Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Tips Paling Ampuh Menghapus Virus Laptop, Flashdisk

9 comments :

Gimana seh cara menghapus virus yang membandel pada Laptop dan Flashdisk? wah, banyak neh teman admin yang mengeluh terhadap masalah ini. Virus adalah salah suatu program yang dapat merusak dan mengacaukan komputer dengan cara menggandakan diri sendiri, menyisipkan diri, dan membuat salinan ke dalam program dan dokument lain sebanyak-banyaknya sehingga akan membingungkan usernya. Tidak itu saja virus yang tergolong program jahat ini juga membuat beberapa file tidak bisa dioperasikan dan juga menyembunyikan file pengguna. Tentunya ini akan sangat mengganggu sekali, sehingga tidak sedikit orang yang mengeluh terhadap kasus yang tidak diundang ini. Bahkan ada juga yang nekat kehilangan data pentingnya asalkan si virus enyah dari perangkat yang digunakan dengan cara  memformatnya. Memformat memang membuat virus lenyap tapi bagaimana dengan data yang ada didalamnya? ikut lenyap juga bukan. Nah, bagi mereka yang tidak mau kehilangan data penting tentunya memilih jalan yang benar dan nanti akan admin jelaskan dibawah ini.

Sebenarnya tanpa memformat kita bisa menghancurkan virus hingga mati sampai keakar-akarnya. Virus itu biasanya cuma satu, tapi karena terus beranak makanya jadi banyak dan pertahanannya menjadi kuat. Induk dari virus tidak bisa dihapus (delete) secara langsung dari komputer tapi anak-anaknya dapat dihapus secara langsung dan itu hanya bersifat sementara. Ia akan datang lagi setelah induknya menggandakan diri lagi. Jadi intinya kita harus membunuh semuanya barulah mereka pergi selama-selamanya. Bagaimana cara membunuhnya? berikut tipsnya.

Cara Paling Ampuh Menghapus Virus Laptop, Flashdisk:

Untuk menghapus virus disini sebenarnya hanyalah menggunakan 2 buah antivirus dan tidak akan menggunakan hal yang aneh-aneh. Karena selama menggunakan kedua antivirus ini alhamdulillah komputer admin tidak pernah diserang oleh virus. Apa saja antivirusnya? antivirus yang admin gunakan adalah Avast dan Smadav. Kedua anti virus ini sangat cocok berada dalam komputer, karena mereka saling membantu dalam menyerang virus. Kronologinya, Smadav tidak mampu membunuh virus yang tergolong kuat tapi Avast mampu memakannya. Dalam hal ini smadav difungsikan untuk melakukan scan sekaligus membunuh virus-virus yang kecil sedangkan Avast mengawasi dibelakangnya. Jika ada virus yang tidak mampu diatasi oleh Smadav maka barulah Avast beraksi. Begitulah cara kerja mereka berdua setelah admin perhatikan.

Sekarang yang harus anda lakukan adalah:
- Hapus semua antvirus selain Smadav dan Avast.
- Kemudian instal Smadav dan Avast (kalau belum ada).
- Setelah itu buka Smadav dan tandai semua memory yang ada dikomputer untuk di scan.


- Kemudian tekan Scan untuk memulai.
- Lihat pada panah 3, anti virus Avast akan siap-siap untuk mengcover Smadav.

Saat proses Scan berjalan maka Avast akan muter-muter, pertanda ikut mendeteksi virus. Kalau ada virus ringan maka akan langsung di karantina oleh Smadav sedangkan virus yang kuat akan dimakan oleh Avast. Nanti setelah selesai Scan selesai pada Smadav tekan Fix All. Dengan begitu semua virus akan lenyap dari komputer, laptop, maupun Flashdisk anda. Selain melenyapkan virus ternyata Smadav juga mampu mengembalikan file-file yang telah di hidden oleh virus.

9 comments :

  1. Virus memang akan selalu berkembang dan terus bertambah, apalagi saya pribadi yang harus pindah-pindah antar PC dalam membuat file. Kalau saya jujur lebih nyaman menggunakan Avast saja. Ya, selera orang beda-beda memang, termasuk admin Gividia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Avast saja sebenarnya sudah cukup ampuh untuk menghapus virus. Tapi mungkin untuk mengembalikan file yang hidden agak susah dan cara scan-nya pun juga terasa ribet. Jadi, dalam hal ini Smadav lah yg bs diandalkan, tentunya bekerja sama dgn Avast. Karna kalau virus berat mungkin Smadav tidak akan mampu mengatasi sendiri. Begitulah pentingya kedua antivirus tersebut berada dalam komputer.

      Delete
  2. Min di smadav di laptop ane ad yd terdetek... klo itu berbahaya g... gimana min cara ngilangin nya!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau virus yg kedetek smadave terlalu banyak, itu sangat berbahaya. Tapi kalau cuma 2 atau 3 itu belum terlalu berbahaya. Menurut saya sih..gitu.

      Delete
  3. minta link buat download smadav yg terpercaya dong admin

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketik saja ini di google "Smadav Antivirus Situs Resmi" nanti pilih link pertama, itu situs resminya dan terpercaya. Pilih Free Download kalau ingin yang gratisan.

      Delete
  4. kak mau tanya dong gimana kalo misalkan akuudh ada antivirus smadav nah tapi kalo misalkan aku masukin flashdisk aku gak ke detect virusnya, tapi pas aku coba dilaptop temen aku itu ada virusnya. jadi apa ada masalah sama laptop atau smadavnya?
    tolong bantu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada dua kemungkinan.
      Pertama, kemungkinan laptop temannya ada virus. Saat flashdisk bersih dicolokin ke laptop temannya maka akan kedetek ada virus bahkan semua file yang ada di flashdisk akan kehidden.
      Kedua, bisa jadi malah sebaliknya. Antivirus pada laptop temannya yang bagus & kuat,dengan mudah mendeteksi virus yang ada di flashdisk.
      Lalu kenapa virus tidak kedetek dilaptopnya? itu karena antivirus smadav tidak terlalu kuat jika tidak didampingi antivirus luar seperti Avast.

      Delete