Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Supaya Smartphone Android Tidak Lemot

Bagaimana Supaya Smartphone Android Tidak Menjadi Lemot -  Berdasarkan pengalaman saya sebelumnya, yang mengakibatkan hp smartphone android menjadi lemot ialah karena terlalu banyaknya melakukan install aplikasi pada hp smartphone. Walaupun penyimpanan memory eksternal cukup besar tapi itu tidak menjamin untuk kelancaran hp smarphone dalam bekerja. Hal ini disebabkan karena saat aplikasi sedang beroperasi maka akan membutuhkan ketersediaan dari memori internal. Semakin sedikit ruang memori internal maka akan semakin lemot hp dalam berkerja begitu juga sebaliknya.

Mungkin kita tidak menyadari berapa banyak aplikasi yang kita jalankan saat bersamaan. Padahal jika kita menutup aplikasi dengan benar saat setelah selesai menggunakannya mungkin itu akan memberi ruang pada memori untuk beroperasi lebih baik lagi, tapi sering kali kita melupakanya yaitu pada saat kita keluar dari aplikasi maka dengan cepat langsung tekan tombol back atau home, padahal dengan cara seperti itu belum sepenuhnya aplikasi tertutup dengan benar. Untuk itu gunakan task manager atau usap layar bagian atas pilih "bersihkan". Dengan cara seperti itu berarti kita telah meminimalisir penggunaam memori dengan baik.

Hal lain yang mengakibatkan hp smartphone menjadi lemot adalah karena penumpukan cache yang disebabkan karena kebiasaan browsing dan chatting, atau bisa juga karena android anda mengalami update otomatis yang bisa membuat hp lemot, internet menjadi lelet. Baca disini jika android anda mengalami update otomatis yang akan membuat internet menjadi lambat Trik Agar Aplikasi Android Tidak Update Otomatis.
Nah..dari berbagai macam penyebat android menjadi lemot maka bisa diatasi dengan beberapa cara berikut :



Cara Agar Hp Smartphone Android Tidak Lemot :

- Tidak menginstal aplikasi semaunya
. Untuk itu hapus aplikasi yang tidak penting yang jarang digunakan. Karena ini hanya akan membebani hp anda.
- Tidak menjalankan aplikasi secara bersamaan. Maka tutuplah aplikasi anda dengan benar menggunakan task manager. Caranya cukup tekan dan tahan tombol menu sehingga akan keluar aplikasi apa saja yang sedang terbuka, lalu tutuplah dengan meggesernya kesamping.
- Hapus cache pada memori dengan menggunakan aplikasi tambahan seperti "Clean Master". Tapi sebenarnya tanpa menggunakan aplikasi juga bisa menghapus cache seperti hp oppo masuk ke "pngelola file" lalu disana ada kata "pembersih", tekan kata pembersih untuk mulai menghapus cache yang menumpuk.
- Mengurangi penggunaan sortcut icon pintas secara berlebihan. Menambahkan sortcut pada layar depan hp dengan tujuan untuk membuka aplikasi dengan lebih cepat tanpa membuka menu tentu ini sangat membantu, tapi jika digunakan secara berlebihan maka juga akan mengurangi kinerja hp.
- Gunakan walpaper bawaan android. Jika menggunakan walpaper bawaan android mungkin ini akan membuat kinerja android menjadi lebih ringan karena walpaper bawaan android telah dibuat dari pabrik sedemikian rupa sehingga menjadi cocok dengan android. Sedangkan walpaper lain mungkin karena memori walpaper yang terlau besar, atau ukuran yang tidak cocok maka itulah menjadi penyebab tidak dianjurkan dalam penggunaan.
- Pindahkan aplikasi ke memori eksternal. Jika anda punya banyak aplikasi penting yang tidak mungkin untuk dihapus maka segeralah pindahkan ke memori eksternal agar memoru internal tidak terlalu terbebani.
- Menghapus data sms dan data bbm yang telah menumpuk jika sudah tidak digunakan lagi.

Begitulah Cara Mengatasi Supaya Smartphone Android Tidak Lemot. Dengan melakukan hal - hal diatas maka hp android anda akan terbebas dari kata lemot. Sekarang anda sudah bisa tersenyum kembali bermain hp android tidak sperti sebelumnya yang selalu jengkel dengan android yang lemot. 

3 comments for "Bagaimana Supaya Smartphone Android Tidak Lemot"

  1. Kalau cara merawat batrai hp itu gimana ya, Gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara merawat baterai hp cukup sederhana mbak
      - jangan menggunakan hp saat melakukan isi ulang energi
      - cabut kabel jika baterai sudah penuh
      - jngan menggunakan chrger smbarangan
      Itu saja kok mbak. Dengan melakukan hal tersebut berarti baterai hp mbak akan tahan lama. Saya sendiri juga sudah coba kok.

      Delete
  2. Ka masa di hp saya cuma ada app bbm saja tidak bisa download app yg lain karna ruang penyimpanan penuh, padahal hanya ada app bbm saja, itu gimana ?

    ReplyDelete