Computer | Microsoft Office | Gadget | Tips Android

Cara Kompres Gambar di Microsoft Word, Power Point dan Excel

1 comment :
Seperti yang kita ketahui mengkompres berarti membuat ukuran atau kapasitas suatu file menjadi lebih kecil dari aslinya. Pada postingan ini akan membahas bagaimana cara mengkompres (compress), mengecilkan atau memperkecil kapasitas gambar pada mikrosoft word, power point atau excel. Memperkecil ukuran gambar disini tidak akan membuat gambar buram atau kabur tapi hanya mengurangi sedikit dari kapasitas memorinya. Jadi gambar akan tetap terlihat jernih seperti yang aslinya. Tujuan memperkecil ukuran gambar adalah agar file dari microsoft word itu sendiri juga kecil sehingga saat mengirim document di Internet tidak mengalami masalah karena biasanya saat mengirim file melalui email ukuranya dibatasi atau mengirim pada situs lain.

Banyak orang mengirim documents microsoft word, power point dan excel melalui email. Tapi terkadang mereka mengalami kendala saat proses pengiriman, hal itu disebabkan karena ukuran file melewati batas yang telah ditentukan yaitu 25MB sehingga jika ukuran file melebihi ukuran yang telah ditetapkan file tidak akan bisa terikirim. Nah, untuk mengurangi kapasitas file jenis microsoft word, power point atau excel anda dapat mengkompres gambar yang ada didalamnya. Pada tutorial ini hanya akan dicontohkan pada microsoft word saja. Untuk selain microsoft word bisa dicoba sendiri, caranya tidak terlalu jauh berbeda dan hampir sama dengan langkah-langkah dibawah ini.

Langkah-Langkah Mengkompres Gambar di Microsoft Word :
1. Buka file Mickrosoft word, klik kanan gambar lalu Cut.


2. Pada pojok kiri atas klik Paste -> Paste Special.
3. Dengan begitu akan muncul jendela baru, pilih Picture (JPEG), tekan Ok.
4.Selesai.

Gambar telah berhasil di kompres. Untuk mengeceknya coba bandingkan dengan file sebelum dikompres pasti sangat jauh berbeda, setidaknya ada 50% pengurangan kapasitas bahkan bisa lebih. Selain cara diatas sebenarnya masih ada cara kedua. Cara kedua ini bisa digunakan untuk kompres keseluruhan gambar sekaligus, tidak seperti diatas yang hanya satu-persatu. Tapi kelebihan kompres pertama diatas pengurangan kapasitas lebih besar jika dibandinkan dengan cara kedua ini.

Cara kedua:
1. Klik gambar yang ada di microsoft word, lalu pada bagian atas (tab) pilih Format, selanjutnya klik Compress Pictures pada bagian kirinya.
2. Muncul sebuah jendela kecil, klik Options. Setelah itu beri centang pada "E-mai (996 ppi): minimize document size for sharing".
3. Terakhir klik Ok.

Dengan melakukan cara kedua tersebut maka ukuran kapasitas gambar akan berkurang sesuai dengan besar gambar yang ditampilkan di halaman microsoft word. Contohnya saja, jika gambar tampil 6 x 6 maka ukuran kapasitasnya juga akan disesuaikan dengan 6 x 6 tersebut. Gimana mudah bukan..?.
Demikianlah tutorial cara memperkecil ukuran kapasitas gambar di microsoft word. Jika anda ingin melakukanya pada power point, excel mungkin hanya bisa dengan menggunakan cara yang pertama diatas.

1 comment :

  1. Sangat membantu ukuran file dari 134MB bisa jadi 18MB makasih gan

    ReplyDelete