Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Memotong Sendiri Kartu SIM Perdana Menjadi Micro atau Nano

1 comment :

Dengan semakin banyaknya pengguna smartphone dengan fitur kartu SIM micro atau nano tentu akan ada sebagian atau salah satu dari mereka yang bernasip memotong sendiri kartu SIM perdana menjadi ukuran micro atau nano. Hal ini terjadi karena lupa memotongnya pada saat membeli di konter atau orang konter juga belum punya alat pemotongnya. Sehingga harus terpaksa memotongnya sendiri.

Memotong kartu SIM perdana sendiri dan tanpa menggunakan alat pemotong-pun sebenarnya dengan mudah dapat dilakukan asalkan memperhatikan bagian-bagian penting yang tidak boleh terpotong seperti tembaga bewarna kuning yang terdapat pada tengah kartu SIM. Tembaga tersebut adalah komponen utama dari kartu SIM sehingga tidak boleh terpotong sedikitpun dan yang lain dari itu boleh asalkan saat penempatan dalam slot kartu SIM sesuai alur tembaganya. Meskipun begitu tidak ada salahnya kita memotongnya lurus dan rapi agar saat memasukan ke dalam slot SIM pada hp lebih mudah.

Berikut tips cara memotong sendiri kartu SIM perdana menjadi Micro atau Nano :
Untuk membuat / memotong kartu SIM dari Standart menjadi micro dan nano bisa gunakan gunting, panggaris dan pulpen. Ukurlah kartu SIM tersebut terlebih dahulu menggunakan penggaris sesuai dengan ukuran pada gambar dibawah ini. Berikut ukuran masing-masing kartu mulai dari kartu SIM standar sampai yang paling kecil nano.


Cara membuat kartu SIM micro, perhatikan sisi atasnya jarak antara tepi kartu dan tembaga adalah 1 mm. Pada samping kirinya jarak antara tepi kartu dan tembaga juga 1 mm dan pada sisi bawah jarak tepi kartu dan tembaga 2 mm. Untuk itu, ukur dan garislah bagian tersebut terlebih dahulu. Dengan demikian berarti 2 titik telah didapatkan sekarang dari salah satu titiknya ukur 15 mm kekananya lalu garis vertikal. Setelah itu tinggal gunting menurut garis yang ada. Kartu siap digunakan.

Untuk membuat kartu SIM nano, potong saja semua bagian tepi tembaga kecuali sisi kanan. Beri sisa pada sisi kanan 2 mm. Kalau bisa beri juga sedikit tanda berupa garis miring pada sudutnya supaya dalam pemasangan nanti kartu tidak terbalik.

Baiklah, sekarang sudah bisa bukan?
Sebenarnya panjang kuningan pada kartu SIM yang pernah saya temui juga ada 2 macam. Pada contoh diatas adalah yang banyak digunakan. Dan yang jarang digunakan tembaganya lebih panjang lagi. Untuk itu jika kamu menemui tembaga yang agak panjang supaya menyesuaikan saja yang penting bagian tembaga tidak terpotong.
Selain memotong dengan cara mengukur dan menggaris seperti diatas ternyata kamu juga bisa melakukannya dengan cara menjiblak menggunakan kartu SIM micro atau nano yang sudah ada. Cara ini akan sangat lebih efektif lagi karena tidak perlu mengukur dan menggaris lagi.

Begitulah cara memotong kartu SIM perdana hp smartphone android yang berukurun micro dan nano. 

1 comment :