Memperbaiki Kipas Angin Yang Tidak Bisa Berputar
Berhubungan kemarin kipas angin dirumah saya mengalami kerusakan yang bisa dikatakan kerusakan berat maka kali ini saya akan posting masalah yang dihadapi kipas angin tersebut dan cara mengatasinya. Ada 2 bentuk kerusakkan yang pernah terjadi pada kipas angin tersebut dan alhamdulillah telah berhasil saya atasi sendiri tanpa membawanya ke tempat service.
Berikut bentuk-bentuk kerusakan yang terjadi pada kipas angin dan cara mengatasinya:
1. Kipas angin tidak bisa berputar dan terdengar suara dengung di dalam kipas atau kipas angin berputar tapi sangat lambat.
Untuk memastikan sekring rusak atau tidaknya bisa dilakukan dengan cara mengukur menggunakan multitester. Cara mengukurnya cukup dengan menghubungkan kedua ujung sekring ke mulitester dengan satuan Ohm. Jika terdapat nilai atau jarum bergerak maka sekring masih bagus dan begitu sebaliknya jika tidak ada nilai atau jarum tidak bergerak sama sekali berarti sekring sudah rusak maka anda harus mennggantinya dengan yang baru. Harga sekring dipasaran cukup murah tidak sampai seribu rupiah.
Kipas Angin |
1. Kipas angin tidak bisa berputar dan terdengar suara dengung di dalam kipas atau kipas angin berputar tapi sangat lambat.
Masalah ini terjadi karena bushing / bearing yang berada didalam kipas mengalami kerusakkan. Bushing yang sudah rusak biasanya tidak bisa lagi diperbaiki karena pengunci penutup bushing telah patah sehingga kita harus menggantinya dengan yang baru. Harga bushing dipasaran sekitar lima belas ribuan. Berikut bentuk bushing yang sudah rusak dan yang masih bagus:
Contoh Bushing yang Rusak dan Bushing yang masih bagus |
Di dalam kipas angin bushing berfungsi untuk tempat kedudukan as kipas. Jika kedudukan ini sudah tidak bagus tentu sudah dipastikan kipas tidak akan bisa berputar dengan baik, bahkan tidak bisa berputar sama sekali. Kerusakan yang terjadi pada bushing biasanya akibat kehausan. Selain itu juga karena getaran keras. Getaran ini tejadi biasanya pada saat kipas sedang berputar kita mengarahkan angin atau membengkokan kipas dengan cara yang tidak benar atau dengan kasar sehingga mengakibatkan as berputar kurang stabil dan terjadi gesekan pada pengunci penutup bushing yang membuat pengunci bisa patah. Untuk itu jika mengatur kemana arah angin pada kipas sebaiknya melakukanya dengan lembut atau mematikan kipas terlebih dahulu.
Cara mengganti bushing kipas angin:
1. Buka semua cover atau penutup kipas.
2. Lepaskan ke empat baut yang berada dibagian belakang (dekat kumparan).
3. Keluarkan bushing yang rusak dan ganti dengan yang baru.
4. Setelah selesai pasang ke empat baut dan pasang baling-baling.
5. Coba tes dulu hidupkan kipas.
6. Jika sudah oke, pasang kembali semuanya.
Tambahan : Jika kipas angin berputar tapi lambat juga bisa disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk terlalu banyak jadi bersihkan debu tersebut sebelum memastikan kerusakan pada bushing.
2. Kipas angin tidak bisa berputar dan tidak ada suara dengung di dalam kipas.
Pada kasus ini bisa dipastikan sekring (fuse) yang berada di dalam kipas telah putus. Sekring adalah suatu komponen pengaman dalam peralatan elektronik. Jika diaplikasikan pada kipas angin sekring berfungsi sebagai pengaman dari panas yang berlebihan sehingga akan melindungi kumparan supaya tidak terbakar. Sekring akan memutuskan dirinya jika kondisi kumparan terlalu panas begitulah cara kerja dari sekring. Sekring yang berukuran kecil ini berada sangat dekat dengan kumparan. Berikut bentuk sekring kipas angin miyako kecil:
Tanda panah menunjukan sekring kipas angin |
Untuk memastikan sekring rusak atau tidaknya bisa dilakukan dengan cara mengukur menggunakan multitester. Cara mengukurnya cukup dengan menghubungkan kedua ujung sekring ke mulitester dengan satuan Ohm. Jika terdapat nilai atau jarum bergerak maka sekring masih bagus dan begitu sebaliknya jika tidak ada nilai atau jarum tidak bergerak sama sekali berarti sekring sudah rusak maka anda harus mennggantinya dengan yang baru. Harga sekring dipasaran cukup murah tidak sampai seribu rupiah.
