Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Error Mfc100.dll / Msvcp100.dll Saat Buka Applikasi

Munculnya error yang memberitahukan bahwa file mfc100.dll / msvcp100.dll / msvcr100.dll hilang, mengakibatkan aplikasi tidak bisa terbuka. Tentunya hal itu membuat kita mejadi sangat kesal karena beberapa aplikasi yang membutuhkan file tersebut tidak bisa dibuka sehingga akan muncul error seperti gambar dibawah ini yang mengatakan "This application hs failed to start because mfc100.dl was not found. Re-insalling application may fix proble". Terjadinya error seperti ini karena file mfc100.dl tidak ditemukan oleh sistem saat membuka aplikasi. Begitu juga dengan msvcp100.dll dan msvcr100.dll.


Gambar di atas terjadi saat saya membuka aplikasi smartbilling dan ternyata terjadi error yang memberitahukan bahwa sistem windows tidak dapat menemukan file mfc100.dl. Awalnya saya tidak tahu harus bagaimana karena setelah saya lakukan browsing, solusi kasus yang serupa tidak ditemukan. Lalu akhirnnya saya nyasar ke situs berbahasa inggris yang mengatakan file tersebut berada di system32. Aplikasi bisa dibuka jika file yang bersangkutan telah dimasukkan ke folder system32. 

Nah, dari situ saya mulai mengerti dan segera memasukan file yang hilang ke dalam folder system32. Lalu dimana file mfc100.dll / Msvcp100.dll / msvcr100.dll bisa didapatkan? 
File-file tersebut biasanya bisa didapatkan dalam folder aplikasi yang error tadi. Cari file yang dibutuhkan lalu meletakkanya di folder system32. Ikuti langkah dibawah ini untuk cara meletakkanya di system32.

Mengatasi Error Mfc100.dll / Msvcp100.dll / msvcr100.dll Yang Hilang

Buka folder aplikasi yang error dan temukan file yang hilang. 
Pada gambar berikut terlihat ada 3 file yaitu mfc100.dll / msvcp100.dll / msvcr100.dll. Silahkan salin salah satu file yang error ke system32.


Jika file yang error hanya satu cukup satu file tersebut yang disalin ke system32.
Berikut alamat menuju system32:
Local Disk C  => Windows => System32
Paste file yang telah di copy ke folder system 32 dengan klik kanan lalu paste.

Setelah file tersebut disalin ke folder system32 coba tes buka aplikasi. Biasanya aplikasi sudah bisa dibuka. Jika masih terjadi error tetapi dengan jenis file yang berbeda. Tinggal ulangi langkah diatas sampai benar-benar fix, cari lagi file yang error dan memasukanya ke folder system32.
Kalau file yang yang dibutuhkan tidak ditemukan maka bisa download di google atau bisa hubungi saya melalui contact diatas untuk dikirim filenya ke anda.

Cara diatas berlaku untuk semua windows seperti windows xp, windows 7 dan windows 8. Begitulah tips cara mengatasi error mfc100.dll / mvcp100.dll / msvcr100.dll yang hilang, semoga membantu.

9 comments for "Mengatasi Error Mfc100.dll / Msvcp100.dll Saat Buka Applikasi"

  1. wah..berhasil gan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama,, terima kasih juga telah berkunjung ke artikel yg berjudul mengatasi error mfc100.dll, msvcp100.dll, msvcr100.dll pada komputer.

      Delete
  2. Gan malah jadi error 0xc00007b, ada solusi gan ?

    ReplyDelete
  3. maaf gan tanya, apakah mfc100.dll nya didownload dulu? klo ya minta link nya,al'y sush nemu

    ReplyDelete
  4. gan minta msvcp 100 dwon thanks sblumnya ohy a ubtuk bit 32

    ReplyDelete
  5. smartbilling nya itu di download apa gk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smart Billing itu aplikasi saya yang error gan. Kebetulan file yang hilang pada system32 ternyata ada dalam aplikasi itu.
      Kalau aplikasi agan error, silahkan coba cek juga file yang hilang pada system32 dalam aplikasi yang error itu. Biasanya ada.

      Delete
  6. gan gmana cara Mengatasi Error Msvcp100.dll,kok gk bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salin file Msvcp100.dll ke system32 gan.
      Apa agan sudah punya filenya? kalau belum saya bisa bantu kirimnya.

      Delete