Computer | Microsoft Office | Gadget | Tips Android

Memperbaiki Pintu Etalase yang Macet

No comments :
Dalam tulisan ini saya akan membuat solusi cara mengatasi pintu etalase toko yang macet. Sebagai pemilik toko saya mempunyai satu buah etalase dengan ukuran 40cm x 150cm. Pintu etalase tersebut sangat sering terjadi macet. Awalnya saya tidak tahu cara mengatasinya dan terpaksa memanggil teknisi yang ahli dengan etalase. Lalu saya memperhatikan bagaimana teknisi tersebut bekerja mulai dari mencopot pintunya sampai selesai. Alhasil ternyata saya cukup paham bagaimana ia memperbaikinya. Pas keesokan harinya ketika kaca / pintu etalase macet saya tidak perlu lagi memanggil teknisi, karena saya sudah bisa memperbaikinya sendiri sehingga tentunya lebih hemat biaya, hehe.

Kaca etalase yang macet memang sedikit membuat kesal karena pas didorong kekiri dan kenanan sangat berat. Apalagi saat itu pembeli sedang ramai berbelanja ditoko, dan kaca etalase pun malah macet rasanya ingin memecahkannya saja tapi bagaimanapun harus tetap bersabar. Nah, keesokan pas ada waktu barulah diperbaiki. Karena tidak mungkin kan terusan berada dalam masalah tersebut. Untuk itu perlu cara memperbaiki sendiri pintu etalase toko yang rusak.

Pintu etalase yang mudah didorong kekiri dan kekanan karena ia memiliki roda kecil yang terbuat dari besi. Jumlah roda dalam satu pintu etalase ada 2 buah. Berikut contoh dari roda etalase toko.

Roda Pintu Etalase
Yang membuat pintu etalase macet  karena roda etalase tersebut sudah rusak. Roda etalase itu seperti bearing yang memiliki besi bulat (balls) disekelilingnya. Roda etalase rusak karena kehausan dan membuat balls tersebut pecah sehingga membuat roda menjadi macet. 

Solusinya, jika roda etalase sudah rusak harus diganti dengan yang baru. Anda dapat membelinya ditempat bengkel kaca, atau tempat pembuatan etalase. Usahakan membelinya dilebihkan untuk stok jika terjadi kerusakan selanjutnya pada roda etalase.

Cara pemasangan roda etalase:
1. Pertama buka dulu kaca etalase, buka dengan sedikit mengangkat pintu etalase keatas lalu mendorong kebawah, kearah bagian luar.
2. Jika sudah letakan kaca etalase ditempat yang aman, beri alas kain biar tidak pecah.
3. Sekarang, balikan pintu etalase sehingga bagian bawah menghadap keatas, jangan lupa dibawahnya dialas dengan kain.
Pintu etalase
4. Selanjutnya cek roda etalase yang rusak, jika rusaknya cuma satu cukup satu buah saja yang diganti.
5. Keluarkan roda etalase yang rusak dengan cara melonggarkan sekrup lau mencongkelnya keluar menggunakan obeng minus

6. Jika sudah ganti roda etalase dengan yang baru.
7. Pasang kembali pintu etalase dengan cara masukan pintu bagian atas dulu barulah bagian bawah.

Sampai disitu berarti kerja memperbaiki pintu etalase sudah berhasil. Sekarang coba tes dorong atau geser pintu etalase ke arah kiri atau kanan. Semoga pintu etalase anda sudah lancar dan tidak macet lagi, sehingga usahapun menjadi lancar, hehe amiin. Baiklah, saya rasa cukup itu dulu tutorial sederhana ini semoga bermanfaat bagi semua.

No comments :

Post a Comment