Jika tidak ada multitester untuk mengukurnya, anda masih bisa mengecek sekring dengan cara melepaskan sekring dan menghubungkan kabel tanpa sekring. Jika kipas berputar berarti sekring rusak dan sebaliknya jika kipas tidak mau berputar berarti sekring masih bagus.
Cara mengganti fuse / sekring:
1. Buka cover bagian belakang.
2. Cari sekring yang berada di dekat kumparan seperti gambar diatas (lakukan hal ini dengan hati-hati jangan sampai kabel lain terputus).
3. Setelah ditemukan copot sekering tersebut dan ganti dengan yang baru. Cara menyambungnya bisa dililitkan saja dengan kuat lalu membungkusnya dengan pengaman sambungan yang telah ada sebelumnya.
4. Setelah itu rapikan kembali semua kabel dan pasang cover bagian belakang.
4. Setelah itu rapikan kembali semua kabel dan pasang cover bagian belakang.
Begitulah solusi cara memperbaiki kipas angin sendiri dengan lebih mudah. Sekarang kita tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk memperbaiki kipas angin yang seharusnya bisa diperbaiki sendiri. Bersihkanlah kipas angin anda secara berkala, bersihkan debu - debu yang berada didalamnya dan bersihkan semua covernya dengan rinso biar terlihat lebih bagus dan rapi.
Wahh, kalau kipasku rusak, bisa tinggal hubungi kamu aja, ya. Gak usah bawa ke tempat service. Kamu udah ahli, nih! Belajar sendiri aatau pernah ada pelatihannya? :D
ReplyDeleteBoleh, boleh.. wani piro? hehe (bcd). Belum ahli jg kq mbak ini jg masih beljar, bljar sndiri.
Deletekalau aku hari ini kerusakan sama ga bisa muter tpi aku tespen di dinamonya ada Listriknya to ada arusnya,, itu apa yah gendalannya,, tolong kasih tau dong master
ReplyDeleteKalau gak mau berputar dan tidak ada suara dengung coba cek sekringnya. Sekring dapat dilihat pada bagian kumparan (komponen bewarna hitam). Tes menggunakan multitester dengan satuan Ohm. Kalau tidak punya multitester coba jumper kedua ujung sekering tersebut.
Deletewaduh d cek pke tespen d bag mn yh...klo d body dinamo..bhya tuh bcor listriknya
DeleteBeli bushing dimana ya? Kipasku matot skrg ini :(
ReplyDeleteKalau aku belinya ditempat service kipas angin. Karena kalau dicari dipasaran susah dapatnya.
DeleteWah yang susah mah nyari bushing nya😣
Deletenice info mas, beli perangkat onderdil kipas daerah jakarta dmn tuh mas?? ane ada kipas 3 biji gak muter smua umur ada yang baru 6 bulan
ReplyDeleteWah, kalau di Jakarta ane kurang tau mas. Coz gak pernah tinggal disana. Coba cari aja di tempat service kipas angin ,biasanya diasana ada.
DeleteThanks infonya mas bro, bermaat dan layak dicoba.
ReplyDeleteSama-sama mas bro. Silahkan dicoba semoga berhasil.
Deletethanx bget gan..mantab..
ReplyDeletekipasnya sama lagi..miy*ako..ups jgn sebut merk..hehehe
Kalau sama merk berarti cocok sekali donk gan tutorialnya. hehe
DeleteSemoga berhasil ya gan.
wah persis ada kipas angin yang rusak ini dirumah, rencana mau di buang, eh ternyata udah ada yang share disini. mau ane coba :)
ReplyDeleteSilahkan dicoba gan, monggo.. hehe
Deletekerusakan kipas angin seperti diatas kalau tidak sekring yang putus, ya kerusakan pada bushing. Biasanya gitu.
