Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Kembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang

Di jaman yang canggih ini sudah banyak operasion system (OS) yang hadir dengan kelebihan dan kekurangan sendiri. Android adalah salah satunya. Seperti kata pepatah “tiada gading yang tak retak”, meskipun Android terkenal canggih dengan fitur-fitur yang sangat simpel dan ringkas tapi, pasti ada saja kekurangannya. Masalah yang sering terjadi pada OS Android adalah sistem keamanan yang sangat rentan dan sistem yang lemot. Masalah lain juga bisa datang saat anda sedang menginstal aplikasi dan paling membingunkan adalah aplikasi bawaan dari Android tiba-tiba hilang.
Aplikasi bawaan ini bisa hilang karena file sampah, terhapus, dan aplikasi lain tapi tenang, pasti ada cara untuk mengembalikan aplikasi yang hilang itu.


Berikut adalah cara mengembalikan aplikasi bawaan Android sesuai dengan penyebab kehilangannya:

Aplikasi bawaan hilang karena terhapus
Terkadang anda akan menghapus aplikasi bawaan karena merasa sudah punya aplikasi serupa yang lebih canggih. Kalau anda ingin mengembalikan aplikasi bawaan itu lagi, caranya mudah pada kasus yang satu ini, anda tinggal injek atau masukkan lagi aplikasi bawaan tersebut ke dalam /system/app dan ubah permissionnya.

Aplikasi bawaan yang hilang karena cache
Pada kasus ini, aplikasi bawaan hilang karena file sampah. Cache atau file sampah itu bisa ada karena setiap anda membuka aplikasi, file cache akan terus bertambah. Semakin lama file sampah itu pasti akan menumpuk dan memenuhi memori. Terus apa hubungannya dengan aplikasi yang hilang? Ternyata file sampah tersebut akan menyembunyikan aplikasi bawaan anda sehingga tidak terbaca oleh memori. Khusus anda yang memiliki versi kitkat, cara mengatasinya adalah masuk ke menu setting, lalu pilih “App”, kemudian pilih “All”, dan pilih aplikasi bawaan mana saja yang hilang, lalu buka aplikasi bawaan itu lalu klik “clear data”.

Aplikasi bawaan hilang karena aplikasi lain
Ada banyak aplikasi lain yang bisa anda download dan install agar Android anda lebih baik dan menyenangkan. Tapi, terkadang anda menginstall aplikasi yang mirip dengan aplikasi bawaan Android anda. aplikasi download dan aplikasi bawaan ini bersaing dan akhirnya aplikasi bawaan Android anda kalah dan hilang. Cara mengembalikan aplikasi bawaan pada kasus ini adalah pertama, periksa dulu apakah crash nya menyebabkan kedua aplikasi tersebut hilang. Kalau iya, anda harus memilih antara aplikasi download atau aplikasi bawaan lalu hapus yang tidak anda perlukan. Kedua, periksa apakah crash menyebabkan compress file (APK) di sistem hilang. Jika iya, maka aplikasi yang APK-nya hilang itu tertumpuk dengan aplikasi lain. Bila ini terjadi, anda harus menghapus aplikasi unduhan tersebut kalau anda ingin mengembalikan aplikasi bawaan anda.

Bila aplikasi bawaan Android hilang, jangan panik dulu. Pertama yang harus anda lakukan adalah cari penyebab aplikasi bawaan itu bisa hilang. Setelah itu baru lakukan cara di atas sesuai dengan penyebabnya.

2 comments for "Cara Kembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang"

  1. sangat membantu sekali nih gan,,,thanks ya......terus update seputar android terbaru lainnya

    ReplyDelete