Android | Computer | Microsoft Office | Blog Tips | Adsense

Mengatasi Error B200 Pada Printer Canon IP2770

9 comments :
Masalah error B200 yaitu ditandai dengan lampu kuning berkedip secara bergantian dengan lampu hijau. Masalah ini sangat sulit untuk ditebak. Banyak yang bilang kalau masalah ini terjadi karena kerusakan pada mainboard, yang salah satu komponennya tidak berfungsi seperti resistor 301 dengan kode 752 / 572 sehingga menyarankan agar printer tersebut bisa normal kembali maka kita disarankan untuk mengganti komponen yang rusak itu. Padahal komponen resistor yang digunakan pada mainboard adalah jenis SMD yang sangat sulit untuk didapatkan dipasaran. Selain itu ukurannya sangat kecil juga akan sulit untuk memasangnya.

Menurut admin pernyataan itu belum lah tentu sabagai penyebab utamanya, karena jika dilihat dari komponen resistor 301 sepertinya tidak ada ciri - ciri kerusakan fisik pada komponen tersebut seperti hangus dll. Komponen tersebut terlihat masih dalam keadaan bagus. Dan ada juga yang menyarankan untuk ganti Power Suply. Ini bakalan bisa buang-buang duit juga yang pada akhirnya tidak terpakai karena masih terjadi error B200.

Error B200 Canon iP2770
Erro Number : B200

A Printer error has occurred.
Turn the printer off and unplug the power 
cord of the printer from the power supply.
Then contact the service center.

Artinya:
Nomor Kesalahan : B200
Telah terjadi kesalahan pencetak.
Matikan pencetak dan cabut kabel listrik
pencetak dari colokan listrik.
Kemudian hubungi pusat pelayanan.

Lalu apa masalahnya?

Berdasarkan pengalaman yang sudah pernah saya coba dan telah berhasil. Berikut penjelasannya.

Pernah saya mengalami printer IP2770 yang terjadi error B200 dan berniat untuk beli resistor jenis SMD 752 setelah membaca solusi dari sumber lain. Tetapi syukurlah saya tidak bisa menemukanya karna jika ditemukan kemungkinan printer bakalan hancur karena kerusakkan yang sebenarnya bukan itu.

Akhirnya saya coba melakukan restter dan tampilan kerusakannya pun berubah menjadi lampu kuning blinking selama 15 kali. Itu menandakan catridge tidak terpasang dengan benar. Tapi setelah saya coba pasasang berulang kali. Eh..masih tidak bisa.

Lalu akhirnya saya memutuskan untuk membeli Catridge baru (warna). Setelah saya pasang eh ternyata semua blinking hilang, dan sudah hidup lampu hijau. Itu berarti printer saya sudah bagus.

Baca juga : Mengatasi Error 5B00 Pada Printer Canon Ip2770

Kesimpulannya, yang rusak adalah catridge warna. Lalu mengapa terjadi error B200? terjadi error B200 karena catridge perinter sering dipaksa untuk ngeprint dalam kondisi tinta kosong dan akhirnya mengakibatkan head printer menjadi panas dan over voltage pada head. Untuk mengatasinya cukup mengganti catridge yang bermasalah. Begitulah cara mudah Mengatasi Error B200 Pada Printer Canon. Semoga bisa bermanfaat.

Bagikan artikel ke:

FacebookTwitterGoogle+

9 comments :

  1. yakin nih, ada kemungkinan lain gak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar itu adalah kerusakan pada catridge warna. Meskipun sudah dilakukan berbagai upaya agar bisa bagus lagi tapi itu tidak mengatasi masalah.

      Delete
    2. saya mengalami hal sama, ingin saya lepas catridgenya tapi sulit karena ada di paling pojok. sedangkan tidak bergerak sama sekali.
      Mohon solusinya sebelum saya melakukan kesalahan.

      Delete
    3. Coba ON kan printer lalu buka covernya. Biasanya catridge akan berhenti ditengah. Kalau tidak bisa, berarti ada yang menghalangi catridge seperti selang inpus.

      Delete
  2. info yg sangat bermanfaat gan. d tunggu kunjungan nya

    ReplyDelete
  3. Info yang sangat bermanfaat gan.. terima kasih banyak...

    ReplyDelete
  4. mantap pak tutorialnya sangat bermanfaat pak

    ReplyDelete