Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Daftarkan Blog ke Google Webmaster Tools dan Verifikasi

Webmaster Tools adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh Google untuk mempermudah blogger dalam mengelola blog atau situsnya di ruang lingkup mesin pencari (search engine) Google. Dengan adanya Webmaster Tools kita lebih bisa mengoptimalkan blog dalam hal SEO seperti mempercepat terindexnya halaman blog di search engine dan juga dapat memonitoring aktifitas blog di mesin pencarian Google, misalnya seperti adanya kesalahan perayapan, tampilan statistik perayapan, data terstruktur yang dapat mengetahui item dengan kesalahan, status index dan masih banyak lagi yang lain.

Sebenarnya tanpa menggunakan fasilitas Google Webmaster Tools blog juga bisa terindex dengan sendirinya di Google namun akan membutuhkan waktu lebih lama jika dibandingkan kalau kita mendaftarkan blog ke Webmaster Tools. Untuk itu langsung saja ikuti langkah-langkah cara mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools.

Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools
1. Login ke Blogger.
2. Buka situs Google Webmaster Tools
3. Pada halaman Webmaster Tools, masukan URL blog yang mau didaftarkan, dan klik Tambahkan Properti.

Sampai disini berarti blog anda telah berhasil didaftarkan ke Google Webmaster Tools. Sekarang tinggal verifikasi blog yang artinya membuktikan ke Google bahwa memang kita pemilik dari blog tersebut.

Verifikasi Blog di Google Webmaster Tools
1. Pada pojok kanan atas klik Icon Gerigi, lalu pilih Detail Verifikasi


2. Pada halaman selanjutnya klik Verifikasikan dengan menggunakan metode yang berbeda.
3. Beri centang pada Tag HTML.
4. Maka akan terlihat kode meta tag.

5. Salin dan tempel kode tersebut pada blog anda tepatnya dibawah kode <head>. Caranya, buka tab baru dan masuk ke blogger. Kemudian pilih Template dan Edit HTML. Gunakan Ctrl+F untuk mencari kode <head>. Setelah ditemukan letakan kode tadi tepat dibawahnya. Simpan Template.

6. Kembali ke halaman Webmaster Tools tadi. Klik tombol Verifikasi dibagian paling bawah. Nah, sampai disini maka verifikasi sudah selesai. Lalu apa langkah selanjutnya? langkah selanjutnya adalah menambahkan petas situs.

Menambahkan Peta Situs di Webmaster Tools
1. Buka halaman utama Webmaster Tools, klik URL blog yang akan ditambahkan peta situs.
2. Pada menu bagian kanan klik Perayapan -> Peta Situs.


3. Pada pojok kanan atas, klik tombol Tambahkan/Uji Peta Situs.
4. Masukan satu-persatu kode berikut:
/atom.xml
/atom.xml?redirect=false
/feeds/posts/default?orderby=updated

5. Misalnya, masukan kode /atom.xml, lalu klik Mengirim Petas Situs.
6. Setelah itu klik Segarkan laman. Maka petas situs yang pertama sudah berhasil dibuat. Sekarang silahkan buat peta situs yang kedua caranya sama.

Sampai disini proses mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools dan verifikasi serta settingan peta situs sudah selesai dilakukan.
Semoga tulisan ini "cara mendaftarkan dan verifikasi blog ke google webmaster tools terbaru" bisa bermanfaat bagi teman-teman.

Post a Comment for "Cara Daftarkan Blog ke Google Webmaster Tools dan Verifikasi"