Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memutar Posisi Video Yang Miring / Terbalik

Dalam mengambil rekaman sebuah video menggunakan hp terkadang kita tidak sadar kalau video yang diambil tersebut terbalik atau dalam posisi miring. Setelah diputar di komputer ternyata kita baru menyadari kalau video itu miring dan tentunya tidak akan bagus untuk dilihat, sehingga akan membuat kekecewaan yang teramat dalam padahal video tersebut sangat bagus dan tidak mungkin lagi untuk direkam ulang. Kalau diputar melalui Hp memang video terbalik tidak terlalu dipermasalahkan, karena bisa saja hp tersebut juga ikut dibalik sehingga video akan terlihat  tidak terbalik lagi. Berbeda dengan komputer yang ukurannya besar yang tidak mungkin untuk dibalik.

Seperti cerita saya waktu lalu, saat memancing di sungai dapat ikan banyak ternyata moment tersebut direkam oleh adik saya. Setelah sampai dirumah video tersebut dipindahkan ke komputer. Ketika diputar, ternyata videonya miring. Memang sedikit mengecewakan, padahal videonya sangat bagus dan bersih. Lalu besoknya saya cari cara bagaimana merotate video yang miring dan akhirnya saya menemukan aplikasi untuk memutar / rotate video tersebut. Begini bentuk video sebelum diputar posisinya.


Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan hal ini. Tapi berdasarkan cara saya waktu lalu aplikasi yang digunakan adalah FreeVideoFlipAndRotate. Dari nama aplikasinya sudah jelas kalau arti dari kata aplikasi itu sendiri membalik dan memutar video. Sekarang mari kita lakukan cara memutar video untuk memposisikannya ke posisi yang benar.

Cara Memutar Video Miring atau Terbalik

1. Pertama harus instal dulu aplikasi Netframeworks 2.0 sp2 kemudian baru install aplikasi FreeVideoFlipAndRotate. Aplikasi ini bisa didapatkan di situs 4shared.com dengan kata kunci : FreeVideoFlipAndRotate.
2. Setelah kedua aplikasi diatas berhasil diinstall, buka aplikasi FreeVideoFlipAndRotate
3. Dibawah tanda panah klik Add file .
4. Cari dan temukan dimana lokasi video tersimpan dan klik video tersebut.
5. Setelah video masuk ke dalam aplikasi. Sekarang atur posisi video dengan memilih panah - panah yang berada dibawah video. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
- Tampilan video bagian kiri adalah contoh sebelum video diputar.
- Tampilan video sebelah kanan adalah contoh video setelah diputar.


6. Terakhir klik Save.

Untuk hasilnya bisa dilihat di My Document didalam folder DVDVideoSoft => FreeVideoFlipAndRotate. Sekarang video anda sudah tidak terbalik lagi. Gimana,,mudah bukan? Silahkan nikmati menonton video dengan posisi yang benar. Berhubungan langkah-langkah diatas sudah berhasil dilakukan untuk itu saya cukupkan dulu tutorial tentang cara membalik, memutar, merotate atau mengatur video supaya bisa vertikal.

1 comment for "Cara Memutar Posisi Video Yang Miring / Terbalik"