Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Membatasi Bandwith Paling Ampuh Dengan Aplikasi DU Super Controler

2 comments :
Saat jaringan internet digunakan bersama, pasti kita akan dihadapkan dengan masalah perebutan bandwith antar user. Pasalnya, saat user melakukan aktifitas download maka ia akan mengkonsumsi bandtwith lebih banyak. Sedangkan user yang tidak melakukan download, bandwitdh mereka akan dikuras abis oleh user yang melakukan download. Akibatnya koneksi internet menjadi lambat dan lemot bahkan bisa RTO (Request Time Out) yang artinya terputus total. Kasus ini biasa terjadi pada warnet, kantor atau tempat lain yang tidak memiliki mikrotik.

Ada cara ampuh untuk membatasi  jaringan agar tidak saling berebutan bandwidth yaitu dengan menggunakan aplikasi Du Super Controler. Sebenarnya banyak aplikasi atau cara gratis untuk membatasi jaringan mulai dari bawaan windows sampai dengan berbagai macam aplikasi lainnya. Ketika semua telah diuji coba ternyata yang paling ampuh adalah aplikasi ini DU Super Controler. Selain penggunaannya mudah juga ringan di komputer. Aplikasi ini dapat membatasi kecepatan download dan upload data. Lebih serunya lagi kita juga dapat  memonitor jaringan yang terpakai dan membatasi aktifitas-aktifitas secara spesifik. Misalnya kita hanya ingin membatasi aktifitas download dan upload pada aplikasi Firefox saja, maka hanya firefox saja lah yang dibatasi pemakaian bandwithnya sedangkan yang lain akan bebas.

Berikut langkah-langkah cara membatasi bandwidth menggunakan aplikasi DU Super Controler:
1. Pertama perlu download dulu aplikasi DU Super Controler, setelah itu instal aplikasinya.
2. Komputer akan melakukan restar otomatis (pastikan sistem restore seperti Shadow Defender atau Deprezze tidak aktif agar data tersimpan saat di restar).
3. Setelah komputer hidup kembali, buka aplikasi DU Super Controler (icon aplikasi juga muncul pada taskbar bawah sudut kanan).
4. Agar dapat menggunakan aplikasi ini masukan serial number berupa name dan keynya.
5. Jika berhasil maka aplikasi akan terbuka. Sekarang saatnya membatasi jaringan.
6. Batasi Download Limit sesuai kapasitas jaringan yang anda gunakan. Misalnya, jika kapasitas total bandwith saat melakukan aktifitas download adalah 300 KB, tersedia 3 komputer. Maka buat saja 100 KB pada Download Limit.
Untuk mengetahui jumlah bandwidth maksimal bisa dengan menguji download saat jaringan digunakan sendiri, nanti akan diketahui kecepatan download maksimalnya.
7. Selanjutnya batasi Upload Limit sesuai kebutuhan, kalau saya sendiri membuatnya sama dengan Download Limit.
Kira-kira seperti ini hasilnya:
Membatasi Bandwith  Menggunakan Aplikasi DU Super Controler
Untuk membatasi bandwidth secara khusus bisa dengan membuka aplikasi yang bersangkutan. Lalu lihat pada tampilan DU Super Controler, batasi download limit dan uploadnya.
Anda juga dapat memberinya password agar tidak diacak-acak oleh orang lain dengan membuka menu "Main" pada sudut kiri atas, pilih "Change Password". Masukan password anda pada kolom 2 dan 3.

2 comments :

  1. Thanks info nya gan, sangat bermanfaat sekali. Sebagai pemilik warnet pembatasan jaringan (bandwith) ini sangat diperlukan sekali. Ini demi kenyamanan user lain agar koneksi internet mereka tetap stabil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap gan, untuk warnet memang sangat cocok sekali, apalagi kalau ada user main game tidak akan terjadi lag. Semoga barokah ya gan.

      Delete