Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Aplikasi Terbaik untuk Menghemat Baterai Android

4 comments :

Anda sering merasa baterai Android cepat habis? terus jengkel karena harus dekat-dekat dengan stop kontak demi bisa bermain smartphone anda sambil di charger. Penggunaan Android yang lama memang akan membuat daya baterai Hp anda cepat habis. penggunaan mobile data dan pencahayaan yang kuat juga membuat baterai smartphone anda cepat habis. Smartphone dengan basis OS Android memang memiliki daya baterai yang cukup singkat. Tapi, kini ada beberapa aplikasi yang bisa menghemat baterai. Aplikasi penghemat baterai ini akan mengatur penggunaan memori anda, mengatur pencahayaan hp anda, mengatur data, dan juga mengatur data internet anda.

Berikut adalah aplikasi terbaik untuk menghemat baterai Android:

1. Avast Battery Saver


Tidak hanya menjadi pengembang antivirus, Avast kini juga mengembangkan aplikasi penghemat baterai. Aplikasi ini akan mematikan Wi-Fi smartphone anda saat tidak ada sinyal Wi-Fi di dekat anda. Selain itu, aplikasi ini akan membatasi mobile data saat lock screen dalam waktu 5, 10, 15, 20, 25, 30 menit tergantung pengaturan yang anda tetapkan. Pada saat baterai akan habis, aplikasi ini akan mematikan Wi-Fi, mobil data, bluetooth, GPS dan aplikasi yang tidak berguna agar anda tetap bisa menggunakan smartphone anda untuk bertelepon dan sms. Avast Battery Saver sangat simpel, sampai saat ini ada 11 ribuan orang yang mengatakan puas dengan aplikasi ini. Mungkin anda ingin mencobanya? Bisa diunduh di Google PlayStore.

2. Battery Saver Booster
Pengembang aplikasi ini adalah CrazyRobot. Aplikasi ini menjanjikan baterai yang 5 kali lebih hemat jika menggunakannya. Cara kerja aplikasi ini sama seperti aplikasi lain yang mengatur koneksi internet dan Wi-Fi. Fitur lain dari aplikasi ini adalah anda bisa melihat temperatur baterai, ukuran voltase, dan kondisi baterai dalam bentuk widget. Pengaturan aplikasi ini juga mudah dimengerti dan simpel. Battery Saver Booster bisa anda unduh di Google PlayStore.

3. DU Battery Saver
Ada tiga fase utama dari aplikasi ini yaitu, quick charging, normal charging, trickling charging. Ketiga fase ini kemudian juga dicontoh oleh aplikasi penghemat baterai lain. Pada dasarnya, aplikasi ini membantu melakukan pengaturan agar charging lebih baik. Kelebihan aplikasi ini juga adalah widgetnya yang bisa ditambahkan pada layar depan dan terdapat tombol sekali sentuh untuk mengoptimalkan kinerja memori serta menambah daya baterai.

4. Deep Sleep Battery Saver



Aplikasi ini memiliki fitur mode Deep Sleep. Mode ini membuat smartphone anda mematikan koneksi internet dan beberapa aplikasi yang tidak berguna namun dalam waktu tertentu koneksi internet serta aplikasi lainnya akan hidup lagi dan mengupgrade aplikasi seperti chatting yang masuk, email, dan pembaruan aplikasi. Ada pula fitur untuk mengatur frekuensi CPU smartphone anda. Ada juga banyak mode dalam level tertentu agar anda bisa menghemat baterai tanpa harus mematikan koneksi internet anda.

5. JuiceDefender – Battery Saver
Dinamakan jus karena jika diamati baterai anda itu seperti jus yang ada di dalam wadah. Pengamatan itulah yang akhirnya menamakan aplikasi ini sebagai JuiceDefender. Aplikasi ini banyak mode yang bisa dipakai sesuai dengan kondisi baterai. Juga terdapat notifikasi yang akan memberitahu kondisi baterai dan saran untuk penggunaan modenya. Anda bisa mendownload jus ini di Google PlayStore.

6. Booster For Android
Dari namanya saja sudah jelas bahwa aplikasi yang dikembangkan oleh NQ Mobile Security ini memang dikembangkan khusus Android. Aplikasi ini menawarkan fitur untuk menghapus RAM dengan cepat. Dengan RAM yang kecil maka smartphone hanya akan membutuhkan daya baterai yang sedikit juga. Desain yang simpel akan memudahkan anda dalam mengoperasikan aplikasi ini. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur manajemen aplikasi yang membuat kita bisa menginstal dan uninstal aplikasi secara mudah serta membuat daftar aplikasi dalam kategori.

7. SnapdragonTMBatteryGuru
Aplikasi ini akan secara otomatis mengatur kinerja smartphone anda sehingga smartphone anda memiliki daya yang baik. Kelebihan aplikasi ini adalah aplikasi ini akan memberikan informasi dan kiat menghemat baterai anda. Dengan aplikasi ini, anda bisa belajar menghemat baterai anda secara gratis.

8. Battery Doctor
Sedikit mirip dengan DU Battery Saver, memiliki 3 fase utama yang sama, dan juga ada optimasi memori. Namun, kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilan yang lebih bagus dan informatif. Cara kerjanya juga simpel seperti mengatur koneksi internet, pencahayaan dan manajemen RAM pada smartphone anda.

9. Battery Widget Reborn
Aplikasi ini banyak menyediakan fitur bagus seperti, ikon pemberitahuan dan widget yang pastinya akan berguna. Fitur lainnya adalah Dashlock Extension, yang memudahkan anda mengaktifkan lampu flash sebagai senter. Pada malam hari aplikasi ini juga bisa mengubah smartphone menjadi Airplane mode sehingga baterai anda akan lebih hemat saat anda tertidur pulas.

Anda tertarik dengan aplikasi-aplikasi diatas? Pilihlah salah satu dari daftar di atas dan rasakan manfaatnya. Semuanya bisa anda temukan di Google PlayStore dan bisa diunduh secara gratis. Sekarang anda tidak perlu terus-menerus di dekat stopkontak demi bisa bermain smartphone Android anda sambil menchargernya.

4 comments :

  1. mimin, memang benar ada yah aplikasi menghemat batrei, bukannya di setiap gadged itu sudah ada pengaturan sendiri masing2 ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada, itu aplikasinya seperti yang disebutkan diatas. Sebenarnya tanpa aplikasi pun kita juga bisa menghemat baterai dengan cara mematikan fungsi-fungsi tertentu dimana fungsi tersebut kinerjanya sangat kuat sehingga akan banyak menghabiskan daya seperti Wifi, GPS, Bloetooth, pencahayaan yang terang juga aplikasi lainya. Dari sekian banyak yang harus dimatikan terkadang kita sering lupa sehingga tidak terasa baterai akan cepat habis dan biasanya juga cepat panas. Nah permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan menggunakan aplikasi diatas yang dapat bekerja secara otomatis.

      Delete
  2. in bneran menghemat baterai android kan min?

    ReplyDelete