Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Cara Menambah Daya Listrik PLN Mudah

No comments :

Saat beban listrik sudah melebihi kapasitas daya yang ada maka MCB pada meteran akan trip sehingga kita tidak bisa menggunakan beban secara bersamaan. Kita harus memakai beban secara bergantian agar MCB tidak trip. Bagi mereka yang ingin menggunakan beban secara bersamaan tentu ini akan jadi masalah dan menghambat pekerjaan. Karenanya perlu dilakukan penambahan daya atau perubahan daya ke yang lebih besar. Perubahan daya dari 450VA ke 900VA, Perubahan daya dari 900VA ke 1300VA, Perubahan dari 1300VA ke 2200VA, dst. Kita dapat menambah atau merubah daya sesuai yang dibutuhkan.

Pada artikel ini saya akan berbagi pengalaman kepada pembaca semua tentang pemindahan daya dari 1300VA ke 2200VA. Sebagai pemilik warnet, daya 1300VA tentu tidak akan cukup jika saya ingin menambah PC pada warnet menjadi 11 PC yang sebelumnya hanya ada 7 PC. Belum lagi barang elektronik lainnya seperti kulkas, speaker, kipas angin, lampu dll. Oleh karenanya saya ingin melakukan perubahan daya dari 1300VA menjadi 2200VA dengan mendatangi kantor PLN dan mengajukan permohonan perubahan daya. Tapi petugas menyatakan tidak bisa tambah daya langsung, penambahan daya harus dilakukan melalui online sebagaimana prosedurnya. Berikut alur penambahan daya online.

Flow Permohonan Perubahan Daya
Sumber: website resmi PLN

Langkah-langkah cara tambah daya listrik PLN secara online
1. Langsung saja buka link ini: Perubahan Daya / Migrasi Online
2. Dibawahnya klik Setuju, klik Ok.
3. Maka formulir berupa Data Pelanggan, Data Pemohon, Tarif/Daya Baru dan Detil Biaya akan dimunculkan. Silahkan diisi.
- Identitas Pelanggan: pilih NOMOR METER dan samping kanan masukan nomor meter anda. Lalu klik Cari. Maka Data Pelanggan akan terisi otomatis.
- Data Pemohon: centang saja "Copy berdasarkan Data Pelanggan". Maka data tersebut akan terisi otomatis, yang perlu ditambahkan adalah Identitas (no KTP) dan Email.
- Tarif/Daya Baru: Isi Produk Layanan dengan PRABAYAR atau PASCABAYAR, dan isi juga peruntukan untuk apa, selanjutnya keperluanya dan daya baru yang akan diambil.
4. Setelah semua diisi sekarang tekan Hitung Biaya.

5. Nah, total biaya sudah diketahui. Lanjut dengan mengisi "Masukan kode disamping" dan klik Simpan Permohonan.
6. Sekarang cek email anda dan periksa email masuk dari PLN. Didalamnya ada kode transaksi. Buka link yang ada untuk memasukan kode transaksi.
7. Anda akan mendapatkan No Regsiter. Nomor inilah yang digunakan untuk melakukan pembayaran.


Anda dapat melakukan pembayaran melalui loket tempat pembayaran listrik, POS, ATM atau melalui oulet lainnya. Jenis pembayarannya adalah Non Taglist, tidak sama dengan bayar listrik biasa. Pembayaran ini khusus untuk tambah daya dengan menggunakan Nomor Registernya.

Setelah berhasil membayar, langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor PLN untuk mengkonfirmasi perubahan daya. Nanti anda akan tanda tangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL) dan petugas segera melakukan pergantian meteran untuk menambah daya.


No comments :

Post a Comment