Android | Computer | Microsoft Office | Blog Tips | Adsense

Cara Root Android Dengan Mudah dan Cepat Tanpa Pc

12 comments :
Root adalah suatu cara yang digunakan untuk membuat sistem android menjadi lebih bebas dalam penggunaan tanpa ada batasan, atau bisa juga bisa diartikan sebagai memodifikasi dan mengupdate ROM tempat penyimpanan data dan aplikasi android. Tujuan root adalah untuk menguasai sepenuhnya hak hakses dengan mengeksekusi semua file system di android. Biasanya jika android bermasalah pada saat melakukan pemasangan aplikasi atau beberapa aplikasi yang didownload tidak bisa dibuka karena mengharuskan agar android di root terlebih dahulu maka silahkan root android anda dengan mengikuti langkah dibawah ini. Sebelum melakukan hal ini, saya tidak menjamin bisa berhasil pada android lain karena saya hanya pernah melakukanya pada hp android Oppo Joy R1001 dan telah berhasil. Untuk mencobanya pada Hp lain pastikan keterangan pada saat pertama membuka aplikasi ada tulisan yang menerangkan seperti ini "Model ini bisa di Root" lihat gambar pada langkah ke-4.


Langkah - Langkah Cara Root Smartphone Android :

1. Download dulu aplikasi Key Root Master di mbah google.
2. Setelah aplikasi Key Root Master berhasil didownload kemudian install di android anda.
3. Jika sudah, buka aplikasi Key Root Master dan tekan Mulai Root.

.
4. Akan muncul notifikasi, silahkan tekan Root.
5. Tidak lama setelah itu muncul lagi notifikasi pilih Batal. Karena kita hanya melakukan root, tidak yang lain.
6. Root selesai.

Sekarang hp anda telah berhasil di root. Untuk melakukan pengecekan gunakan aplikasi Root Checker yang bisa di download di play store. Begini hasilnya jika root berhasil dilakukan, " Congratulations! Root access is properly installed on this devices".
Kalau tidak berhasil maka akan muncul kata-kata seperti ini, "Sorry! Root acces is not properly installed on this device".

Root pada android mempunyai kelebihan dan kekurangan sebagai berikut :

- Kelebihan hp yang sudah di root adalah kita dapat menambah dan mengurangi ataupun memodifikasi file-file atau data-data yang terletak di system android. Karena sebelum hp di root kita tidak akan dapat melakukan hal hal. Ibaratnya root adalah memberikan hak sepenuhnya kepada kita sebagai administrator.
- Adapun kekurangan hp yang telah di root yaitu menyebabkan garansi menjadi hilang karena kita telah mengotak-atik file system,sehingga jika terjadi kerusakan vendor tidak mau lagi bertanggung jawab atas hal ini. Tapi tidak perlu khawatir hp yang sudah di root bisa dikembalikan lagi seperti semula dengan melakukan unroot. Selain itu, hp yang sudah diroot lebih rentan terkena virus. Biasanya virus datang pada saat melakukan instal aplikasi yang tidak dikenal. Untuk itu jangan sembarangan instal aplikasi. Kalau bisa pasang antivirus di andorid anda yang bisa didapatkan di playstore.

Begitulah cara melakukan rooting terhadap hp smartphone android. Silahkan mencoba cara ini khususnya bagi anda yang memiliki Hp Oppo R1001 semoga berhasil. Saya tidak bertanggung jawab jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada hp anda karena bisa saja cara ini tidak berfungsi pada android lain.

Bagikan artikel ke:

FacebookTwitterGoogle+

12 comments :

  1. Semenjak saya root android sampai sekarang tidak pernah ada masalah dengan aplikasi yang saya miliki semuanya lancar.. :-D . Pernah saya cari masalah baru dengan melakukan install aplikasi sebanyak-banyaknya tapi kok gak ada masalah apa-apa ya. Padahal saya ingin mendapatkan masalah agar bisa dibagikan ke blog ini :-P.

    ReplyDelete
  2. Bro, apa bisa digunakan untuk type HP Oppo Find 5 mini? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya untuk HP Oppo Find 5 mini ada cara tersendiri gan,,coba cari di mbah google dengan kata kunci " cara root HP Oppo Find 5 " sepertinya sudah banyak yang posting.

      Delete
  3. Terus gan, ane mau download aplikasinya root nya aja gak bisa "tidak cukup ruang pada perangkat"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara coba hapus dulu beberapa aplikasi yang jarang digunakan, nanti setelah root baru di install lagi.

      Delete
  4. Xperia E3 dual sim punyaku g bsa gan... setelah klik (Mulai Root) loading (Root) loading lgi n muncul Could root... gmana gan solusinya??
    Thanks

    ReplyDelete
  5. Pada saat awal membuka aplikasi pastikan merk hp agan bisa di root dengan melihat kotak paling atas. Nanti akan ada tulisan seperti ini "Model ini bisa di root". Jika tidak ada tulisan seperti itu berarti hp agan tidak bisa di root. Solusinya, coba agan cari aplikasi root yang cocok untuk hp merk Sony Xperia E3.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih gan, artikel cara root android tanpa pcnya sangat bermanfaat dan work di acer liquid z205

    ReplyDelete
  7. untuk root dan unroot semua jenis Hp oppo saya sarankan guna "OPPO Tools apk" sangat mudah seratus % berhasil dan aman...

    ReplyDelete
  8. gan apakah kalo dah di root apa bisa di kembalikan dg mudah?

    ReplyDelete
  9. ..key root master yg mana? ada banyak yg muncul daftarnya.. namanya ngga ada yg sama persis "key root master"... bisa dbantu?

    ReplyDelete
  10. Ini key root master yg mana? Di play store ada banyak, tolong bantu dong..

    ReplyDelete