Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat dan Mengetahui Spesifikasi Komputer

Spesifikasi komputer merupakan suatu hal yang penting untuk diketahui. Sebab jika kita tidak dapat mengetahui spesifikasi komputer sendiri maka kita juga tidak tahu seperti apa kualitas dan kemampuan dari komputer tersebut. Mengetahui spesifikasi komputer biasanya diperlukan saat kita ingin mengganti atau upgrade perangkat keras (hardware) ke yang lebih tinggi dan juga saat mengoperasikan aplikasi atau game. Sebagai contoh, sebuah game biasanya mempunyai spesifikasi atau persyaratan sistem (System Requirement) tertentu. Kalau komputer yang kita miliki tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada maka game tidak akan berjalan dengan baik bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Untuk itu supaya game bisa dimaikan dengan baik maka kita harus mengupgrade software dan hardware komputer sesuai atau lebih tinggi dari yang telah ditentukan.

Kira-kira begitulah pentingnya kita dapat mengetahui spesifikasi komputer sendiri. Sekarang coba cek komputer anda. Apakah sudah mempunyai spek yang tinggi? atau malah lebih rendah? berikut cara mengetahui atau melihat spesifikasi komputer sendiri.

Cara Melihat atau Mengetahui Spesifikasi Komputer Sendiri:

Untuk melihat spesifikasi dari komputer banyak cara yang bisa dilakukan baik dengan bantuan sebuah sofware maupun tidak menggunakan software. Supaya lebih mudah, disini saya akan menunjukan cara menentukan spesifikasi tanpa software. Berikut langkah-langkahnya:
1. Tekan Tombol Windows + R (jika tidak tahu seperti apa tombol windows cek di google).
2. Kemudian ketikan dxdiag dan tekab Enter.
3. Maka spesifikasi komputer anda akan tampil.


Pada spesifikasi diatas yang perlu diperhatikan adalah:
  - Operating System (OS) : Windows Xp Professional
  - Processor (CPU) : Intel(R) Core(TM)2 CPU 660@2.40 GHz ( 2 CPUs)Core2Duo).
  - Memory : 2048MB RAM atau sama dengan 2 GB
  - DirectX Version : DirectX 9.0c (4.09.0000.0904)
  - Untuk melihat status Graphic Card tekan Display pada bagian atas

Diatas adalah contoh spesifikasi dari komputer saya. Kalau dibawakan untuk bermain game Point Blank alhamdulillah sampai saat ini masih bisa dan belum nge-leg. Lalu bagaimana dengan spesifikasi komputer anda? setelah dicek dan ternyata ada diantara spek tersebut yang jauh ketinggalan alias sudah jadul bangat, sebaiknya di upgrade saja. Karena biasanya, setiap waktu aplikasi terus diupdate sehingga semakin menuntut spesifikasi komputer ke yang lebih tinggi.

Post a Comment for "Cara Melihat dan Mengetahui Spesifikasi Komputer"