Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Video Tidak Bisa Dibuka Pada GOM Player

Pernahkah anda mengalami masalah saat membuka video menggunakan aplikasi Gom Player ternyata videonya tidak mau tampil, atau video tampil tapi tidak ada suaranya. Jika ya, berarti dibawah ini akan ada penyelesaian masalah yang bisa anda coba. Memang masalah seperti video yang tidak bisa dibuka membuat kita sedikit kecewa dan berfikir entah apa yang rusak. Lalu coba jalan-jalan ke google ternyata ketemu solusinya disini, dimana lagi kalau bukan di blog Gividia ya nggak gan? hehe
Baiklah sudah cukup kata pengantarnya. sekarang langsung saja ke langkah-langkah cara mengatasinya.

Langkah -Langkah Cara Mengatasi Video Tidak Bisa Dibuka Pada GOM Player:

1. Saat pertama membuka video, biasanya akan tampil error seperti gambar dibawah ini. Ada tulisan yang mengatakan, Cannot play the media file in normal process. Masalah ini menunjukan bahwa Gom Player tidak menemukan "Codec". Solusinya, anda harus menginstal Codec terlebih dahulu. Klik Find Codec untuk mendownloadnya. Seperti yang dilingkari warna merah dibawah ini.


2. Setelah itu, anda akan diantarkan kesebuah situs penyedia Codec. Untuk mulai mendownload, klik link yang berada dibawah tulisan download pada situs tersebut. 

3. Kemudian akan diantarkan ke halaman, ini adalah halaman terakhir dimana anda sudah bisa mendownload Codec. Terlihat ada 3 link disana, klik saja salah satu dari ketiga link tersebut. Jika link 1 tidak bisa maka coba link 2 seperti gambar dibawah ini.


4. Maka proses download Codec akan segera berjalan dan tunggu sebentar. 
5 Jika telah selesai, langsung saja instal Codecnya

Selesai instal Codec sekarang coba buka videonya. Lalu hasilnya apa?  Jreeeng... ternyata video yang tadinya error sudah bisa dibuka. Selamat yah..! dengan telah berhasilnya membuka video tentunya hati anda sudah senang sekarang. Sehingga saya juga ikut senang karena sudah bisa membantu mengatasi masalah yang ada. 

Berhubungan diatas ada tulisan Codec, sehingga kalau ada yang bertanya-tanya apa itu Codec? maka saya juga akan sedikit menuliskan perngertian dari Codec. Codec adalah adalah sebuah program komputer yang mampu encoding atau decoding aliran data digital atau sinyal. Dalam prakteknya terkadang Codec digunakan secara umum untuk merujuk ke format suatu file tertentu sebagaimana yang telah dipraktekan pada blog ini. Nah, begitulah pengertian singkat dari Codec. Demikianlah tutorial tentang mengatasi video yang tidak bisa dibuka pada Gom Media Player.

1 comment for "Mengatasi Video Tidak Bisa Dibuka Pada GOM Player"