Android | Computer | Microsoft Office | Blog Tips | Adsense

Tips Mengatasi Smartphone Android yang Cepat Panas

No comments :
Android memang merupakan operation system (OS) yang sangat canggih namun terlepas dari kecanggihannya, Android pasti memiliki masalah juga. Masalah yang paling sering dirasakan oleh pengguna Android adalah smartphone berbasis Android cepat panas. Hal ini memang sering terjadi jika anda sering membuka banyak aplikasi sekaligus dan dalam waktu yang sangat lama. Bila anda ingin mengatasi masalah yang satu ini, tentunya anda harus mengetahui dahulu penyebab-penyebab smartphone Android cepat panas.


Penyebab Smartphone Android yang Cepat Panas
Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan smartphone Android cepat panas, antara lain:
1. Menggunakan smartphone di tempat yang panas
Hal ini memang umum terjadi. Saat lingkungan panas, smartphone Android anda pun juga akan terkena dampak panasnya. Karena itu, sebisa mungkin hindari menggunakan Android di tempat yang panas dan menyimpan Android di tempat yang panas seperti di samping laptop yang menyala, di belakang kulkas, dan dekat kompor.

2. Tidak menutup aplikasi
Kebanyakan pengguna Android pasti akan langsung keluar aplikasi tanpa mematikan aplikasi tersebut. Jika ini dibiarkan terus, smartphone Android anda pasti akan cepat panas. Karena itu, biasakanlah menutup aplikasi setelah menggunakannya.

3. Kinerja smartphone berlebihan
Hal ini adalah penyebab utama kenapa Android anda cepat panas. Jika anda terus memaksa smartphone anda untuk bekerja keras maka, smartphone itu akan cepat panas apalagi kalau prosesor dan RAM dari smartphone tidak memadai.

4. Kerusakan pada baterai
Baterai bisa rusak karena lembab dan mengembung. Jika anda terus menggunakan baterai yang sudah tidak layak pakai seperti ini maka, smartphone anda akan cepat panas dan juga akan merusak hardware. Jika sudah begini, belilah baterai yang baru.

5. Debu berlebihan
Seperti laptop dan komputer, smartphone juga punya saluran angin agar dapat membuang udara panas. Terlalu banyak debu bisa menutup saluran tersebut sehingga udara tidak bisa mengalir dan smartphone cepat panas bahkan rusak. Makanya, anda harus sering membersihkan smartphone secara rutin.

6. Sinyal yang bermasalah
Masalah yang satu ini juga bisa membuat smartphone Android anda cepat panas. Dengan kurangnya sinyal, Android akan berusaha mencari sinyal sehingga menjadi panas.

Cara Mengurangi Panas Pada Smartphone Android
Setelah mengetahui apa yang jadi penyebab smartphone Android anda cepat panas, anda bisa memperbaikinya dengan beberapa tips berikut:

1. Install aplikasi yang penting saja
Android memang menawarkan banyak aplikasi bagus dan menggoda apalagi game namun, cobalah untuk tidak sembarangan dalam menginstall aplikasi karena bisa menyebabkan smartphone anda menjadi berat. install aplikasi yang memang anda perlukan saja dan sedikit aplikasi game, dengan begini kinerja Android tidak akan menjadi lelet dan tidak cepat panas.

2. Jaga kebersihan smartphone
Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu penyebab Android panas adalah debu. Bila memang smartphone anda berdebu, bersihkanlah secara rutin. Sela-sela kecil seperti sela baterai, lubang charger, dan sela lainnya adalah hal yang paling penting untuk dijaga kebersihannya.

3. Batasi bermain game dan browsing
Game-game di Android memang sangat sayang untuk tidak dimainkan dan sayang juga kalau kita punya koneksi internet tapi, tidak digunakan untuk mengakses internet. Bermain game dan browsing boleh saja, tapi batasi untuk kedua hal ini. Anda bisa 1 jam bermain game dan browsing kemudian istirahatkan ponsel selama 15 menit sampai 30 menit. Dengan cara ini Android anda tidak akan cepat panas.

4. Cek kondisi baterai dan gunakan baterai yang asli
Baterai ibarat jantungnya ponsel. Bagaimana bila jantung anda bermasalah dan tidak berfungsi? Begitu juga dengan ponsel. Bila tidak ada baterai, ponsel tidak bisa hidup. Bila baterai bermasalah, ponselnya akan bermasalah juga seperti cepat panas. Bila sudah begini gantilah baterai anda dengan yang baru tapi, harus baterai yang asli. Cek juga secara rutin “jantung” ponsel anda secara rutin. Biasanya setelah setelah satu tahun, baterai perlu untuk diganti.

5. Pengisian daya ulang yang benar
Mencharger smartphone harus benar. Bila baterai sudah 100% maka cepat lepaskan charger. Biasanya baterai akan terisi penuh 100% selama 2 sampai 3 jam. Bila anda membiarkan smartphone terus tercharger maka baterai akan bocor dan cepat panas. Anda juga tidak boleh mencabut baterai sebelum 100%, karena bisa menyebabkan baterai bocor juga.

6. Matikan internet saat sinyal lemah
Seperti yang sudah dikatakan di atas, jika sinyal lemah, Android akan berusaha mencari sinyal dan akan menyebabkan smartphone anda jadi panas. Maka dari itu, matikanlah koneksi internet saat sinyal lemah. Dengan begini, smartphone tidak akan berkerja keras untuk mencari sinyal.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi smartphone Android yang cepat panas. Memang membeli ponsel mahal perlu perawatan yang susah karena itu rawatlah smartphone anda dengan benar dan rutin. Dengan menjaga agar smartphone tidak panas, anda bisa memperpanjang umur Android anda.

Bagikan artikel ke:

FacebookTwitterGoogle+

No comments :

Post a Comment