Letak Sekring dimana ya mas?
Deletedi gambar sudah ada ditunjukkan letak sekring (lihat arah panah)...
DeleteBos kipas merk panasonic matot arus ac bgs tp g mau hdp pas ane ambl fuse'y di lansungin cm suara dengung doang apa pnyebab'y.bushing'y mshbagus apa'y ya.
ReplyDeleteCoba putar as nya dengan tangan, jika terasa berat kemungkinan karna debu yang menumpuk. Jika masih tidak bisa coba pukul pelan-pelan rumah kumparan dengan kayu sambil memutar as nya. Jangan lupa baling2nya juga dipasang saat itu. Jika as sudah terasa ringan tapi masih dengung itu bisa saja karena bushingnya yang kurang bagus.
DeleteBukan sikring, tapi kapasitor,,
ReplyDeletekang atur nuhun kang informasinya, masih untung akang masih mau berbagi ilmu kepd orang lain, coba kalo tida waaaah. karna bapak saya perna bilang bahwasannya "ilmu tidak di amalkan bagaikan pohon tak berbuah". atur nuhun ya kang.....Suksessss!!!
Deletegan.. punya ane seret banget,,, tp kalo di panasin 1 jam bisa normal sih, mohon pencerahanya
ReplyDeletektor bushingnya to as.nya..brsihin aj om...
DeleteKalau dinyalakan yg paling cepat tapi pemutarannya pelan sekali, setelah 1 iam bisa normal kembali. Apanya yg perlu diganti.
ReplyDeleteInfonya bermanfaat gan. Ane mau coba tapi sparepart nya itu agak susah di cari. Ane jual aja ke tk loak. Ganti baru.
ReplyDeleteTar ane coba rusakin dulu kipasnya, baru trik di atas ane praktekan. :D
Infonya sangat membantu sekali mas, saya tengah malam ngoprek kipas angin karena kipasnya jd lamban dan akhirnya setelah saya ikutin petunjuknya sekarang udah kencang lagi baling2nya. Thanks mas��
DeleteMantap... Sedikit tambahan min. Batang as kipas di olesi grease... Muternya tambah lancar
ReplyDeleteWah, itu ide yang bagus.
DeleteGan... numpang nanya nih....
ReplyDeleteKipas ane merk Miyako, yang bisa diatur tinggi, dan gak pake remote. Beberapa bulan yang lalu kipas gak muter, cuma berdecit & berdengung saja... lalu saya iseng utak-utik, saya cek dalemannya masih bagus, gak ada yang kebakar & kapasitornya pun gak buncit. Trus ane ambil kesimpulan kalau yg bermasalah ada pada sisi bearing/laher yg nempel di as/poros. Kemudian ane congkel penutup bearing/laher tsb, ane copot bearing/laher-nya, ane cuci itu bearing/laher pake sabun trus dikeringkan dan kemudian ane lumuri bearing/laher tsb dengan minyak goreng.
Trus ane pasang lagi itu bearing/laher dengan posisi kebalikan dari sebelumnya, yang tadinya bearing/laher bagian depan (yg udah mulai keliatan aus, gepeng ke dalem dikit) diposisikan ke belakang, sedangkan yg bearing/laher bagian belakang (yg belum aus) ane pasang di posisi depan. Trus setelah dicoba, kipas muter kembali seperti "baru".
Namun baru2 ini kipas gak muter lagi.... sial, ane langsung prediksi ini pasti gara2 bearing/laher-nya aus lagi... apalagi, anak ane khan suka iseng mainin kipas, jadi terakhir di baling2nya banyak serabut kain/benang yg melilit poros/as pada baling2nya.
Berarti... bearing/laher-nya sudah aus depan-belakang, mesti diganti.
Lalu ane ubek2 toko-toko reparasi elektronik, gak ada yg ngejual itu bearing/laher... rata2 jual sekaligus sama dinamo/mesinnya (termasuk as, laher, dsb). Yah, terpaksa deh ane beli mesin kipas yg baru, apalagi harganya gak mahal2 amet sih, cuma Rp60ribu.
