Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Error 5B00 Pada Printer Canon Ip2770

Halo sobat, pada artikel ini saya akan berbagi tips tentang permasalahan printer Canon IP2770 yang mengalami error dengan kode 5B00 sehingga tidak bisa digunakan lagi. Hal ini tentu membuat penggunanya kesal karena semua pekerjaan yang harusnya sudah siap jadi tertunda.

Contohnya saya sendiri, ada klien mau ngeprint tugasnya. Klien : "Bisa ngeprint bang?". Dengan senang hati saya menjawab "Bisa! Silahkan.."(saya belum tahu kalau printernya sedang rusak). Saat print berlangsung eh tiba-tiba muncul masalah error 5B00. Akhirnya disitulah saya menjadi kesal dan juga malu sendiri karena dengan PeDenya bilang bisa padahal tidak.

Akhirnya semangat saya menjadi pudar karena masalah tersebut. Itu adalah permasalahan baru yang belum pernah terjadi pada printer sebelumnya dan pasti akan terasa sulit untuk diperbaiki.

Setelah cari informasi untuk memperbaikinya akhirnya berkat usaha dan do'a masalah pada printer bisa juga teratasi, walaupun banyak kegagalan yang terjadi. Berikut caranya.


Printer Error 5B00 sebenarnya adalah suatu masalah yang hanya bersangkutan dengan software jadi tidak ada ciri-ciri kerusakan pada hardware printer seperti catridge, power supply, maiboard ataupun rangkaian lanya. Pada error 5B00 sejauh ini saya belum menemukan kenapa hal itu terjadi, tapi saya telah menemukan cara mengatasinya dan telah berhasil diterapkan pada printer Canon ip2770.

Sebelumnya anda perlu download dulu software restter  ServiceTool 3200 banyak di google.
Setelah itu instal softwarenya. Jangan lupa juga siapkan kertas pada  printer karena nanti akan digunakan untuk tes print saat memperbaikinya. Sekarang silahkan lakukan langkah dibawah ini.

Cara Memperbaiki Error 5B00 Pada Printer Canon Ip2770

1. Pastikan printer dalam keadaan mati.
2. Tekan dan tahan tombol resume sebentar, lalu diikuti dengan menekan tombol power. Sehingga kedua tombol tertekan secara bersamaan.
4. Lepaskan tombol resume, tombol power tetap ditekan jangan dilepas.
5. Ketika tombol power dalam keadaan ditekan, tekan tombol resume sebanyak 6 kali. Pas tekan ke 6 tombol resume ditahan (tidak dilepas). Sehingga kedua tombol tertekan secara bersamaan.
6. Setelah itu lepas kedua tombol, maka komputer akan meminta driver baru abaikan saja.
7. Sekarang, buka file resetter yang telah anda instal tadi. Perhatikan gambar dibawah ini.


8. Tekan Set pada Clear Ink Counter seperti pada gambar diatas yang ditunjuk panah 1.
9. Setelah itu tekan EEPROM.
10. Jika sudah, matikan printer dan hidupkan kembali.

Selamat! printer anda tidak ada lagi lampu blink secara bergantian (orange - kuning), melainkan sudah bagus seperti biasanya yaitu hanya lampu kuning yang hidup. Sekarang anda sudah bisa melakukan print seperti biasanya, hati sudah mulai senang lagi tanpa adanya error 5b00 atau lampu indikator tidak ngeblink lagi secara bergantian.

Baiklah, kalau tidak ada masalah lagi saya rasa cukupkan itu dulu postingan tentang Mengatasi Error 5B00 Pada Printer Canon Ip2770. Semoga mbermanfaat. Berhasil atau tidaknya jangan lupa tinggalkan kommentar dibawah ya? terima kasih..

5 comments for "Mengatasi Error 5B00 Pada Printer Canon Ip2770"

  1. mantap gan berkat bantuan ente gue selamat dari ejekan orang kantor :-D

    ReplyDelete
  2. work gan, terimakasih sangat membantu

    ReplyDelete
  3. KOK PRINTER SAYA HIDUP 2 MENIT,,TP TERUS MATI TOTAL YAA?
    MOHON JAWABAN.

    ReplyDelete