Android, Komputer dan Teknologi Lainnya

Cara Membuka Webcam Netbook ASUS Yang Bermasalah

No comments :

Mungkin anda sedang mengalami masalah terhadap webcam netbook atau laptop asus yang tidak bisa dibuka, padahal semua drvivernya sudah terinstal dengan baik. Kalau dilihat pada device managernya juga tidak ada tanda seru bewarna kuning. Kemudian ketika membuka aplikasi webcam seperti Youcam atau Arcsoft muncul tulisan seperti ini "Webcam not found. The webcam is either being used by another application or is not connected.Please click Connect button and try again".

Kebetulan masalah tersebut pernah saya alami. Awalnya saya install aplikasi Youcam, tapi setelah dibuka muncul tulisan seperti diatas. Saya pun mengira mungkin aplikasi Youcam tidak cocok dengan windows 7. Lalu saya coba install aplikasi Arcsoft Webcam. Masih tetap tidak bisa, yang muncul  juga tulisan seperti diatas seperti gambar ini.


Kemudian saya coba restar netbook dan setelah itu kembali aplikasi Arcsoft saya buka. Eh ternyata bisa, wajah saya sudah terlihat di webcam. Tapi anehnya setelah saya menutup aplikasi Arcsoft dan beberapa saat kemudian masalah tersebut muncul lagi. Lalu saya mengambil kesimpulan mungkin webcam terkunci secara otomatis. Biasanya di keyboard ada gambar icon kamera yang bisa diaktifkan atau dinonaktifkan. Karena icon kamera berada pada huruf V maka saya coba tekan Fn+V, ternyata tidak ada reaksi apa - apa dan saya buka aplikasi Arcsoft pun masih tetap tidak bisa.

Lalu saya masuk ke Device Manager, terlihat disana memang tidak ada tulisan Imaging device padahal sebelumnya ada. Ternyata tulisan Imaging device hilang sendiri. Muncul kembali setelah netbook di restar. Netbook yang aneh, apakah sobat mengalami masalah yang sama dengan saya? atau sobat mengalami tidak bisa buka webcam sama sekali walaupun netbook atau laptop sudah direstar? Nah, setelah saya cari sana sini banyak yang bilang mungkin itu karena driver yang di instal tidak cocok dengan netbook maka gunakan driver webcam di CD bawaan netbook. Lalu ada juga yang bilang kalau kita harus instal Lifeframe. Menurut saya memang drivernya tidak terinstall dengan benar sehingga jika dilihat pada Device Manager tidak ada terdeksi driver dari kamera ini. Jadi, mungkin memang driver perlu di update.



No comments :

Post a Comment