Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Cara Mengatasi Android yang Lambat

No comments :

Perkembangan gadget saat ini selalu berkembang dan update. Banyak sekali smartphone yang muncul dengan berbagai fitur unik dan inovasi baru. Sampai saat ini, smartphone dengan platform Android masih berada di puncak pasar global. Android sendiri adalah inovasi yang diluncurkan oleh para ahli dalam mendukung kemampuan smartphone. Walaupun Android sudah termasuk canggih namun, masih ada saja Android mengalami perlambatan prosesnya sehingga membuat kita tidak nyaman menggunakannya.


Nah, buat anda yang memiliki Android yang lambat, jangan khawatir. Android yang lemot masih bisa diatasi dengan cara yang sederhana.

Berikut adalah cara mengatasi Android yang mengalami perlambatan proses :

1. Bersihkan cache pada memori internal
Cache adalah penyimpanan memori sementara pada perangkat Android. Cache bisa ada dari menjalankan aplikasi yang meninggalkan data penyimpanan yang berkelanjutan. Cache itu ibarat “history” pada browser. Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mendownload dan menginstal aplikasi bernama “history eraser” yang bisa didapat dari Google PlayStore.

2. Jangan menjalankan aplikasi terlalu banyak
Menjalankan aplikasi terlalu banyak bisa membuat performa RAM melambat. RAM yang melambat bisa membuat smartphone kita juga menjadi lambat. Memang smartphone sungguh canggih dan dapat membuka banyak aplikasi sekaligus namun, efek samping dari membuka aplikasi yang banyak itu adalah lambatnya Android yang kita gunakan.

3. Jangan gunakan terlalu banyak widget
Widget memang bisa menghiasi layar smartphone kita menjadi bagus dan imut. Namun, ternyata kebanyakan widget bisa membuat smartphone kita melambat. Maka dari itu, pilih dan download widget yang dirasa perlu saja daripada smartphone menjadi lambat.

4. Hindari penggunaan live wallpaper
Sebagian besar pengguna smartphone akan suka menggunakan wallpaper yang bagus hingga akhirnya menggunakan live wallpaper. Tapi, tanpa disadari live wallpaper bisa membuat proses Android menjadi lambat dan baterai smartphone cepat habis. Untuk membantu kecepatan proses Android, gunakanlah gambar yang sederhana saja.

5. Instal aplikasi di memori eksternal
Ketika menginstal aplikasi, secara otomatis aplikasi ini akan masuk ke memori internal. Semakin banyak aplikasi yang kita instal dan otomatis masuk ke memori internal, semakin lambat juga smartphone Android. Cara mengatasi masalah ini, kita hanya perlu memindahkan aplikasi dari memori internal ke memori eksternal. Cara memindahkan nya, download aplikasi bernama App2SD di Google PlayStore.

6. Hindari penggunaan auto rotate bila tidak diperlukan
Fitur auto rotate adalah mengubah tampilan layar smartphone menjadi horizontal dan vertikal sesuai dengan keinginan kita. Memang fitur ini lumayan disukai pengguna Android namun, bila sedang tidak terlalu perlu sebaiknya dimatikan saja fitur ini karena fitur ini bisa memperlambat smartphone kita.

7. Jangan menggunakan auto brightness
Fitur auto brightness adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang diterima oleh parangkat Android anda secara otomatis. Dengan fitur ini, cahaya dari smartphone kita akan mengatur sesuai dengan cahaya di sekitar kita. Fitur ini selain membuat smartphone menjadi lambat, juga bisa membuat boros baterai.

8. Jangan menumpuk sms dan chat
Sms dan chat bila terus ditumpuk tanpa terasa akan menyita banyak memori smartphone kita. Saat memori penuh maka, smartphone akan menjadi lambat dalam prosesnya. Karena itu, hapuslah sms dan chat yang sudah tidak penting lagi.

9. Gunakan mircoSD yang berkapasitas besar
MircoSD adalah kartu memori. Dengan memberikan microSD yang berkapasitas besar pada smartphone kita, akan memberikan ruang untuk smartphone kita. Dengan begitu, beban RAM akan terbantu.

10. Jangan menggunakan aplikasi launcher
Aplikasi launcher adalah aplikasi yang mengatur theme, menu, icon, dan font menjadi lebih keren dari tampilan sistem operasi Android. Tujuan dari aplikasi ini adalah untuk memperbagus tampilan ponsel. Sayangnya, aplikasi launcher menjadi penyebab turunnya kinerja Android. Ini karena, animation setting dari aplikasi terlalu menyita banyak ruang memori. Disarankan agar menggunakan tampilan dan setting dasar bawaan smartphone kita.

11. Restart smartphone
Cara terakhir dan paling mudah dalam mengatasi Android yang lama adalah dengan me-restar ponsel. Dengan me-restart, kinerja Android akan kembali normal.

Itulah cara-cara mengatasi Android yang mulai lambat. Namun, bila cara di atas belum juga memperbaiki kinerja Android anda. Ada baiknya anda mempertimbangkan untuk memiliki Android dengan versi terbaru. Karena versi terbaru sudah banyak diperbaiki oleh Google, karena kinerja smartphone sangat dipengaruhi oleh hardware.


No comments :

Post a Comment