Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Sembunyikan Widget di Halaman Utama Blog

Menyembunyikan widget yang berada di halaman utama atau beranda blog memang perlu dilakukan untuk membuat halaman utama menjadi lebih rapi dan tampilan tidak menjadi senjang. Widget yang akan disembunyikan adalah widget yang tidak terlalu penting. Kita dapat sembunyikan widget tersebut sehingga tulisan paling bawah halaman utama bisa sejajar dengan widget.

Coba bayangkan jika widget yang berada di sidebar kanan atau kiri terlalu banyak maka bagian bawah halaman utama akan terlihat senjang dan tidak sejajar dengan artikel akhir pada homepage blog. Untuk itu perlu disembunyikan beberapa widget yang dirasa tidak perlu untuk ditampilkan pada halaman utama blog, namun masih tampil pada halaman lainnya.

Biasanya widget umum yang dipasang pada bagian sidebar adalah seperti Populer Post, Recent Post, Follower, Labels, Iklan dan Witget lainya. Dari sekian banyak witget yang dipasang biasanya saya sendiri memilih untuk menyembunyikan Recent Post karena ini dirasa tidak perlu berada di homepage (halaman utama). Alasanya, karena Recent Post adalah untuk menampilkan judul-judul artikel terbaru, bukankah orang juga bisa melihat artikel terbaru dihalaman utama? nah, ini tidak seharusnya berada di homepage.

Selain membuat tampilan halaman utama menjadi lebih rapi ternyata menyembunyikan widtget juga akan membuat loading halaman utama menjadi lebih cepat. Baiklah, berikut cara sembunyikan widget dari halaman utama blog atau beranda blog atau homepage blog.

Cara Sembunyikan Widget di Halaman Utama Blogspot
1. Pertama temukan dulu id widget yang akan disembunyikan, caranya pergi ke Tata Letak klik Edit pada widget yang mau disembunyikan.
Akan terbuka jendela baru, pada bagian atas cari id widget yang terletak pada bagian akhir URL, silahkan catat id widget tersebut.


3. Sekarang masuk ke Edit HTML, temukan id widget yang telah dicatat tadi (agar lebih mudah tekan Ctrl+F masukan id witget tadi dan tekan Enter).
4. Nah, sekarang id dari witget yang mau disembunyikan sudah ditemukan.
5. Klik panah kecil yang sejajar dengan id widget untuk menemukan kode <b:includable id='main'>


6. Jika masih ada panah setelah itu, klik sekali lagi. Jika sudah temukan kode <b:includable id='main'> salin kode ini <b:if cond='data:blog.homepageUrl != data:blog.url'> tepat dibawah kode <b:includable id='main'> dan salin kode </b:if> tepat diatas </b:includable>.
8. Sehingga begini penampakanya.

9. Terakhir klik Simpan template.

Selesai, sekarang coba periksa witget yang telah disembunyikan pada halaman utama maka ia tidak akan muncul lagi. Namun pada halaman lainnya masih tetap muncul seperti pada halaman konten. Begitulah cara mudah untuk menyembunyikan widget yang ada pada homepage blog.

1 comment for "Cara Sembunyikan Widget di Halaman Utama Blog"