Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Menulis Tulisan di Notepad Agar Tidak Memanjang Kesamping

11 comments :
Pernah tidak sobat menggunakan notepad untuk menulis / mengedit tulisan? maka tulisan tersebut akan memanjang kesamping padahal tulisan sebelumnya dalam bentuk paragraf namun setelah dipaste ke notepad tidak berbentuk paragraf lagi sehingga membuat tulisan tidak bisa terlihat keseluruhan melainkan hanya terlihat satu kalimat saja, sebagaimana yang telah pernah saya alami sebelumnya. Tentunya hal ini membuat kita sebagai pembaca tidak bisa konsentrasi dalam membaca semua tulisan yang ada di notepad, karena jika telah terlalu jauh membaca tulisan kalau kita ingin membaca  lagi tulisan awal maka harus menggeser socrol dulu kesamping dan tentunya akan lebih ribet lagi. Kira -kira begini bentuk perbandingan gambar tulisan yang memanjang kesamping dan tulisan yang sudah tersusun rapi berbentuk paragraf saat menulis di notepad.


Sebenarnya untuk mengatasi hal ini cukup sederhana karena kita cukup mengatur format pada notepad. Tapi walaupun sederhana jika seseorang tidak berfikiran kesana pasti akan terasa rumit juga seperti saya sebelumnya yang ingin menampilkan tulisan berupa paragraf. Lalu saya coba cari menu pengaturan ternyata tidak ada (padahal memang tidak ada). Sehingga saya berfikir mungkin tampilan notepad memang seperti ini sehingga mau tidak mau saya harus menggeser socrol kesamping untuk melihat tulisan sebelumnya. Tapi pada lain waktu secara tidak sengaja saya menemukan caranya. Akhirnya mulai waktu itu saya mulai senang menulis di notepad misalnya saja seperti mau update artikel blog maka saya akan menulis dulu di notepad. Selanjutnya mengambil tulisan di internet pada blog maka tulisan disalin dulu ke notepad agar tulisan netral, dengan maksud agar segala macam format bawaan dari blog tersebut hilang.

Secara default format untuk notepad memang diatur seperti itu namun kita bisa mengaturnya (tulisan) berupa paragraf. Tulisan berupa paragraf ini dinamakan "Word Wrap". Wrap artinya membungkus jadi, Word Wrap bisa saja artinya membungkus kata sehingga tidak akan ada kata-kata yang keluar dari halaman karena telah terbungkus. Hehe kira - kira begitu penjabaranya.

Untuk mengaturnya ke bentuk paragraf supaya tidak memanjang kesamping cukup tekan Format => Word Wrap. Maka secara otomatis tulisan akan lari kebawah atau menyesuaikan ukuran halaman (responsive). Nah..begitulah cara mengaturnya. Gimana? sangat mudah bukan. Hehe.. Ya mudah kok.. Sebenarnya tidak ada gunanya saya posting di blog ini tapi karena ini juga termasuk pengalaman saya maka ditulis jugalah untuk menambah-nambah jumlah artikel, mana tahu ada teman - teman yang senasib dengan saya sebelumnya. Demikianlah artikel tentang cara menulis tulisan di notepad agar tidak memanjang kesamping. Thanks !


11 comments :

  1. iya mas,saya juga sempat mengalami hal seperti itu,dan tulisan memanjang kesamping memang bikin pusing gak kebaca semua :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bnar skali mbk, smoga dgn ada tulisn ini bs brmnfaat bgi smua.

      Delete
    2. artikel yang membantu dan bermanfaat mas,saya juga pernah mengalami hal serupa alhasil dulu males banget nulis di noteped :D

      Delete
    3. berarti kita memang senasib dulunya. hehe

      Delete
  2. Kalau saya biasa pakai aplikasi notepad++ mas, sebagai pengganti notepad bawaan windows, ada syntax highlighternya buat postingan/edit2 template blog :D
    di aplikasi notepad++ pada menu View >> Word Wrap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah! notepad++ oke jg tuh mas. Tapi sampai saat ini ane lebih setia sm notepad bawaan windows karna sudah tau cara mngaturnya dan ckup mudah.

      Delete
  3. senang sekali saya membaca blog anda, sangat membantu.

    ReplyDelete
  4. Wah begitu ..jadi tahu caranya ..terimakasih
    Sangat membantu artikelnya

    ReplyDelete
  5. terimakasih :)

    ReplyDelete
  6. terimakasih ya..sederhana tapi sangat berguna.

    ReplyDelete
  7. benar ya gan cukup di format dan word wrap tulisan jadi ga kesamping lagi. makasih banyak nih gan

    ReplyDelete