Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Ngeprint Dokumen di Microsoft Word

Microsoft Word adalah salah satu aplikasi komputer yang digunakan untuk mengolah data. Aplikasi ini sangat membantu pekerjaan semua orang. Siswa, mahasiswa, pegawai kantoran serta umum semuanya menggunakan aplikasi ini sebagai pengolah data. Tidak heran lagi kalau Microsoft Word suatu aplikasi yang wajib dipelajari di zaman sekarang.

Beberapa kegunaan Microsoft Word secara umum adalah untuk membuat dokumen seperti laporan, makalah, surat-menyurat, tugas sekolah/kuliah dan lain-lain. Kita dapat dengan mudah mengatur format dokumen yang dibuat seperti jenis font, ukuran font, spasi, warna font dan masih banyak fitur lainnya yang dapat dimanfaatkan ketika membuat suatu dokumen.

Namun dalam postingan kali saya akan membahas suatu fitur yang bernama "Print". Dimana Print adalah suatu perintah yang digunakan untuk mencetak dokumen yang telah dibuat dalam bentuk hard copy. Bagi kamu yang baru mempelajari Microsoft Word mungkin masih bingung untuk melakukan ngeprint dari Microsoft Word. Gimana sih cara ngeprintnya? ya, begitu pertanyaan bagi yang belum tahu. Untuk itu disini saya akan membuat langkah-langkah cara ngeprint file word. Perhatikan langkah berikut ini.

Langkah-langkah Print Dokument di Microsoft Word
1. Buka dokumen yang mau diprint.
2. Klik Office Button pada pojok kiri kanan atas (panah 1) dan tekan Print (panah 2).
(untuk lebih cepatnya bisa tekan CTRL+P).


4. Terbuka jendela baru. Tekan saja Ok. Maka dokumen anda akan segera diprint/dicetak.

*Catatan: langkah nomor 4 dilakukan jika komputer anda sebelumnya telah pernah digunakan untuk ngeprint dan telah tersetting secara default. Jika belum maka anda dapat mengaturnya sendiri.

Klik panah kecil sebelah kiri Properties → pilih merk mesin Print anda, misal pada gambar dibawah ini saya menggunakan print Cannon Mp280 → tekan OK untuk mulai print/mencetak dokument.


Cara diatas adalah cara ngeprint dokumen secara cepat dan langsung. Jika anda pengen ngeprint dengan settingan tertentu bisa mengikuti langkah berikut.

Cara Ngeprint Hitam Putih
1. CTRL+P
2. Muncul jendela baru. klik Properties → beri centang pada Pencetakan Keabu-abuan atau dalam bahasa inggrisnya Grayscale Printing → tekan OK dan mulai ngeprint.

Cara Ngeprint Dokument dengan Halaman Tersusun Otomatis
1. CTRL+P
2. Klik Properties → pada bagian atas klik Pengesetan Halaman atau dalam bahasa inggris Page Setup → beri centang pada Cetak dari Halaman Terakhir (R)  tekan OK dan mulai ngeprint.

Cara Ngeprint Halaman Tertentu
1. CTRL+P
2. Pada kolom Pages tulis nomor halaman tertentu yang akan diprint.
Misal:
- Ngeprint dengan nomor tidak berurutan batasi angka dengan tanda koma contoh; 4,8,9
- Ngeprint dengan nomor berurutan batasi angka dengan tanda strip contoh; 9-17
→ tekan OK untuk mulai ngeprint

Cara Ngeprint 2 Rangkap atau Lebih
1. CTRL+P
2. Pada kolom Number of copies, isikan angka sesuai jumlah rangkap yang mau diprint. Misal mau print 2 rangkap ketik angka 2 dan seterusnya jika ngeprint lebih dari 2 rangkap → tekan OK untuk mulai ngeprint.

Itulah postingan mengenai cara print file Ms. Word dengan mudah. Jika ada yang kurang jelas bisa langsung menanyakan pada kolom komentar dibawah ini. Sekian terima kasih.

Post a Comment for "Cara Ngeprint Dokumen di Microsoft Word"