Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Iklan Aneh Tiba-Tiba Muncul di Blog atau Web

Pernah kaget melihat blog sendiri. Anehnya dengan tiba-tiba iklan muncul pada halaman blog saya. Padahal selama ini saya tidak pernah mendaftarkan blog untuk bergabung dengan layanan periklanan lain. Itu baru saja terjadi pada blog gividia ini. Saya sangat kaget dengan masalah ini dan sempat beranggapan mungkin blog ini di ha-ck orang lain sehingga dengan leluasa mereka menempatkan iklan di blog saya.

Iklan yang muncul biasanya seperti Lazada. Dalam iklan tersebut saya lihat ada tulisan ads by Unisales. Karena tidak tau apa masalahnya lalu saya tanya mbah google dan kebetulan disalah satu forum saya menemukan ada salah seorang user yang mengalami masalah yang sama. Disana ada beberapa jawaban yang bisa dijadikan referensi untuk mengatasi masalah yang aneh ini. Sebagaimana yang dikutip dari percakapan tersebut (maaf saya tidak ingat namanya), "Gan, kenapa ya kok pas saya buka blog tiba-tiba iklan muncul sendiri dari lazada atau ads by unisales?". Lalu dijawab oleh seorang user lain, "Bukan webnya yg salah tapi browsernya. Pasti habis download & instal software tertentu dan secara gak sengaja ada aplikasi yang tak diinginkan ikut terinstal, biasanya aplikasi itu muncul sendiri ketika kita buka website (apa saja)".

Dari percakapan di atas dapat disimpulkan bahwa iklan bisa muncul di blog atau web apapun termasuk blog sendiri karena adanya aplikasi tertentu yang terinstal dalam komputer kita. Hal ini terjadi pada saat kita instal aplikasi tapi dalam aplikasi itu ada aplikasi lain yang ngikut sehingga mereka juga ikut terinstal, karena mungkin memang kita tidak melakukan seleksi sewaktu instal aplikasi.

Selain itu juga karena kita mau download aplikasi, tapi aplikasi yang didownload tidak tepat lalu kita instal. Nah, akhirnya si aplikasi akan bertindak semaunya di komputer kita dengan menambahkan tolbar, addons di browser sehingga menampilkan iklan saat kita melakukan browsing. Tindakkan ini sama halnya dengan virus tapi tidak terlalu jahat. Mereka hanya ingin mempromosikan sesuatu dan tidak merusak komputer. Tapi, terkadang hal ini merugikan user juga yang membuat komputer menjadi lambat dalam bekerja, juga iklan yang muncul sembarangan. Untuk mengatasinya bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Mengatasi Iklan Aneh Tiba-Tiba Muncul di Blog
1. Kalau iklan muncul di blog atau web apapun saat browsing berarti itu ada hubungannya dengan addons, sehingga anda harus menghapus addonsnya dari browser, dengan cara mencarinya di daftar ekstensi pada browser yang anda gunakan.

  • Jika menggunakan Mozilla Firefox: Tulis about:addons pada URL browser anda tekan Enter, kemudian klik Ekstensi. 
  • Jika menggunakan Google Chrome: tulis chrome://extensions/ pada URL browser anda, tekan Enter.

2. Selanutnya cari addons yang berhubungan dengan iklan misalnya Adds by Unisales berarti anda harus mencari addons yang namanya berkaitan dengan Unisales seperti SaleePluus 1.2 (sama-sama ada kata "Sale"nya :-D). Lalu hapus addons tersebut dengan menekan Hapus. Seperti gambar dibawah ini. 


Hanya dengan melakukan langkah di atas berarti iklan tidak akan tampil lagi pada browser anda.

Selain itu, jika terdapat tolbar pada browser anda yang dapat membuat browsing jadi lambat dan tampilan browser tidak sesuai dengan semestinya maka anda juga bisa menghilangakannya dengan cara menghapus aplikasinya dengan cara berikut:
- Masuk ke Control Panel atau dengan cara tekan secara bersamaan Tombol Windows + R kemudian ketikkan Control Panel -> Enter -> Add or Remove Programs.
- Cari aplikasi yang namanya berkaitan dengan tolbar kemudian Remove.

Sekarang komputer anda telah terbebas dari iklan yang muncul tanpa diundang dan juga terbebas dari aplikasi yang akan membuat browser anda lambat. Demikianlah tutorial ini saya buat dengan semestinya dalam keadaan sadar tanpa ada paksaan dari pihak manapun, hehe,, kayak surat kuasa aja :-P. Baiklah, saya akhiri tutorial ini. Semoga bermanfaat.

29 comments for "Mengatasi Iklan Aneh Tiba-Tiba Muncul di Blog atau Web"

  1. Wah iklan memang menyebalkan :D hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menyebalkan bangat :D
      Apalagi kalau iklanya tidak beraturan dan memenuhi halaman.

      Delete
  2. Nahhh....
    Beberapa waktu lalu aku baru membicarakan tentang ini dengan seorang temanku. Bedanya bukan iklan dr blog, tapi tentang chrome atau mozila yang tbtb ke-new tab dan terhubung pada sebuah situs dengan sendirinya.
    Ini masalahnya sama dengan "virus" yang terinstal dari aplikasi juga, yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, itu sama halnya dengan permasalahan di atas dimana ada beberapa aplikasi dan addons yg terinstal di pc mba.

