Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Cara Partisi/Menambah Memori Android Smartphone Oppo

44 comments :

Dalam hal ini saya sedikit menyinggung masalah yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna android khususnya pada smartphone merk Oppo. Masalahnya yaitu pada saat mengunduh aplikasi penyimpanan selalu penuh atau tidak cukup ruang pada perangkat. Hal ini akan membuat pengguna tidak bisa lagi untuk menginstal aplikasi karena keterbatasan memory. Untuk itu saya akan memberikan tips agar bisa menambah atau membuat memori android menjadi lebih banyak lagi bahkan tidak dibatasi, selagi memori telepon masih kosong.

Sebenarnya pada postingan lalu saya sudah membuat tips tentang cara mengatasi tidak cukup ruang pada perangkat pada android saat instal aplikasi. Tapi karena ada juga sebagian dari pembaca yang tidak berhasil dalam melakukanya untuk itu kali saya akan mencoba memberikan solusi terbaik untuk pembaca semuanya. Ini adalah solusi yang telah pernah saya coba dan berhasil. Buktinya sekarang saya sudah bisa instal aplikasi sebanyak mungkin. Apalagi saya sedang mencoba aplikasi Whaff yang tentunya menginstal aplikasi lebih banyak lagi agar dapat imbalan dari Whaff. hehe..

Berikut Cara Partisi Memori Android Smartphone Oppo:

Sebelum melakukan hal ini sebaiknya anda menyalin, menyimpan atau membackup semua data-data penting yang ada di android terlebih dahulu seperti nomor telepon, buku catatan, sms, aplikasi, permainan, foto, mp3, video dan data lainya. Berhubungan cara ini akan membuat penyimpanan baru pada sistem penyimpanan tentunya akan berakibat penghapusan pada data-data lama. Anda dapat menyimpan atau menyalin data-data lama kedalam kartu memory atau komputer. Untuk buku telepon anda dapat membackupnya ke kartu SIM atau ke kartu memory.

Jika semua penyimpanan data-data penting telah dilakukan sekarang mari ikuti langkah-langkah berikut untuk cara partisi memory agar penyimpanan aplikasi bisa lebih banyak lagi.
1. Pertama buka Pengaturan. Pilih menu paling bawah "Lainya".
2. Kemudian klik Ganti partisi.

3. Selanjutnya, akan ada Petunjuk dan Peringatan Keamanan. Jika anda telah setuju silahkan aktifkan tombol Ganti partisi dengan cara menggeser sebuah tombol ke kanan, sehingga warnanya akan hijau. Sekarang tekan Ganti Partisi. Lalu klik Ok.

Proses partisi memori akan diproses. Silahkan tunggu beberapa saat hingga hp anda hidup kembali. Setelah hidup maka tampilannya akan kembali seperti semula. Silahkan gunakan kembali hp anda. Tentunya memori penyimpanan aplikasi telah disatukan pada memory telepon sahingga dapat memuat aplikasi lebih banyak sampai memori telepon penuh. 

Berikut tampilnnya pada hp saya. Masih ada tersisa 1.08GB lagi untuk ruang aplikasi. Padahal sudah begitu banyak aplikasi yang berada didalamnya tapi tidak masalah sewaktu instal aplikasi karena memang telah saya pastisi sebelumnya.


Baiklah saya rasa cukup itu dulu tentang cara menambah ruang untuk penyimpanan aplikasi pada android yaitu dengan cara mempartisinya. Tentu cara tersebut tanpa menggunakan software sehingga akan lebih aman. Sekian, semoga bermanfaat dan bisa menginstal aplikasi lebih banyak lagi.

44 comments :

  1. Saya koq ga ada menu ganti partisi. Saya menggunakan oppo yoyo dan dah aku upgred di service centerx tp memorinya cuma 4gb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba update sistemnya. Mungkin sistem yang digunakan masih versi yang lama.
      Caranya:
      - Pergi ke Pengaturan
      - Buka Tentang Ponsel
      - Tekan "Pembaharuan sistem".

      Delete
    2. Gan, kok stelah sy partisi, sim card saya yang pertama tetap kebaca, tapi yang kedua gak kebaca. Kenapa yah?

      Delete
    3. Ganti partisi tidak mempengaruhi keberadaan sim card. Jika salah satu sim card tidak kebaca bisa jadi disebabkan karena penempatan sim card yang kurang pas atau longgar. Atau bisa juga karena pengaturan dual simnya seperti salah satu sim berada pada posisi nonaktif.

      Delete
  2. Gan,, kataY klo android di partisi garansiY hilang n jd gampang kena virus jg,, ada juga yang bilang klo proses partisi gagal android bakal rusak dan gak bs dipake lg.. bener gak tuh gan? Mohon bantuanY gan,, android gw oppo yoyo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak kok gan, garansi hilang kalau android di Root menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tapi kalau ini tidak fiturnya sudah disediain oleh Oppo itu sendiri berarti legal donk untuk digunakan dan tidak akan merusak sistem android.

      Delete
  3. kalo sudah dipartisi jadi sulit untuk memindahkan aplikasi ke sd card, semua aplikasi akan disimpan di memory internal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja kok gan, kalau tidak di partisi pun juga ada aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke sd card. Dan setelah dipartisi pun juga gitu, ada yg bisa dan ada juga yang tidak. Tergantung aplikasinya.

      Delete
  4. nice info.... thanks gan!!!
    saya berhasil partisi dengan cara di atas
    thanks!!!

