Computer | Microsoft Office | Gadget | Tips Android

Memperbaiki Monitor LCD Komputer Mati Total

No comments :
Memperbaiki sendiri monitor LCD komputer yang rusak. Jika ada monitor LCD komputer anda yang rusak dengan kendala mati total jangan buru-buru dibuang dulu atau dibawa ke tempat service. Cobalah cek terlebih dahulu mana tahu anda sendiri bisa meperbaikinya, meskipun anda bukan ahlinya. Terkadang kerusakan hanyalah hal yang sepele yang mungkin dengan mudah bisa diperbaiki. Untuk itu silahkan coba cek terlebih dahulu sebelum membuang atau membawanya ke tempat service. Jangan takut rusak, toh monitor juga udah rusak kan. Anda dapat mencari referensi tentang kerusakan yang ada di google, mana tahu ada solusinya di sana.

Berdasarkan pengalaman saya yang lalu, ada satu buah Monitor LCD saya yang rusak dan itu adalah kerusakan pertama yang pernah saya alami. Monitor tersebut kondisinya adalah mati total (matot) dan lampu power berkedip secara tidak normal. Setelah utak-atik semuanya dan baca solusi yang ada di google ternyata saya menemukan masalahnya, yaitu terdapat satu buah komponen yang rusak secara fisik, komponen itu langsung saya copot, dan membawanya ke pasar untuk mencari penggantinya dengan memperlihatkan komponen yang rusak kepada penjual agar mudah dicari dengan spek yang sama. Setelah komponen pengganti didapatkan saya kembali pulang dan mengganti komponen yang rusak tadi. Alhasil, tenyata monitor saya sudah bagus lagi. Untung saja belum dibawa ke tukang service yang mungkin bisa mengeluarkan uang lebih banyak.

Nah, bagaimana cara mengecek kerusakannya? cara mengecek kerusakan tergantung dari kerusakan yang terjadi. Sesuai pengalaman saya yang tadi disini saya akan membahas monitor LCD yang mati total dengan memeriksa kerusakan komponen, fuse dan tegangan yang dihasilkan dari regulator utama.

Berikut langkah-langkah cara mengecek dan memperbaiki monitor LCD komputer yang mati total:
- Sebelum anda membongkar monitor LCD, pastikan dulu kabel power terlepas dari stop kontak.
- Buka casing atau cover penutup monitor dengan baik dan hati-hati setelah itu bersihkan debu yang ada di dalamnya sebelum melakukan pengecekan kerusakan.
- Sekarang coba cek komponen pada regulator utama, perhatikan apakah ada komponen kapasitor/elco (berbentuk tabung) yang kembung atau terlihat dengan tidak normal sebagaimana kapasitor disampingnya. Jika ada segera ganti kapasitor tersebut dengan yang baru. Sebelum membelinya, copot dulu kapasitor yang rusak menggunakan solder sebagai contohnya saat membeli nanti.
Kira-kira seperti ini bentuk regulator utama
- Jika tidak ada ditemukan komponen yang rusak lanjut mengecek fuse nya. Tau kan bentuk fuse seperti apa? kalau belum coba cek saja di google gambar fuse. Kalau fuse sudah ditemukan coba cek fuse menggunakan multimeter dengan setting multimeter ke Ohm. Kalau jarum bergerak maka fuse masih bagus, sebaliknya kalau jarum tidak bergerak maka fuse sudah rusak, segera copot untuk diganti dengan yang baru.
- Kalau fuse masih bagus, sekarang lanjut cek tegangan pada regulator utama apakah tegangan yang dihasilkan masih normal atau tidak. Untuk mengecek tegangan ini harus hati-hati karena kabel power LCD harus dihubungkan ke tegangan power 220 volt. Untuk antisipasi supaya tidak terjadi kerusakan pada motherboard, putuskan dulu koneksi ke regulator. Sekedar untuk jaga-jaga seandai terjadi hubungan singkat ataupun arus balik sehingga tidak merusak motherboard.

Itulah solusi cara mengatasi monitor LCD yang mati total. Biasanya berdasarkan pengalaman saya masalah yang sering terjadi pada monitor mati total adalah kerusakan pada komponen kapasitor dan fuse. Untuk itu perlu dilakukan pengecekan pertama pada komponen-komponen tersebut sebelum melakukan pengecekan yang lainnya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

No comments :

Post a Comment