Waktu itu yg ane pikir, "ah cuma nyambung kabel doang mah gampang... tinggal dicocokin/disamakan saja warna kabelnya".... Eh, begitu sampai di rumah, begitu saya gunting kabel kipas Miyako saya tersebut yg konek ke mesin, warna kabel2nya beda dengan warna kabel mesin kipas yg dijual eceran di pasaran.Warna kabel yg sama cuma warna Merah & Biru doang. Sisanya, ane sambungin kabel warna hitam dengan abu-abu & kabel warna putih dengan kuning (ane pikir begitu, soalnya warnanya khan "mirip" & gak beda jauh, hihihi).
Akhirnya kipas dinyalakan.....
* Untuk tombol kipas yg paling pelan (tombol 1), kipas muter pelan sekali... itupun bisa muter pas baling2nya ane kanibalin pake kipas bekas yg lebih kecil.
* Untuk tombol kipas lainnya (tombol 2 & 3), baling2 kok justru muter berlawanan arah dari arah normalnya, sehingga anginnya ke belakang (bukan ke depan), dan muternya lebih lambat. Dan kalau kelamaan, tercium bau kebakaran & mesin cepat panas.
Jadi sementara, kipas Miyako ane cuma bisa dinyalain di tombol yg paling pelan (tombol 1), hehehehe.... pusing daaaahhhh
Prediksi ane sementara, ini pasti gara2 salah sambungin warna kabel. Jadi ane mohon petunjuk nih Agan Rio dkk..... yg pernah ngalamin, kasih tau dong kisi2nya. Thanks :)
coba di tes pake multitester mas...
Deletekipas saya susah berputar hnya berdengung saja, udah saya ganti semua bushing depan belakang, dan tetap saja hanya berdengung, padahal kalo saya putar kipasnya berputar lancar tidak seret, kalo saya nyalakan g bs muter, apa bener kalo diganti kapasitornya bisa normal??
ReplyDeleteItu posisi bushingnya kurang pas meskipun bisa diputar menunggunakan tangan,tapi belum tentu bisa dengan listrik. Coba perhatikan saat kipas dinyalakan bagian as pasti akan ada sedikit pergeseran sehingga kalau bushing kurang pas pastilah tidak mau berputar.
DeleteSupaya pas, coba pukul pelan-pelan rumah kumparan dengan kayu sambil memutar kipas dengan tangan.
walah, kipas angin saya lehernya ngga bisa mutar abis saya bongkar ternyata ada yg patah bagian gir nya, alamat dah gan udah ga bisa kepake
ReplyDeleteMaksudnya gak bisa memutar kiri-kanan ya gan? kalau cuma itu berarti masih bisa dipake tapi sayangnya anginya tidak menyebar. Gear yang rusak kayaknya dapat diganti. Ada tuh yang jual di pasaran langsung 1 set.
Deleteiya gan.. gak bisa putar kanan kiri, tolah toleh bahasa jawanya.. ada sih mas.. cuma susah disini nyarinya yang cocok.. udah aku coba ganti kanibalan bekas kipas angin yang lain tetep aja gak bisa awet
DeleteMau nanya bos, kebetulan merk dan tipe kipas di gambar sama dg kipas saya yg rusak. Mau nanya,cara nglepas gearbox.nya gmana ya?makasih
ReplyDelete- Supaya lebih mudah mulai membukanya dari belakang. Buka penutup bagian belakang dengan menekan penguncinya, kalau ga salah ada 5 buah pengunci. Cukup tekan dengan obeng minus yang kecil sambil menarik penutupnya ke belakang.
Delete- Setelah penutup bagian belakang terbuka maka akan terlihat ada 4 buah kedudukan sekrup. Buka ke 4 buah tersebut dengan memutarnya kekiri menggunakan tang.
- Setelah semuanya terbuka maka kedua bushing (bukan gearbox ya) sudah bisa dilepas untuk dicek atau diganti jika sudah rusak.