    ReplyDelete
  5. berhasil sih gan... tapi hp saya jadi ga bisa di connect kan ke PC.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks gan work di hp ku oppo find 5 mini

      Delete
  6. loh kak setelah dipartisi itu apa aja yg kehapus? aplikasi² yg dulu tetep ada apa nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua aplikasi kehapus gan, kecuali aplikasi bawaan.

      Delete
  7. gan setelah di partisi hpku kok jadi makin nggak normal ya, penyimpaanan foto2 baru/lagu/dll pindah di memori tlp. abis gitu kalo buka galeri sering ga muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu lho gan yang saya juga kurang tahu. Hp saya juga sering gitu. Tidak di partisi pun juga sering gitu. Saya rasa penyebabnya bukan karena gara-gara di partisi tapi karena hal lain.
      - Untuk mengatasinya coba pergi ke pengaturan - Aplikasi(Kelola Aplikasi) - Semua - Galerry - Clear Data.
      - Atau dengan menggunakan aplikasi "Rescan Media Root" instal aplikasinya, lalu buka Galerry, maka semua foto, video, gambar dll akan di scan untuk ditampilkan kembali.

      Delete
  8. Gan mau nanya , klo partisi kontak bbm ,line , dll pada ilang ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak gan, yang hilang aplikasinya. Setelah di partisi maka agan bisa kembali sign in ke bbm, line dll menggunakan ID yg lama dan kontak akan ada kembali. Kecuali jika agan mendaftar ID baru semua kontak akan hilang.

      Delete
  9. Gan mo nanya n minta solusi donk hp saya opportunity r831 n dh d versi terbaru q dh pindahkan semua k SD card v tetep z memory internal ny penuh pdhl aplikasi yg sy punya 1 z cuma BBM doank n kadang jaringan ny kadang ilang kadang muncul

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada file-file ukuran besar ditelpon yang belum dipindahkan karena tidak terlihat. Untuk melihat semua isi memori telepon coba gunakan aplikasi ES File Explorer, pilih memori telepon dan buka foldernya satu-persatu nanti akan ketahuan mana file yang belum terpidahkan ke SD card.

      Delete
  10. Kak setelah dipartisi ko lagu/foto ko kesimpennya di internal ? Gimana caranya supaya tersimpannya di sd card ka ?
    Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atur aplikasinya, seperti di kamera buka pengaturan kamera - pilih media penyimpanan kartu memori. Maka nanti pas saat ada foto baru otomatis kesimpan di kartu memori.
      Atau juga bisa dipindahkan secara manual dengan bantuan aplikasi ES File Explorer.

      Delete
  11. gan, kok setelah tekan ganti partisi hpnya gak mau hidup?
    mohon solusinya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kurang tahu juga kalau itu gan. Coba program ulang saja gan. Itu kemungkinan OSnya rusak. Cara program ulang banyak yang share di google.

      Delete
  12. Gan apakah setelah di pilih ganti partisi, loadingnya lama?

    ReplyDelete
  13. Apakah akan kembali ke setelan pabrik alias semua data hilang apabila di ganti partisi ??
    Oppo yoyo saya sering ngadat banget, padahal masih ada 1gban lebih

    Mohon penjelasannya gan
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semua kembali ke setelan pabrik kecuali memorinya, sudah disatukan dengan penyimpanan sistem.

      Delete
  14. Kalo di partisi data hilang smua ya gan

    ReplyDelete
  15. Gan..maaf oot. Sy pakai oppo yoyo tp heran di files tdk bisa buka video yg sdh tersimpan. Itu knp ya? Ketika klik keluar tp kemudian kembali ke awal lg. Kyknya ada system yg terhapus. Cara mengembalikannya gimna ya.. thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba format ulang saja gan di pengaturan (kembali ke setelan pabrik). Kalau masih tidak bisa maka harus di program ulang.

      Delete
  16. FIND 5 mini saya sudah bisa lagi bos makasih, tadinya cuma bisa muat aplikasi facebook dan bbm saja mau isi aplikasi lain tertulius memori penuh, setelah di partisi bisa muat lebih banyak aplikasi. Cara di atas saya ikuti 100% Berhasil.

    ReplyDelete
  17. Gan pasca ganti partisi apa harus cabut memori sd dan kartu sim.....terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cabut aja SD cardnya, sebenarnya kalau gak dicabut juga gak apa-apa.

      Delete
  18. Gan hp oppo joy 3 sistem terbaru tpi ga ada pilihan ganti partisi
    Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistemnya perlu Upgrade dulu tuh ke versi yang terbaru.

      Delete
  19. Abis nulis ngacir, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo hp dah di root ko gak ada ya perintah ganti partisi

      Delete
    2. Coba upgrade dulu sistemnya.

      Delete
  20. Udah d upgrade ke versi baru kok tetep ga ada menu ganti partisinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama oppo r289 ku juga gak ada menu ganti partisi,, kata sistemnya juga udah versi terbaru pembaharuannya,, gimana ya.?

      Delete
  21. Gan, tidak muncul pilihan ganti partisi, sistem udah yang terbaru, kenapa ya gan? Terimakasih

    ReplyDelete
  22. Kak mau nanya, setelah ganti partisi kenapa ya kalau selesai ambil gambar atau edit gambar udah kesimpen di galeri tapi beberapa saat kemudian hilang? Ini sebabnya apa ya, mohon bantuan nyaa

    ReplyDelete
  23. gan,, untuk oppo joy 3 kok gak ada ya? OS colornya barusan saya update, tetep gak muncul ganti partisinya

    ReplyDelete