapat kolom dan sebuah tombol "Search". Kata kunci dimasukan kedalam kolom, lalu tekan tombol "Search" untuk memulai pencarian artikel. Begitulah cara menggunakan fitur Search Box.
Jarang sekali blog yang tidak mempunyai fitur ini karena jika kotak pencarian dalam suatu blog tidak ada tentunya pengunjung akan kesulitan mencari artikel untuk dibacanya, dan ini menyangkut masalah kenyamanan pengunjung. Kalau pengunjung tidak nyaman berada diblog kita tentu ia akan berpindah ke blog lain. Sehingga mempengaruhi trafik suatu blog. Berikut cara pasan Kota Pencarian diblog.

Cara Menambahkan Kotak Pencarian di Blog
Ada dua cara yang bisa anda pilih. Silahkan pilih cara mana yang lebih mudah menurut sobat.

Cara Pertama : Menggunakan JavaScript
  1. Login ke akun blogger, Pilih Tata Letak.
  2. Terus Tambahkan Gadget dan  Pilih HTML/JavaScript.
  3. Tulis judul, jika tidak juga gak apa-apa. Lalu masukkan kode berikut didalam kolom konten :
    1. <form action="http://gifidia.blogspot.com//search" method="get"> <input class="textinput" name="q" size="25" type="text"/> <input value="search" class="buttonsubmit" name="submit" type="submit"/></form>
  4. Ganti tulisan tulisan warna merah dengan link blog sobat dan jika sobat ingin mengubah besarnya kotak pencarian ganti angka 25 sesuai dengan yang diinginkan.
  5. Kalau sudah klik Simpan. Jika berhasil maka hasilnya akan menjadi seperti ini:


Cara Kedua : Dengan Menambahkan Widget Penelusuran.

Cara ini hampir sama dengan cara pertama, bedanya kita tidak menambah kode script apapun, melainkan hanya menambahkan widget tertentu ke blog kita. Ikuti cara dibawah ini:
  • Pada Tata Letak, klik Tambahkan Gadget. Terus gulir kebawah sampai ketemu Kotak Penelusuran. Klik Kotak Penelusuran tersebut
  • Jika sudah klik Simpan.
Begitulah cara membuat kotak pencarian diblog dengan mudah. Sekarang blog sobat telah tersedia kotak pencarian didalamnya sehingga akan membuat pengunjung senang karena artikel yang dicarinya bisa didapatkan dengan mudah cukup dengan mengetikan kata kunci. Saya rasa cukup itu dulu tutorial sederhana ini semoga dengan adanya tutorial ini dapat membantu teman-teman yang lagi membutuhkan informasi ini.

Post a Comment for "Cara Memasang Kotak Pencarian di Blog dengan Mudah"