Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solusi Koneksi Internet Lambat atau Lemot pada Android

Internet sudah dikenal pada tahun 1969, pada saat itu Departemen pertahanan (DOD) Amerika serikat mendanai proyek penelitian untuk jaringan komputer yang dilaksanakan oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA). Dari tahun ke tahun jaringan internet berkembang pesat yang awalnya hanya LAN (Local Area Network) menjadi jaringan computer WAN (Wide Area Network) atau jaringan yang lebih luas.

Pada saat ini Jaringan atau koneksi internet tidak hanya dapat digunakan pada teknologi komputer saja. Dengan smartphone android kita dapat mengakses informasi apapun, kapanpun dan dimanapun. Saat ini jaringan ataupun koneksi yang super cepat pada smartphone sudah menjadi kebutuhan penting bagi semua kalangan. Mulai dari pekerja lapangan, pelajar, wirausaha, pemain saham dan sebagainya. Namun bagaimana halnya jika smartphone anda yang canggih tidak didukung dengan koneksi ke jaringan yang bagus? sehingga akan terasa lemot sekali. Berikut solusinya.

1. Memilih Operator dengan jaringan yang terbaik
Banyak perusahaan layanan operator yang bersaing menawarkan produk kuota internet dengan semboyan super cepat dan super murah. Namun anda harus lebih selektif lagi dalam memilih operator dengan jaringan yang terbaik. Pilihlah operator yang memang sudah ada 3G di daerah tempat tinggal anda, namun jika di daerah anda terdapat fasilitas wifi, maka gunakanlah koneksi wifi dibandingkan dengan 3G dan EDGE agar koneksi internet anda stabil ataupun cepat. Tips lain adalah anda juga harus sering mencari informasi kepada kerabat dekat atau media sosial untuk melakukan perbandingan operator yang jangkauannya luas dan cepat dalam mengakses.

2. Menginstal aplikasi untuk mempercepat koneksi seperti speed Booster
Speedbooster adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengoptimalkan kecepataan proses peranti Android dan menghapus semua berkas yang tidak berguna yang dapat menghabiskan memori smartphone anda. Anda dapat menggunakan aplikasi speedbooster ini dengan mendownloadnya di aplikasi playstore.

3. Menggunakan Browser Android terbaik
Pilihan browser android yang paling ringan dan hemat data menjadi kriteria pengguna smartphone. Ada beberapa aplikasi seperti Google Chrome, UC browser mini , bolt browser dan lain sebagainya. Memilih kualitas browser yang terbaik adalah cara untuk mempertimbangkan kualitas koneksi internet anda.

4. Membersihkan cache browser
Ketika menggunakan smartphone anda juga harus lebih sering membersihkan cache browser anda. Ada yang menggunakan aplikasi dan ada juga yang melalui system operasi android yaitu melalui setting, storage lalu cached data lalu pilih clear untuk menghapus cache di android anda.

Itulah beberapa solusi untuk menghadapi koneksi jaringan internet pada smatphone atau android anda.
Jangan sampai pekerjaan ataupun rutinitas anda menjadi tidak terselesaikan hanya karena jaringan
operator yang super lambat (lemot). Semoga bermanfaat.

1 comment for "Solusi Koneksi Internet Lambat atau Lemot pada Android"

  1. Apakah hanya yang operator 3G dan EDGE saja yang bisa gan? Ada masukan lain mungkin?

    ReplyDelete