Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatur Ukuran Margin, Kertas, Font Makalah Dengan Benar

Dalam pembuatan makalah haruslah menurut aturan-aturan yang telah ditentukan. Karena makalah adalah karya tulis yang bentuknya formal. Sehingga kita harus membuatnya sesuai aturan-aturan yang berlaku dalam karya tulis ilmiah. Aturan-aturan yang berlaku adalah seperti mengatur ukuran margin, ukuran kertas, font, spasi, tulisan rata kiri-kanan, dll. Untuk mengatur semua itu ternyata masih banyak siswa / mahasiswa yang bingung cara mengerjakannya terutama bagi mereka yang baru pertama kali membuat makalah. Untuk itu saya akan membuat tutorial cara mengatur ukuran margin, kertas, font makalah dengan benar di Microsoft Word.

Baca juga : Cara Menampilkan Garis Tepi Pada Ms. Word 2007

Sebelum kita lanjut ke cara mengatur ukuran margin, kertas, font makalah perlu diketahui dulu apa-apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat makalah yang baik dan benar. Berikut beberapa struktur / elemen-elemen penting yang perlu kita perhatikan sebelum membuat makalah.

Elemen dasar sebuah makalah:
1. Cover (halaman judul)
2. Kata Pengantar
3. Daftar Isi
4. Bab I   : Pendahuluan
5. Bab II  : Isi
6. Bab III : Penutup
7. Daftar Pustaka

Itulah beberapa elemen penting dalam sebuah makalah. Setelah memperhatikan elemen-elemen penting yang akan menjadi bagian-bagian dari sebuah makalah tentu kita sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk dari sebuah makalah. Sekarang mari kita akan lanjut ke cara mengatur ukuran margin, kertas yang digunakan, ukuran font, tulisan yang digunakan serta spasi.

Mengatur Ukuran Margin, Kertas, Font Makalah Dengan Benar
1. Mengatur Margin.
Untuk mengatur ukuran margin dari sebuah makalah bisa menggunakan format 4 4 3 3 dengan satuan cm. Berhubungan satuan default biasanya adalah inci maka anda harus mengubahnya dulu ke bentuk cm dengan cara :  Klik Star -> Office Button -> Words Option -> Advanced -> Display -> Ok.


Mengubah satuan ukuran menjadi Centimeters

Setelah mengubah satuan ukuran ke cm sekarang baru mengatur ukuran margin : klik Page Layout -> pilih Margin -> Custom Margins. Setelah itu atur margin dengan ketentuan : Top = 4, Left = 4, Botton = 3, Right = 3. Lalu klik Ok.
2. Mengatur ukuran kertas.
Kertas yang digunakan adalah A4, untuk cara mengubahnya : klik Page layout -> Size -> A4. 
3. Mengatur font (jenis tulisan)
Jenis tulisan yang digunakan adalah Times New Roman, dengan ukuran font 12.  
Bisa dengan mudah mengaturnya dengan cara klik Home -> Ganti Calibri (Body) menjadi Times New Roman -> Sebelahnya ganti 11 menjadi 12.
4. Mengatur Spasi. 
Spasi yang digunakan adalah 1.5
Untuk mengaturnya, klik Home -> lihat pada bagian Paragraph -> klik Line Spacing -> klik 1.5 (perhatikan gambar).




5. Mengatur Tulisan Rata Kiri-Kanan
Supaya tulisan terlihat lebih rapi perlu juga mengatur tulisan rata samping kiri dan samping kanan dengan cara klik Justify yang berada disamping kiri Line Spacing.

Sekarang silahkan memulai ketik makalah anda. Bagaimana jika makalahnya sudah ada tapi pengaturannya belum benar? cukup dengan blok semua tulisan yang ada, lalu lakukan perintah diatas. Dengan mengatur ukuran margin, kertas, font dan spasi berarti makalah anda sudah memenuhi kriteria aturan dalam penulisan karya ilmiah. 


Demikianlah artikel mengenai cara mengatur ukuran kertas, font, dan margin makalah pada mikrosoft word dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa yang baru maupun yang lama. Sekian, terima kasih.

12 comments for "Mengatur Ukuran Margin, Kertas, Font Makalah Dengan Benar"