Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Pangkat Diatas dan Dibawah Pada Microsoft Word

Halo sahabat gividia.com sudah lama juga ya admin tidak update berhubungan beberapa hari lalu admin begitu disibukkan oleh tugas kuliah sehingga blog ini sempat terabaikan. Baiklah, karena sekarang sudah ada kesempatan maka kali ini admin akan berbagi tips cara membuat pangkat diatas dan dibawah pada mikrosoft office word.

Pangkat diatas adalah sebuah angka kecil yang berada disamping huruf/angka lain dengan posisi diatas. Pangkat ini berada pada bilangan persegi, kubik, dll. Contoh pangkat bilangan persegi adalah 5angka 2 adalah pangkatnya. Pangkat bilangan kubik seperti 5angka 3 adalah pangkatnya.

Nah, sudah tau bukan pengertian dan bentuk-bentuk dari pangkat yang biasa digunakan pada pelajaran matematika. Tapi selain itu bentuk seperti ini juga banyak digunakan pada pelajaran IPA seperti satuan pada derajat celcius, contoh : 37o.  
Sudah penasaran seperti apa cara buatnya? baiklah, untuk membuat itu semua nanti akan dijelaskan dibawah ini, sekarang kita bahasa dulu pangkat dibawah.

Pangkat dibawah hampir sama dengan pangkat diatas sama-sama huruf kecil disamping huruf/angka lain tapi pangkat dibawah memang posisinya dibawah contohnya: H2O angka 2 adalah pangkatnya yang dibawah. Begitulah penjelasan pangkat diatas dan dibawah. Untuk cara membuatnya bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini. 




Cara membuat pangkat diatas:
Untuk membuat pangkat diatas cukup menekan tiga buah tombol secara bersamaan yaitu Ctrl + Shift + =
Contoh: misalnya ingin membuat 52, maka ketik saja angka 52. Terus angka duanya di blok dan tekan tombol Ctrl Shift + maka angka 2 nya akan langsung mengecil dan naik ke atas. Begitu juga dengan cara membuat pangkat lainnya. Untuk mengembalikan ke bentuk huruf biasa tekan lagi Ctrl Shift +. 

Cara membuat pangkat dibawah:
Untuk membuat pangkat dibawah cuma menekan dua buah tombol secara bersamaan yaitu Ctrl +
Contoh: misalnya ingin membuat  H2maka ketikan saja H2O. Terus angka 2 nya di blok dan tekan Ctrl + maka angka 2 nya akan langsung mengecil kebawah. Begitu juga dengan cara membuat pangkat dibawah lainnya. Untuk mengembalikan ke bentuk huruf biasa tekan lagi Ctrl +.

Cara lain:

Ternyata selain menekan tombol pada keyboard ada cara lain untuk membuat pangkat diatas dan dibawah yaitu dengan menekan simbol pangkat yang sudah ada pada menu Microsoft Word. Lihat pada bagian atas ada simbol X2  X2 . 


Misalkan membuat pangkat pada bilangan H2O. Ketikan H2O, lalu blok angka 2 dan tekan simbol Xmaka angka 2 akan mengecil kebawah. Begitu juga dengan pangkat diatas.

Nah sekarang sudah tahu bukan cara membuat pangkat dibawah dan pangkat diatas pada Microsoft Word? kalau sudah admin akhiri dulu postingan tentang cara membuat pangkat dibawah dan pangkat diatas pada microsoft office word. Semoga bisa membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas sekolahnya dan juga tugas kuliahnya terima kasih.

21 comments for "Cara Membuat Pangkat Diatas dan Dibawah Pada Microsoft Word"

  1. Sangat bermanfaat mas, makasih banyak :-)

    ReplyDelete
  2. Atur Nuhun bos bermanfaat banget ;)

    ReplyDelete
  3. sebenarnya bukan tanda pangkat dibawah, tapi tanda satuan dibawah. H dengan angka 2 dibawah artinya ada 2 buah H Tanda kimia air dapat diartikan bahwa air terdiri dari dua atom H dan 1 atom O.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih telah menambahkan saya jadi mengerti apa itu pangkat dibawah.

      Delete
  4. trimakasih, sangat bermanfaat gan :) ;)

    ReplyDelete
  5. cara mengembalikannya lagi gimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekan lagi tombol yang sama maka kursor akan kembali normal.

      Delete
  6. sederhana tapi bermanfaat. thank you

    ReplyDelete
  7. Terima kasih sangat bermanfaat sekali ilmunya

    ReplyDelete
  8. tank you gan bermanfaat ilmunya

    ReplyDelete
  9. Thanks ternyata ada cara mudahnya, padahal sebelumnya saya suka nyari di equation

    ReplyDelete
  10. thank boskuh, bermanfaat. baru tahu ini

    ReplyDelete
  11. Terimakasih... sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Thank you very much for the article

    ReplyDelete