Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Tombol Reset di Microsoft Excel 2007

Belajar membuat tombol reset sederhana di Microsoft Office Excel 2007. Adakalanya pada saat kita membuat sebuah tabel untuk tempat kalkulasi data sementara sehingga didapatkan hasil total dari data tersebut dan data sementara tadi lalu dihapus untuk diganti dengan data yang baru. Ketika menghapusnya biasa kita melakukanya dengan cara blok semua area tulisan lalu tekan Delete maka data akan terhapus. Lalu bagaimana jika datanya banyak, tentu akan kesulitan juga menghapus setiap saat. Nah, untuk itu kita perlu membuat tombol Reset agar semua data yang tidak diperlukan bisa dihapus hanya dengan menekan sebuah tombol yang telah dibuat sebelumnya (tombol reset). Sebagai contoh, dalam pekerjaan sehari-hari saya membuat sebuah tabel kalkulasi data barang keluar. Hasil atau total dari data tersebut akan saya salin ke tabel Rekap Bulanan. Karena saya melakukan itu setiap hari maka saya membutuhkan format yang sama. Hanya saja perlu menghapus data kemarin yang sudah tidak di pakai lagi. Untuk menghapus data tersebut saya cukup menggunakan sebuah tombol reset maka data akan terhapus. Sehingga akan lebih memudahkan pekerjaan.


Sedikit pengertian dari tombol reset adalah sebuah tombol yang difungsikan untuk mengulang ke bentuk awal sehingga perubahan sebelumnya yang telah dibuat akan hilang. Dalam Microsoft Excel ini kita akan mengembalikan tabel menjadi kosong lagi dengan cara clear semua data yang tidka digunakan melalui sebuah tombol reset yang telah di format sebelumnya. Berikut cara buat tombol reset di Microsoft Excell.

Cara Membuat Tombol Reset di Microsoft Excel 2007:

1. Aktifkan dulu Tab Developer dengan cara klik Office Button -> Excel Options -> Beri centang pada "Show Developer tan in the Ribbon".
2. Maka, menu Developer pada tab bagian atas telah muncul. Klik Developer -> Insert -> Command Button.


3. Buat tombol reset dibawah tabel. Ganti namanya dengan kata "RESET", klik kanan tombol yang telah dibuat, pilih Properties -> Caption. Dalam properties tersebut juga bisa diganti warna dan bacgroudnya sesuai keinginan.
4. Sekarang memasukan program ke dalam tombol, caranya klik double tombol reset. Akan terbuka jendela untuk pengisian program. Tuliskan program berikut:

2 comments for "Membuat Tombol Reset di Microsoft Excel 2007"

  1. Replies
    1. Iya nih udah ngantuk bangat soalnya. nanti akan kami update lagi deh kelanjutnya. hehe

      Delete