Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Membuat Pangkat Dibawah, Diatas Pada Microsoft Word

20 comments :

Halo sahabat gividia! Sudah lama neh admin tidak posting pada blog ini berhubungan beberapa hari lalu admin begitu disibukkan oleh tugas kuliah sehingga blog gividia sempat terabaikan beberapa minggu ini. Baiklah, karena sekarang sudah ada kesempatan maka kali ini admin akan berbagi tips cara membuat pangkat diatas dan dibawah pada mikrosoft office word. Menurut admin sendiri pangkat diatas adalah sebuah angka kecil yang berada disamping huruf/angka lain dengan posisi diatas. Pangkat ini berada pada bilangan persegi, kubik, dll. Contoh pangkat bilangan persegi adalah 5angka 2 adalah pangkatnya. Pangkat bilangan kubik seperti 5angka 3 adalah pangkatnya.

Nah, sudah tau bukan pengertian dan bentuk-bentuk dari pangkat yang biasa digunakan pada pelajaran matematika. Tapi selain itu bentuk seperti ini juga banyak digunakan pada pelajaran IPA seperti satuan pada derajat celcius, contoh : 37o.  
Sudah penasaran seperti apa cara buatnya? baiklah, untuk membuat itu semua nanti akan dijelaskan dibawah, sekarang simak dulu apa dan seperti apa pangkat dibawah.

Pangkat dibawah hampir sama dengan pangkat diatas sama-sama huruf kecil disamping huruf/angka lain tapi pangkat dibawah memang posisinya dibawah contohnya: H2O angka 2 adalah pangkatnya yg dibawah. Begitulah penjelasan pangkat diatas dan dibawah. Untuk cara membuatnya bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini. 




Cara membuat pangkat diatas:

Untuk membuat pangkat diatas cukup menekan tiga buah tombol secara bersamaan yaitu Ctrl + Shift + =
Contoh: misalnya ingin membuat 52, maka ketik saja angka 52. Terus angka duanya di blok dan tekan Ctrl + Shift + = maka angka 2 nya akan langsung mengecil dan naik ketas. Begitu juga dengan cara membuat pangkat lainya. Untuk mengembalikan ke bentuk huruf biasa tekan lagi Ctrl + Shift + = 

Cara membuat pangkat dibawah:
Untuk membuat pangkat dibawah cuma menekan dua buah tombol secara bersamaan yaitu Ctrl + =
Contoh: misalnya ingin membuat  H2maka ketikan saja H2O. Terus angka 2 nya di blok dan tekan Ctrl + = maka angka 2 nya akan langsung mengecil kebawah. Begitu juga dengan cara membuat pangkat dibawah lainya. Untuk mengembalikan ke bentuk huruf biasa tekan lagi Ctrl = 

Cara lain:

Dengan menekan simbol pangkat yang sudah ada pada menu Microsoft Word. Lihat pada bagian atas ada simbol X2  X2 . 

Misalkan membuat pangkat pada bilangan H2O. Ketikan H2O, lalu blok angka 2 dan tekan simbol Xmaka angka 2 akan mengecil kebawah. Begitu juga dengan pangkat diatas.

Nah, sekarang sudah tahu bukan cara membuat pangkat dibawah dan pangkat diatas pada Microsoft Word, kalau gitu admin akhiri dulu positngan ini yang berjudul tentang cara membuat pangkat dibawah dan pangkat diatas pada microsoft office word. Semoga bisa membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas sekolahnya dan juga tugas kuliahnya.

20 comments :

  1. Sangat bermanfaat mas, makasih banyak :-)

    ReplyDelete
  2. Atur Nuhun bos bermanfaat banget ;)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih...sangat membantu

    ReplyDelete
  4. terima kasih gan, sunguh sangat membantu

    ReplyDelete
  5. sebenarnya bukan tanda pangkat dibawah, tapi tanda satuan dibawah. H dengan angka 2 dibawah artinya ada 2 buah H Tanda kimia air dapat diartikan bahwa air terdiri dari dua atom H dan 1 atom O.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, terima kasih telah menambahkan saya jadi mengerti apa itu pangkat dibawah.

      Delete
  6. trimakasih, sangat bermanfaat gan :) ;)

    ReplyDelete
  7. cara mengembalikannya lagi gimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekan lagi tombol yang sama maka kursor akan kembali normal.

      Delete
  8. sederhana tapi bermanfaat. thank you

    ReplyDelete
  9. Terima kasih sangat bermanfaat sekali ilmunya

    ReplyDelete