Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Tips Meningkatkan Kualitas Kamera Smartphone Android

No comments :

Era foto selfie kini sangat mewabah di masyarakat membuat kita kini harus selalu update di media sosial dengan foto kita. Smartphone memang cocok bagi anda yang suka foto dan langsung bisa diupdate di media sosial namun, kualitas kamera smartphone Android tidak sebagus kamera DSLR. Tentu saja, mengingat fokus kamera yang lebih kecil. Anda ingin membawa kamera DSLR tapi, ribet karena ukuran yang besar dibandingkan ponsel yang pas di kantong. Kini anda tidak perlu pusing lagi membawa kamera DSLR untuk hasil foto yang bagus karena tips ini akan membantu meningkatkan kualitas kamera smartphone anda, terutama yang berbasis Android.


Berikut adalah tips untuk meningkatkan kualitas kamera smartphone Android anda:

1. Gunakan aplikasi edit foto
Ada beberapa aplikasi yang bagus untuk mengedit foto seperti Camera FV-5, Photoshop Express, dan Pixlr Express yang bisa melakukan fungsi editing seperti crop, flip, memutar dan meluruskan gambar. Tentunya aplikasi ini dapat anda download di Google PlayStore.

2. Aplikasi tambahan pendukung kamera
Semua kamera smartphone pasti memiliki keterbatasan. untuk menutupi kekurangan ini, anda perlu aplikasi pendukung. ProCapture Free bisa menjadi salah satu aplikasi alternatif pendukung kamera smartphone anda. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur dan mode.

3. Mengetahui pengaturan kamera smartphone
Anda jangan terus bergantung pada pengaturan auto mode pada kamera anda. Anda perlu mengatur sendiri kamera smartphone anda. Anda bisa meningkatkan kualitas gambar dengan aspek lain dalam kamera anda. Cara terbaik dalam mengatur kamera adalah mencocokkan dan menyesuaikan pengaturan-pengaturan kamera tersebut dengan lingkungan sekitar. Anda bisa memadukan opsi cloudy dan Daylight yang akan cocok dengan ruangan terbuka. Perhatikan juga pencahayaan sekitar anda dan smartphone anda.

4. Atur kamera dengan resolusi tinggi
Anda sudah tahu kan kalau semakin tinggi resolusi gambar semakin bagus gambar. Nah, kalau begitu perbesarlah resolusi kamera anda dan sebisa mungkin jangan zoom kamera anda. Namun ingat bahwa resolusi yang tinggi bisa membuat gambar memiliki memori yang besar juga.

5. Jangan gunakan kamera depan
Smartphone kini sudah banyak yang memiliki kamera depan dan belakang. Anda akan lebih mudah ber-selfie dengan kamera depan tapi, spesifikasi kamera depan lebih rendah dari kamera belakang. Tapi bagi anda yang tetap ingin selfie dan gambarnya tetap bagus, kini ada aplikasi yang bisa membuat anda mengambil foto selfie dengan kamera belakang dan sebaliknya. Download saja aplikasi Frontback di Google PlayStore.

6. Gunakan lensa tambahan
Bukan kamera DSLR saja yang punya kamera tambahan, kamera smartphone juga memiliki tambahan lensa. Cobalah lensa attachable atau lensa tempel dengan efek bagus seperti efek makro pada gambar.

7. Pengaturan angle yang baik
Lihat foto para profesional, gambar mereka bisa berkualitas bukan hanya karena resolusinya tapi, juga karena angle gambar yang baik. Pelajari beberapa komposisi angle seperti Rule Of Third, leading lines, skala, dan framing.

8. Pencahayaan yang baik
Pencahayaan dapat menentukkan kualitas cahaya. Pencahayaan yang alami akan membuat gambar anda menjadi bagus. Hindari pencahayaan dari belakang objek karena akan membuat gambar memburuk kecuali anda ingin efek tertentu.

9. Gunakan tripod
Tripod berfungsi agar kamera anda stabil tidak bergerak karena bila kamera bergerak gambar yang anda ambil akan jadi blur atau kabur. Ada beberapa tripod portable jadi, anda tidak perlu ribet membawanya.

10. Gunakan panorama dan burst mode
Biasanya kamera smartphone sudah ada kedua mode tersebut tapi bila tidak ada, anda bisa mendownload aplikasi yang menyediakan mode tersebut seperti aplikasi AutoStitch Panorama Pro. Mode ini membuat anda bisa mengambil gambar objek yang bergerak dan memotret beberapa gambar dalam satu gambar. Seperti kamera DSLR kan?

Sebagian besar pengguna smartphone meremehkan kamera mereka dan mengira kalau kemampuan kamera mereka sudah maksimal. Bila tips di atas dilakukan dengan benar anda akan seperti merasakan kamera DSLR.

No comments :

Post a Comment