Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Arti 86 Dalam Kepolisian

Bagi sobat yang sering nonton berita kriminal pasti sudah pernah mendengar kode 86. Sehingga sobat bertanya apa itu arti dari kata 86. Nah, seperti itulah pertanyaan yang mungkin muncul dari pikiran sobat. Seperti saya kemarin saat menonton acara 86 NET TV yang videonya telah banyak beredar di youtube. Memang acaranya begitu mengangkan sekali. Aksi dari kepolisian dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat saat itu di rekam secara langsung oleh wartawan tanpa rekayasa sedikit pun. Namun ada beberapa gambar yang disensor seperti gambar wajah tersangka dan pembicaraan yang mengarah pada alamat tertentu karena memang tidak pantas ditanyangkan didepan umum.

Saat menggunakan handy talky polisi sering mengucapkan kata 86. Dari situlah muncul pertanyaan apa itu 86. Karena penasaran maka saya cari tahu dari berbagai sumber. Setelah menemukan barulah saya tahu apa itu kode 86, berikut penjelasannya.


Dalam kepolisian arti dari 86 adalah sudah "diterima" atau sudah "dimengerti". Sandi ini harus sudah dipahami oleh setiap anggota kepolisian. Sandi 86 biasanya digunakan oleh kepolisian saat berkomunikasi menggunakan handy talky.

Namun, makin lama istilah 86 makin berkembang, dalam bahasa plesetanya yaitu saling mengerti atau saling membantu. Tahukah anda bahwa hal itu berkonotasi negatif. Saling mengerti maksudnya yaitu, karena penanganan oleh seorang oknum anggota polisi hendaknya dihargai dengan sebuah ''penghargaan'', dalam bentuk ''kemudahan'' pelayanan atau pemberian sejumlah uang untuk melancarkan penanganan kasus. Sedangkan untuk istilah lainnya yaitu ATK (Alat Tulis Kantor) maksudnya yaitu sekedar pemberian dari masyarakat yang meminta pelayanan hukum oleh oknum polisi untuk melancarkan proses penyidikan, laporan atau yang lainnya.

Nah..begitulah penjelasan angka 86 yang biasa digunakan oleh kepolisian saat turun kelapangan dalam mengamankan dan menertibkan masyarakat termasuk penyalahgunaanya. Semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan kita mengenai kode 86 dalam kepolisian. Jika sobat ingin melihat langsung video dari 86 bisa menonton acara NetTv atau bisa juga lihat langsung dari youtube. Saya juga sering menontonya lewat youtube bahkan tidak bosan - bosanya. Salut saya dengan kepolisian Indonesia yang bertugas untuk mengamankan rakyat dan memberantas kejahatan. Sehingga akan berkurangnya kejahatan di negeri ini.

Baca juga : Kehebatan Kopassus Indonesia Yang Ditakuti Sekaligus Diakui Dunia.

8 comments for "Apa Itu Arti 86 Dalam Kepolisian"