Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memberi Efek Blur pada Latar Foto Menggunakan Photoshop

Membuat efek blur pada latar belakang foto sangatlah mudah jika menggunakan kamera DSLR ataupun kamera HP yang canggih, cukup dengan mengatur fokus pada kamera tersebut maka dengan otomatis hasilnya akan fokus dan blur dibagian lainnya. Kita bisa mengatur fokus dekat maupun fokus jauh. Jika kita atur pada fokus dekat maka latar belakangnya akan blur, kabur atau buram sehingga objek dekat akan terlihat sangat jelas dibandingkan objek yang jauh. Begitu sebaliknya dengan fokus jauh. Itu kalau menggunakan kamera canggih, berbeda dengan kamera biasa yang tidak memiliki fitur yang sama.Untuk itu, kita bisa mensiasatinya dengan mengedit menggunakan aplikasi Photoshop.

Tujuan membuat efek blur pada foto adalah supaya objek dekat terlihat lebih jelas dibandingkan dengan objek jauh, begitu sebaliknya. Misalnya kita mempunyai sebuah foto yang latar belakangnya kurang bagus, lalu kita ingin membuatnya blur atau bahkan tidak terlihat sama sekali semua itu dapat dilakukan menggunakan Photoshop.
Efek Blur Pada Latar Belakang Foto

Berikut Cara Memberi Efek Blur pada Foto Menggunakan Photoshop

1. Siapkan foto yang akan sobat beri efek blur, lalu buka aplikasi Photoshop.
2. Masukan foto tadi ke dalam Photoshop dengan cara, klik File - Open - Pilih fotonya.
3. Seleksi area foto yang akan diberi efek blur. Misal ingin blur latar belakang silahkan seleksi latar tersebut.
Cara seleksi latar belakang foto:
- Klik icon Quick Selection Tool (W) atau dengan menekan W pada keyboard sobat.
Quick Selection Tool
Selain Quick Selection Tool (W) juga bisa seleksi foto dengan Lasso Tool (L) yang ada diatasnya, boleh pilih mana yang termudah.
- Sekarang mulai seleksi latar foto dengan mengklik area latar sampai garis putus-putus melingkari area tersebut. Seperti ini contohnya.
Hasil Seleksi Latar Belakang Foto
2. Jika latar belakang foto sudah diseleksi, sekarang mulai memberi efek blur. Caranya klik, Filter - Blur - Gaussian Blur...

Menu Blur Foto
3. Akan muncul jendela baru, gunanya untuk mengatur tingkat blur foto. Silahkan atur dengan memasukan angka pada kotak Radius, atau menggerakan panah kecil dibawahnya. Jika sudah tekan Ok.
4. Klik kanan foto pilih Deselect untuk menghilangkan seleksi.
5. Terakhir simpan foto dengan mengklik, File - Save - Ok.

Sampai disini berarti sobat telah berhasil memberi atau membuat efek blur pada latar belakang photo menggunakan aplikasi Photoshop. Sobat bisa mengembangkannya sesuai keiinginan. Semoga bermanfaat yah.

2 comments for "Cara Memberi Efek Blur pada Latar Foto Menggunakan Photoshop"

  1. Ternyata begini ya gan membuat Efek Blur pada Latar Foto, udah lama nih cari informasinya. Ternyata ada disini.. thanks..

    ReplyDelete