Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Daftar Isi di Microsoft Word Rata Samping Kanan

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word supaya titik-titik atau nomor pada sisi kanannya bisa rapi - Daftar isi sangat dibutuhkan dalam sebuah makalah, skripsi, buku ataupun lainya. Daftar isi adalah kumpulan judul-judul besar dari buku dan dituliskan nomor halaman masing-masingnya. Fungsi dari daftar isi itu sendiri adalah mempermudah pembaca dalam menemukan topik yang dibacanya tanpa perlu membolak-balik satu-persatu halaman yang ada. Nah, untuk membuat daftar isi biasanya dibuat di Microsoft Word. Berikut cara membuat daftar isi di Ms Word bagi yang belum tahu.

Langkah-Langkah Membuat Daftar Isi Rata Samping Kanan di Microsoft Word:
1. Pertama buat dulu judulnya Daftar Isi dan mulai ketikan elemen daftar isi pertama anda, misalnya dimulai dari Kata Pengantar. Ketikan "Kata Pengantar".
2. Lalu aktifkan Ruler. Caranya klik simbol View Ruler pada bagian pojok kanan atas.



Sehingga akan terlihat seperti ini, tanda Ruler telah aktif..


Pada bagian Ruler (seperti yang ditunjuk panah pada gambar diatas) klik area warna putih Ruler sehingga akan muncul simbol L dan klik sekali lagi sehingga akan ada dua buah simbol L.  Atur posisi simbol L kearah tepi kanan seperti ini.


4. Doble klik pada simbol L bagian kiri, muncul jendela settingan Tab. Beri centang pada:
- Alignment centang : Right
- Leader centang : 2..........
Klik Set dan Ok.
Maka simbol L bagian kiri akan menjadi terbalik.

5. Selanjutnya, letakkan kursor dibelakang "Kata Pengantar" tekan TAB pada keyboard anda untuk mulai membuat titik-titik. Maka titik-titik akan otomatis terbuat sejajar dengan simbol L terbalik. Dan tekan TAB sekali lagi maka kursor akan meloncat ke simbol L kedua, mulai ketikan angka (nomor halaman). Elemen daftar isi pertama berhasil dibuat.

Untuk membuat elemen daftar isi selanjutnya tekan Enter. Elemen daftar isi selanjutnya misalkan seperti Daftar Isi, Daftar Lampiran, Pendahuluan, Tujuan, Manfaat, Batasan Masalah dsb. Dan untuk membuat titik-titiknya tidak perlu lagi setting pada langkah diatas. Tapi cukup tekan TAB seperti pada langkah nomor 5.
Begini hasilnya:


Terlihat titik-titik dan nomor pada bagian kanan sejajar/ rata dan rapi. 
Gimana mudah bukan cara membuat daftar isi sejajar samping kanan di microsoft word. Semoga bermanfaat.

3 comments for "Membuat Daftar Isi di Microsoft Word Rata Samping Kanan"