Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keunikan Ikan Mungkus Air Tawar

Ikan mungkus adalah jenis ikan air tawar yang hidup di aliran sungai yang deras dan bersih serta ada pasir dan bebatuan di dalamnya. Ikan ini tergolong ke dalam jenis Sicyopterus Stimpsoni, mampu merayap pada air yang paling deras, sekalipun pada air terjun. Ikan ini memiliki "cupak/kop" dibagian perutnya yang berfungsi untuk menempel di atas batu. Daya tempelnya sangat kuat dan tidak akan hanyut bila berada di aliran yang deras.

Ikan mungkus juga memiliki warna yang beraneka ragam yang membuatnya menjadi lebih unik dan menarik. Untuk bertahan hidup, ikan ini memakan lumut yang ada di bebatuan. 

Dibawah ini adalah gambar hasil berburu ikan mungkus pada tahun 2014 lalu. Gimana? unik-unik ya teman-teman? hehe.

Hasil tangkapan ikan mungkus

Dikampung saya tepatnya di Desa Baru, Kampung Baru Korong Nan Ampek, Pesisir Selatan, ikan ini disebut sebagai ikan Mungkuih. Berdasarkan warnanya ikan mungkus juga diberi beberapa nama yaitu Mungkuih Ramo-Ramo, Mungkuih Kasek, Mungkuih Aka dan Mungkuih Sirah Ikua. Jenis mungkus paling disukai saat itu adalah mungkus Ramo-Ramo dan Mungkus Aka karena memiliki ukuran tubuh lebih besar dan warna yang lebih unik diantara yang lainnya.

Saat berkembangbiak ikan mungkus akan bertelur di hulu sungai. Telur lepas dari induknya dan menjadi larva. Larva yang ukurannya sangat kecil akan hanyut hingga ke muara sungai. Larva berkembang menjadi anak ikan mungkus sekitar 1 bulan lamanya. Kemudian anak ikan mungkus ini akan bergerombolan naik menuju hulu sungai.

Dulu, pada sore hari menjelang senja saya sering melihat anak ikan ini berenang menuju hulu sungai. Tapi sekarang entah kenapa tidak pernah lagi terlihat. Sangat disayangkan jika populasi ikan ini menjadi punah.

Foto saat berburu ikan mungkus

Menurut cerita masyarakat setempat, kabarnya anak ikan mungkus yang mau naik terhalang oleh jaring yang dibentang oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab hingga tidak ada satupun yang bisa lolos. Anak-anak ikan ini ditangkap dan dikasih makan bebek peliharaanya.

Saya sangat tidak setuju dengan perbuatan orang-orang itu karena tidak mempedulikan kelestarian alam. Demi meraih keuntungan pribadi populasi ikan mungkus menjadi punah.

Begitulah teman-teman ceritanya tentang ikan mungkus yang dahulunya sangat banyak sekarang sudah mulai langka. Tentu ini akan menjadi cerita indah buat saya nantinya karena waktu kecil saya sangat sering sekali berburu ikan ini.

Selain enak dan gurih dimakan, ternyata berburu ikan mungkus juga menyenangkan. Bagi teman-teman yang ingin mencobanya bisa mampir ke kampung saya jika ikannya masih ada hehe. Terima kasih telah membaca artikel ini semoga menambah pengetahuan.

15 comments for "Keunikan Ikan Mungkus Air Tawar"

  1. Aku kok geli ya liat ikannya? Hahaha...
    Wahh, berarti anak ikanitu berpisah dr ibunya dong? Kasihan, ya...
    Aku mau deh main ke kampungmu. Jemput aku di Jakarta, ya? Hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa harus geli, ikan ini tidak nakal kq. Iya..dari kecil dia sdh berpisah dgn ibunya. Hingga yatim piatu dari kecil. Kasihan jg ya..
      O y, kpan kamu mau ke kmpungku? biar nanti aku jemput pake delman. Hehe

      Delete
    2. Kapan sampainya kalau pake delman? :(

      Delete
  2. Kalau dikampungku dipanggang keluk hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipanggang juga enak tuh, saya sendiri juga sering memanggannya, kasih bumbu.. sangat gurih sekali hehe

      Delete
  3. Mantap👍..... Di kampungku sama dengan yg ini. He.. Heee... Heee 🙏😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah baguslah, ternyata juga ada dikampung agan. Kampungnya dimana?

      Delete
  4. Izin tanya ka sebaran ikan mungkus dimna saja ?
    trimkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya ikan ini tersebar disemua sungai yang ada di Indonesia, bahkan diluar Indonesia pun juga ada. Namun saya tidak tahu pasti sebaran wilayahnya yang mana saja.

      Delete
  5. di wilayah jawa barat banyak ikan mungkus ini.
    terutma daerah jalur2 sungai pantai selatan.
    di daerah sunda nama ikan ini MENGA kerabat dekat nya ada seperti salusur kenek boboso.
    nama anak ikan mungkus impun dan di daerah gatut selatan sudah menjadi kebiasaan atau budaya menangkap ikan mungkus atau menangkap anak ikan mungkus.
    saking banyak nya ikan mungkus para warga setempat merasa terbantu ekonomi nya.
    di daerah saya mahal lo ikan ini 1kg30rb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tiap-tiap daerah beda juga ya penyebutannya. Semoga ikan di tempat agan tetap terjaga ya kelestariannya. Dan bisa terus terbantu perekonomian warga setempat.

      Delete
  6. Dikampung saya namanya nyoho,sekarang sudah punah sayang sekali ikan ini banyak kenangan dulu masa kecil saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kampungnya dimana gan?
      Di kampung saya Pesisir Selatan ikan ini juga sudah hampir punah karena ulah warganya sendiri yang tidak mau menjaga kelestarian alam. Banyak yang menangkap ikan dengan setrum listrik meskipun sudah dibuat aturan tapi tidak diindahkan. Saat musimnya anak ikan ini naik ke hulu sungai banyak warga yang menjaringnya untuk dikasih makan bebek.
      Selain itu, juga ada pembangunan bendungan di sungai sehingga ikan tidak bisa naik. Itulah beberapa faktor yang menyebabkan ikan mungkus punah dan akan menjadi kenangan di masa mendatang.

      Delete