Mas mau tanya,, Kalau dispenser galon aku, airnya keluar terus dari atas, apa nya yang rusak tu mas,?? Mohon secepat nya solusi nya mas..??
ReplyDeleteWah, sebenarnya pertanyaan mas itu tidak ada kaitanya dengan topik diatas. Tapi gpplah selagi saya berbaik hati.
DeleteBiasanya kalau air galon meluap ada dua penyebab yang saya ketahui:
- Pertama galon bocor. Solusinya: ganti dengan galon baru.
- Lobang pada tutup galon terlalu besar. Solusinya: ganti dengan tutup galon yang baru.
bermaaf banget nih.... ane coba ah... siapa thu ane etr buka service kipas angin.. hahaha
ReplyDeleteSaya barusan eksperimen ganti bushing kipas angin pake bearing..hasilnya sangat mengembirakan karena udah tidak ada resiko macet lagi selamanya
ReplyDeleteCukup sedikit akal2an supaya kipas bisa terpasang dengan pas
yg warna item itu bukannya capasitor...? kalo sekering di dalam kumparan dinamo
ReplyDeleteItu sekring gan dan terlihat dalam kumparan dinamo. Kalau kipas seperti diatas kayaknya tidak punya capasitor.
DeleteSekering sama kapasitor sama nggak bro
ReplyDeleteBeda bro, Sekering gunanya sebagai pengaman jika ada panas berlebihan maka ia akan memutus sendiri sehingga kumparan tidak terbakar. Kalau kapasitor gunanya untuk membantu starting awal. Jika kapasitor tidak ada atau rusak maka kipas tidak akan bisa berputar sendiri atau harus bantuan tangan supaya bisa berputar.
Deletetipsnya mantabzz,,, kipas angin saya kembali berputar lagi... aďem bener... mampir ke rumah saya bro... ntar ngopi bareng
ReplyDeleteSeru dan bermanfaat pertanyaan dan jawabanya..
ReplyDeleteboleh lah...
Kalau kipasnya cuman berdengung, tapi harus diputer pake tangan dulu, baru bisa muter dan bisa muter ke dua arah gimana mas..?
ReplyDeletesepertinya itu penyakit kapasitor...
Deleteharus ganti baru mas,..
Mantaaaappppp....
ReplyDeleteMksh atas infox.skrg akan sy coba mumpung ada 2 drmh lg matot.
ReplyDeleteBg kipas anginnya merk cosmas tidak bisa mutar lagi dan tidak mengeluarkan suara dengung , itu masalahnya apa yah bg , mohon saran nya bg .
ReplyDeleteGan numpang nanya donk..
ReplyDeleteKipas ane merek sekai,tadinya muternya sangat lambat dan sya berinisiatif utk membersihkanya,setelah sya bongkar (saya buka 4 baut itu) dan sya bersihkan dan coba sya pasang kembali eh malah ga nyalah..dan anehnya begitu sya colok kelistrik dalam keadaan panel 0 malah ada listriknya sampai ke srang kipasnya nyala pakai tespen,sedangkan kalau di panel nmor 1,2 atw 3 malah ga ad listriknya..
Mohon pencerahanya yah gan..
Trims..
kipas ku kipas dinding lampu idup masih dengung dah tak ganti baru capasitornya tapi tetep gak idup. Apanya ya?
ReplyDeletemungkin bearingnya atau sekringnya...
Deletesama seperti kasus saya...
ternyata bearing udah karatan...
sob tolong di perjlas dwnk bushing yg rusak ama tdk rusakny ciri"ny sprti up ??apkh ada decitan bongkahn atw gmna tlng di perjls y??
ReplyDeleteBusing rusak bisa geser2 mas, geser dikit aja bisa nambah gesekan dan memperberat putaran kipas, sebenernya masih bisa walo rusak,tinggal dipasin aja
DeleteMudah om. Posisi masih terpasang,coba ujung as tempat baling2 sampean pegang. Trus coba di goyang pelan2 kanan kiri. Klu sampean merasakan goyang,sdikit saja. Ddah pasti harus d ganti karena spul d AS pasti mnempel d spul lingkaran. Ngk bakalan bisa muter.
