Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Sound/Audio Selalu Tanda Silang Pada Windows 7

Kali ini saya akan membahas masalah tips komputer yaitu masalah sound selalu tanda silang pada windows 7. Biasanya pada saat baru selesai instal ulang windows 7 ditemukan kendala pada sound-nya yang selalu tanda silang. Padahal, jika dilihat pada device manager tidak ada tanda seru berwarna kuning yang muncul, itu menandakan bahwa tidak ada masalah dengan drivernya. Lalu kenapa masih ada tanda silang? Sebenarnya, driver audio yang terinstal pada komputer / laptop tersebut tidak cocok dengan mainboardnya, sehingga audio-nya tidak bisa berfungsi dengan baik. Kira-kira seperti ini bentuk permasalahanya.


Hal ini tentunya membuat komputer tidak bisa berfungsi dengan baik. Karena kita tidak bisa mendengar suara apapun yang ada dalam komputer sehingga ini akan membuat kita menjadi kesal bahkan imbasnya bisa ke komputer dengan cara membanting komputer ke dinding untuk melampiaskan amarah. Tapi jangan sampai banting komputer deh..kan lebih besar lagi ruginya. Untuk itu, solusinya adalah dengan membaca artikel ini sampai habis. Pertama silahkan cek terlebih dahulu tipe mainboard anda yang bermasalah, jika sobat belum tahu cara mengeceknya bisa baca disini.
Baca : Cara Mengetahui Tipe Mainboard dan Spesifikasi Komputer.
Jika sudah mengetahui tipe mainboard yang ada di komputer sobat, sekarang ikuti langkah dibawah ini.

Mengatasi Sound Audio Selalu Tanda Silang Pada Windows 7:
1. Tulis di google tipe mainboard sobat menambahkan kata "driver" didepanya lalu tekan Enter. Maka driver yang cocok dari mainboard tersebut akan dicari oleh mbah google.
2. Maka beberapa situs penyedia driver akan ditampilkan oleh google. Pilih saja situs yang pertama.
3. Jika sudah, ternyata terlihat begitu banyak driver dari mainboard tersebut, sekarang pilih driver yang ada tulisan audio-nya, kemudian download.
4. Setelah selesai mendownload, instal driver tersebut.
5. Jika driver telah berhasil di instal maka komputer akan meminta restar dengan tujuan agar menerapkan efek audio. Silahkan restar komputer sobat.

Setelah komputer hidup kembali lalu apa yang terjadi? Taraa....ternyata tanda silang pada audio di komputer sobat sudah hilang. Sekarang sobat sudah bisa bedugem ria karena sound audio telah aktif tentunya semua lagu-lagu yang sobat putar akan terdengar. Begitulah kira - kira cara mengatasi sound/audio selalu tanda silang pada windows 7 yang telah pernah saya coba dan ternyata berhasil. Semoga sobat juga berhasil dalam melakukannya.

15 comments for "Mengatasi Sound/Audio Selalu Tanda Silang Pada Windows 7"

  1. terima kasih banget gan atas informasinya .... :)

    ReplyDelete
  2. Suka banget dengan artikelnya, simpel dan JLEB! Terima kasih Gan.

    ReplyDelete
  3. Website Drivernya apa mz ? gk ada yg cocok dgn motherboard saya (GyGabite)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sulit mencari drivernya, solusi lain dari saya coba gunakan driver max. Nanti lakukan scan driver. Setelah itu temukan driver audio dan langsung tekan update.

      Delete
  4. gan tetap gk bisa nih motherboard ane yg Mb.MSI A68HM-E33 solusi donk tq

    ReplyDelete
  5. tetap g bisa gan di Mb.MSI A68HM-E33 yg itu -_- solusi donk

    ReplyDelete
  6. Gan, udh ke donlot tapi gabisa gmana yaa ?

    ReplyDelete
  7. Gan,sudah di download tapi kok malah layarnya jd blank cuma ada suara saja.

    ReplyDelete
  8. thanks berat sob imfonya, sangat membantu. mudah mudahn hidup ente berkah

    ReplyDelete
  9. Mau nanya nih gimana kalo ga sengaja VIA Platform Device Manager nya ke uninstall, dan sound nya jdi tanda silang ga ada suara, itu gimana ya??

    ReplyDelete
  10. trimakasih banyak ya,,,,,soundnya udah berfungsi lagi.....

    ReplyDelete
  11. macbook air windows 7 tanda silang...solusi dong

    ReplyDelete