Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Tips Mengatasi Ketergantungan Handphone Android Pada Anak-Anak

No comments :

Handphone atau hp android kini sudah menjadi salah satu kebutuhan banyak orang yang kepemilikannya akan membantu mempermudah urusan pekerjaan maupun komunikasi. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sudah dapat menggunakan handphone dengan sistem android untuk keperluan mereka masing-masing, namun sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada, muncul masalah ketika yang menggunakan adalah anak-anak, dimana dirinya belum cukup mengerti pemanfaatan android sesungguhnya.

Sebagian orangtua merasa keterbatasan waktu yang dimiliki untuk bersama buah hatinya, menjadikan pemberian fasilitas handphone android adalah alasan benar untuk menunjukkan kasih sayang namun bisa jadi hal tersebut adalah cara yang salah.  Hal ini karena beberapa alasan berikut:
- Penggunaan android pada anak khususnya balita akan berpengaruh buruk pada perkembangan sistem motoriknya, terutama jika sang anak sudah terfokus hanya pada game atau aplikasi android yang diberikan tanpa pengawasan orangtua.


- Penggunaan android lebih dari 2 jam oleh anak-anak dibawah usia 12 tahun tanpa adanya pengawasan orang dewasa akan memperlambat perkembangan cara berpikir (logika) dan nalurinya secara tidak langsung, karena tidak ada pelatihan yang seimbang antara otak kiri dengan kanan. Terlebih jika pendidikan di sekolah juga tidak diseimbangkan dengan pendidikan langsung dari orangtua.
- Penggunaan android dalam jangka waktu lama akan membuat radiasi sinar handphone secara tidak langsung merusak mata sang anak.

Jika Anda ingin buah hati Anda tidak terlalu terpengaruh dengan bahaya gadget yang membuat perkembangan sensorik maupun motoriknya terhambat maka Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

Memperkenalkan anak ke lingkungan
Pembelajaran melalui alam secara langsung dengan membawa anak ke lokasi wisata atau wahana bermain pastinya akan lebih baik jika dibandingkan dengan hanya memberinya akses android. Ketika buah hati Anda sudah mulai menunjukkan gejala tidak mendengar Anda saat sedang menyentuh android, bawa dia ke lingkungan di sekitar dan buat dirinya melupakan mainan androidnya dengan membebaskan bermain di lingkungan.

Menginstall aplikasi blokir atau sandi
Cara membatasi ketergantungan terhadap android adalah dengan cara memasang sandi khusus, sehingga tanpa sepengetahuan Anda, sang buah hati tidak akan dapat mengakses aplikasi yang diinginkannya

Mengakses aplikasi android bermanfaat secara bergantian  
Handphone dengan aplikasi android yang diakses dalam jangka waktu berlebih pastinya akan memberikan efek negatif, namun demikian tidak selamanya aplikasi dalam sebuah handphone canggih akan berakibat ketergantungan jika Anda melakukan kontrol dengan baik. Hal yang dimaksudkan disini adalah memberi akses aplikasi yang hanya akan melatih perkembangan motorik dan sensorik dalam jangka waktu tertentu bergantian. Contohnya Anda mengijinkan anak untuk mengakses aplikasi piano atau gitar untuk melatih kemampuan seni hanya dalam waktu 30 menit di hari tersebut, kemudian esok harinya Anda melatih kemampuan menggambar di hanphone (hape) android secara virtual juga dengan waktu yang sama.


No comments :

Post a Comment