DeleteKlu comen saya slah,tlong d koreksi lgi para master.
mas pengganti obeng nya bisa pake tespen juga gak?
ReplyDeleteuntung Mas nie bagi bagi ilmu soal bearing kipas angin rumah...
ReplyDeletepunya ortu merek miyako standing fan...
bearingnya kesat udah karatan...
dikasih minyak pelumas trus digosok gosok buat sementara waktu sekitar 2 hari ini...
baru lusa beli bearing baru karena mau hajatan kirim doa hari Kamis...
terima kasih infonya Mas...
Untuk bushing /bearing posisi dmnanya? Saya mnglami rusak di yang pertama yaitu bearing
ReplyDeleteDear Mas Agus
Deleteselamat siang
saya punya kipas Dinding (tembok) baling2 tidak mau mutar hanya berdengung saja merk kipas miko*a, capasitor sudah saya ganti tetapi tetap sama. sedangkan bearing blm saya ganti.
mohon pencerahannya, kira kira apanya yg rusak
Klo ngelepasin rotarynya yg putih2 gmna yang nyatu sama besinya itu.. Trimaksih
ReplyDeleteSangat cocok
ReplyDeleteSalam kenal
ReplyDeleteSaya punya kipas angin, jenis dinding kadang-kadang nyala dan kadang tidak, apa penyebabnya, ya?
Mohon penjelasannya
Thanks
Coba d tester dulu pak. Kmungkinan di bagian saklarnya sudah kurang konek.
DeleteMungkin d saklarnya pak. Dah mulai kendor
DeleteCoba cari di tempat service kipas angin
ReplyDeleteGan, kalo yg sikring kecil nya itu gak dipasang, kan mati tuh , mau beli jauh , kalo disambung aja. Gk usah sikring gimana? Apa aman aja?
ReplyDeleteItu kode kapasitor nya berapa gan? Kipas nya sama , Miyako tombol nya 1&2 aja, punya ku kebakar
ReplyDeleteKipas ane kapasitor sudh d ganti om.. Putaran kipas nya juga lancar (diputar pakai tangan) tapi pas di nyalakan masih berdengung dan seperti macet.. Sulit sekali baling di putar.. Ketika d matikan.. Kipas mudah d putar pakai tangan.. Mhon bntuannya bos
ReplyDeletePas berdengung itu coba putar balingnya pakai tangan, kalau bisa berarti kapasitornya. Kalau tidak bisa, coba cek bushing.
DeletePunya saya kipas kecil yg bisa dibawa kemana mana. Kipas itu tidak sengaja jatuh dri kursi. Kipasnya tetap mengeluarkan bunyi (agak lebih keras) namun baling2nya tidak bergerak, ini kenapa ya mas?
ReplyDeletePunya saya merk trisonik yg mna nya hrus di ganti
ReplyDeleteLihat masalahnya dulu ya gan, kipas angin agan kendalanya seperti apa?
ReplyDeleteTks sangat bermanfaat
ReplyDeleteMohon bantuan tuk kipas angin sy merk Yundai tdk mau berputar/hidup, tp jk d'colokan arus listrik hnya terdengar suara trek2 sj & tdk berputar itu knp & apa yg hrs sy cek, trs apakah seluruh jenis kipas angin memakai skring mhn penjelasan & bantuanya Bos
ReplyDeleteMasih terdengar suara trek2 tapi tidak mau berputar. Itu sekringnya masih bagus. Coba cek bagian dalam kipas angin khusunya di bagian as. Bersihkan debu-debu yang menempel. Kalau bisa kasih sedikit oli atau minyak goreng untuk melancarkan perputaran as.
DeleteKalau solusi diatas tidak berhasil berarti bushingnya yang rusak dan harus diganti. Masing-masing kipas besar bushingnya berbeda. Sebaiknya bawa bushing yang rusak pada saat membeli agar pas saat memasangnya.
izin bertanya, Kipas angin padam total, ditespen arus listrik masuk, trus sekringnya putus, Apakah boleh sekringnya di jumper aja?
ReplyDeleteThanks
Boleh mas, cuma resikonya nanti saat kumparan panas bisa terbakar. Lebih baik ganti aja sekringnya.
Delete