Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat dan Pentingnya Membuat Website

Website kini merupakan suatu hal yang penting di era kemajuan teknologi informasi. Semakin hari semakin banyak website-website baru yang bermunculan. Saat ini hampir setiap perusahaan mempunyai website sehingga dapat dengan mudah diakses oleh khalayak yang berguna untuk menjaga citra baik serta memperkenalkan perusahaan. Semakin dikenal nama perusahaan maka setiap produk barang dan jasa yang ditawarkan dapat banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini juga dapat bermanfaat bagi perusahaan untuk mendapatkan investor-investor baru guna memperluas dan memperbesar perusahaan tersebut.

Selain perusahaan, website juga seringkali dibuat bagi restoran-restoran. Aneka tempat kuliner tersebut membuat website sendiri guna menawarkan produk makanan yang dimiliki. Website tersebut seringkali dipenuhi gambar-gambar makanan indah nan lezat yang disediakan. Tidak jarang beberapa tempat makan juga menyediakan jasa pesan antar melalui webnya.


Website juga banyak dibuat oleh instansi-instansi seperti kementerian, sekolah-sekolah, pesantren, gereja, dan masih banyak lagi. Beberapa instansi tersebut juga menjadikan website sebagai tempat pendaftaran seperti pendaftaran mahasiswa baru, pendaftaran pembuatan paspor, hingga pembuatan kartu NPWP.

Website kini bukan hanya sekadar berisi informasi namun juga digunakan sebagai tempat transaksi. Mengingat mudahnya mengakses website, dewasa ini beberapa selebritis juga berbondong-bondong membuat web pribadi mereka guna mempromosikan diri dan menyapa fans. Website yang dapat diakses dengan mudah kapanpun dan di manapun inilah yang menjadi keunggulan utamanya.

Banyak orang sekarang juga berusaha membuat website mereka sendiri. Bagi mereka yang pemula juga dapat membuat website sendiri.

Jenis-jenis Website
Seringkali, orang-orang bingung akan pengertian website dengan blog. Secara sederhana, apabila telah mempunyai blog maka telah memiliki website sendiri. Blog adalah salah satu jenis website. Beberapa jenis lainnya adalah media sosial, situs jual-beli, hingga tempat transaksi pembelian tiket pesawat. Blog memang bagian dari website namun tidak semua website merupakan blog. Sebagai contoh, ada seorang selebritis yang mempunyai web berisi foto dan karya-karyanya namun tetap menyisipkan link blog pada website tersebut sehingga pengunjung dapat berkunjung ke sana.

Cara Membuat Website
Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, website mempunyai beragam jenis maka membuat website juga perlu diketahui tujuan sehingga tidak salah. Apabila telah menemukan tujuannya maka website dapat segera dibuat.

Cara pertama untuk membuat website secara mudah adalah dengan mendaftarnya pada situs-situs besar. Apabila untuk menulis blog maka dapat segera mendaftar pada blogger.com, wordpress.com, sertatumblr.com. Karena merupakan web gratis dengan mendaftar pada situs-situs tersebut maka penggunanya akan mempunyai nama web dengan subdomain seperti .blogspot.com, .wordpress.com, dan .tumblr.com. Beberapa situs tersebut menyediakan sarana bagi pengguna untuk memakai nama domain sendiri dengan membelinya pada jasa penjualan domain yang ada.

Bagi mereka yang ingin menjual barang-barangnya dapat membuat web pada situs olx.co.id, tokopedia.com, dan lain-lain. Selain mendaftar secara gratis, web dapat dibuat melalui Content Management System seperti Joomla. Kemudian para pemula juga dapat belajar melalui buku-buku hingga artikel di internet tentang programming apabila ingin membuat web dengan framework. Bagi pemula yang ingin membuat web juga dapat menggunakan jasa pembuatan web atau membeli domain dan hosting yang dapat didesain sendiri bentuk webnya.

Post a Comment for "Manfaat dan Pentingnya Membuat Website"