      Delete
  3. Jujur, saya sampai berhari-hari kebingungan saat menjumpai banyak iklan yang memang bertebaran di Internet. Ketika sedang asik baca-baca situs Blog, tapi sudah berkumpul banyak iklan yang tidak diketahui darimana sumbernya. Saya dulu juga baru tahu kalau sumbernya dari hal yang sepele. ya, Addons tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung mas, ada iklan yang memang berasal dari blog itu sendiri dan ada juga iklan yang berasal dari aplikasi ataupun addons yang terinstal di pc kita.

      Delete
  4. kalau saya siap block cookie nya sekali. .

    ReplyDelete
  5. Itu kan di pc,nah skrg gimana caranya hilangi iklan di androit/mobile ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklannya apa dulu? iklan bawaan aplikasi atau iklan yang memang dipasang oleh yang punya web? kalau iklan yang berasal dari aplikasi tidak bisa dihilangkan kecuali kalau aplikasinya dihapus. Kalau iklan bawaaan web bisa di block dengan menggunakan browser UC Browser.

      Delete
  6. Wah gan Saya Juga Paling Kesel ketika Lagi Ngeblog Eh Browser yang Saya pake Malah Jadi berubah Aneh Terus Ditambah Ada Aplikasi Yang Terinstal Secara Otomatis padahal Saya Sendiri ga Pernah Menginstal Aplikasi tersebut,, mungkin Dengan Salah Satu cara yang agan bahas Bisa mengatasi Permasalahan Saya.. tahanx's gan ilmunya Dan Akan Saya Coba Softwarenya Hehehe

    ReplyDelete
  7. dari firefox, unistall jadi crome sama saja, di safari tab juga sama, beda dengan 5 tahun yang lalu, unistall program dan browser gak pengaruh, install ulang windows juga gak ngaruh, ada gak solusi yang ciamik buat itu semua, maaf banyak curhat dan terimakasih

    ReplyDelete
  8. Mas kalau misalnya kita buka blog lalu kita ndak sengaja mencet tiba tiba blog itu muncul terus diatas. Misal saya kan sering buka icenema nah karena saya dak taulah pencet apa tiba tiba icinema itu muncul terus. Kalau saya buka blog ini pasti icenema diatas lalu blog ini di bawahnya. Tolong solusinya !!!!!

    ReplyDelete
  9. aku uninstall Firefox / chrome , trz install lagi..tetep saja ada iklannya... iklannya sama saja lazada, atas bawah kanan. ganggu banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Firefox / Chrome yang di uninstall tapi Ekstensinya.

      Delete
  10. Broh gimana nih broh di extension cuman ada google apalah terus waktu itu iklannya ilang terus dateng lagi setiap gw buka steam buka store di storenya ada iklan terus pas 2 detik langsung terlempar ke web aneh itu gimana caranya pls help me :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya itu bermasalah pada webnya. Mungkin yang punya web pasang iklan seperti PopCash atau bisa juga memasang script redirect ke halaman tertentu.

      Delete
  11. Maaf mas. Gmna cara unistall chrome. Sudah bbrp kli ttp saja tdk bisa. Walaupun bisa tapi tdak tuntas ke akar2nya. Mnta solusinya mas. Krn laptop saya sdh buannyakk bnyk iklan yg mnybalkan... terima kasih sblmnya..

    ReplyDelete
  12. maaf mas mau nanya, aku mau download film biasanya buka di cinemaindo trus tiba-tiba tab nya aku close trus aku buka tab baru yg bukan cinemaindo tpi yang keluar kok cinemaindo terus tiap aku buka blog atau web lainnya trus dibawahnya baru tab yang udah aku buka. gimana tu mas? aku udah utak-atik settings chromenya tpi gak bisa trus udah buka dimozilla juga tetep kyk gitu. mohon bantuannya :( makasi

    ReplyDelete
  13. tp kalau iklan juga muncul di hp gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau iklan di Hp, itu disebabkan oleh aplikasi yang agan download. Banyak aplikasi sekarang yang hanya numpang promosi iklan. Solusinya, cek aplikasi yang dicurigai dan lakukan uninstall.

      Delete
  14. terima kasih sangan membantu untuk sayayang pwemula

    ReplyDelete
  15. Bagaimana kalau saat kita membrowsing lalu tiba" pindah ke halaman lain kayak pindah ke halaman yg aneh. gimana caranya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa menggunakan ekstensi Adblock pada browsernya.

      Delete
  16. Ada solusi gak mas, di web aku kan aku tampilin iklan google, dalam satu halaman ada 3unit iklan, tapi akhir-akhir ini kok iklan yang muncul bukan iklan oleh google, terkadang adroll yang muncul, tapi sebagian iklan oleh google, apa ya mas permasalahannya? padahal script yang saya tampilin di halaman tersebut script iklan google semua. adakah solusi mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo itu. Mungkin maksud agan iklan Adchoice ya? itu tidak masalah masih iklan adsense juga.

      Delete
  17. di blog ku juga bertebaran iklan bikin rusuh aja nih .. tpi masih dri google juga ..ada gk cara mengatasi nya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu punya blog juga? kalau di blog mah admin blog itu yang bisa mengatasinya. Coba periksa script iklan yang ada ditemplate blog. Hapus semua script iklan tersebut.

      Delete
  18. Bang, saya kadang muncul iklan dari mgid.. Padahal saya tidak ikut daftar mgid..
    Dan munculnya kalau pake hape..
    Klo dihape gmna solusinya ya

    ReplyDelete