Android | Computer | Ms. Office | Blog

Cara Mengganti Sensor Kertas Printer IP2770, MP287

No comments :

Salah satu penyebab printer tidak bisa digunakan adalah karena sensor tidak lagi berfungsi dengan baik atau sensor printer memang sudah rusak. Cara mengetahui sensor printer sudah rusak bisa dengan melihat keterangan yang muncul pada layar dekstop sewaktu melakukan printing. Keterangannya yang muncul adalah Paper is jamed.

Paper is jamed adalah kertas yang nyangkut dalam printer. Salah satu penyebab kertas nyangkut dalam printer adalah karena sensor yang sudah rusak dan tidak dapat lagi mendeteksi keberadaan kertas, sehingga perintah pada program untuk menjalankan printer tidak maksimal yang akhirnya mengakibatkan kertas nyangkut dalam printer.

Sebenarnya, selain diakibatkan oleh sensor yang membuat printer paper is jamed juga bisa disebabkan karena faktor lain seperti posisi kertas yang tidak lurus, kertas yang digunakan sudah tidak bagus, ada benda lain yang masuk kedalam printer yang dapat menghalangi printer, dll.

Pada pembahasan kali ini kita akan fokus pada sensornya saja jika memang hal lain tidak ada yang menyebabkan printer paper is jamed. Untuk mengecek sensor akan sulit menggunakan alat ukur. Berdasarkan pengalaman, saya hanya meminjam sensor kertas printer lain yang tipenya hampir sama. Misalkan sensor printer MP287 rusak maka saya akan pinjam sensor printer IP2770 atau tipe sama juga lebih bagus. Kalau memang terbukti sensor yang rusak, barulah beli sensor baru. Biasanya sulit mencari ditoko terdekat sehingga terpaksa harus berbelanja online. Kira-kira begini bentuk dari sensor kertas pada printer.

Sensor kertas Canon IP2770 dan MP287 (tampak depan)
Sensor kertas Canon IP2770 dan MP287 (tampak belakang)
Pada printer IP2770, MP287 sensornya sama seperti diatas. Kalau untuk printer lain selain diatas saya belum pernah melihatnya, karena saya baru pernah buka kedua printer diatas. Baiklah mari ikuti langkah cara mengganti sensor printer.

Langkah-Langkah Mengganti Sensor Kertas Printer IP2770, MP287:
1. Untuk mengganti sensor printer, bukalah semua cover printer dengan baik dan hati-hati agar tidak ada yang patah. Untuk cara membuka cover printer bisa lihat tutorialnya di youtube atau di google.
2. Setelah semua cover printer terbuka, akan terlihat semua mesinnya. Disini kita sudah bisa melihat sensor seperti yang dilingkari warna merah dibawah ini.

Sensor kertas pada printer IP2770 dan MP287

3. Sebelum sensor dilepas sebaiknya perhatikan dulu kemana arah kabelnya melingkar sehingga tidak pusing lagi saat melepasnya nanti.
4. Jika sudah, lepas semua sekrup pada sensor menggunakan obeng plus
5. Kemudian mulai melepas sensor dan silahkan pasang sensor baru.
6. Pasang kembali covernya dan coba tes. Semoga berhasil.

Begitulah cara mengganti sensor kertas pada printer IP2770 dan MP287. Jika cara diatas masih tidak bisa mengatasi masalah, berarti memang disebabkan oleh hal lain seperti adanya benda lain yang menghalangi kertas.

No comments :

Post a Comment