Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Bootable Windows7 / Windows XP di Flashdisk

Dengan bertambah majunya ilmu pengetahuan khususnya tentang ilmu komputer maka makin banyak kemudahan yang ditemukan. Biasanya dulu orang menggunakan kaset CD/DVD untuk melakukan install ulang tetapi sekarang cara tersebut sudah banyak ditinggalkan sebagian besar orang. Karena jika menggunakan cara tersebut maka kita harus mempunyai CD Room pada komputer atau laptop. Padahal banyak komputer dan laptop yang tidak tersedia CD Room didalamnya sehingga  kita tidak akan bisa melakukan install ulang. Sebenarnya bisa saja dengan membeli CD room eksternal tetapi itu masih belum praktis dibandinkan flashdisk yang mudah dan ringan dibawa kemana, hanya dengan menancapkan flashdisk instalasi komputer sudah bisa dilakukan.

Mungkin banyak yang belum menggunakan cara ini karena takutnya flashdisk mudah bervirus sehingga akan berpengaruh pada hasilnya, tapi ternyata tidak juga buktinya sampai sekarang saya melakukan install ulang komputer masih dengan flashdisk dan Alhamdulillah aman - aman saja. Untuk itu anda perlu mencobanya. Sekarang mari ikuti langkah - langkahnya dibawah ini.

Membuat Bootable Windows Pada Flashdisk:
1. Sebelumnya saya anggap sobat sudah mempunyai file Windows Installer seperti Windows XP atau Windows 7.
2. Siapkan juga sofware Rufus yang digunakan untuk membuat bootable windows ke flashdisk nantinya.
3. Setelah kedua File diatas tersedia, sekarang tancapkan flashdisk berukuran 4GB kalau anda membuat bootable windows 7. Sedangkan untuk Windows Xp cukup flashdisk yang 1GB aja.
4. Extract dan jalankan file Rufus.
5. Biarkan pengaturan default kecuali pada yang dilingkari warna merah pilih ISO Image dan klik gambar yang berbentuk CD. Lalu cari dimana Windows Installer tadi disimpan. Jika sudah langsung tekan START dan tunggulah sampai prosesnya selesai.


Jika sudah selesai maka sekarang flashdisk anda sudah bisa digunakan untuk melakukan install ulang komputer atau laptop. Sekarang pastinya anda tidak perlu repot - repot lagi membawa  DVD Room jika malakukan install ulang dengan menggunakan CD Intstaller karena cara yang lebih efisien sudah ada. Untuk melanjutkan install pada komputer atau laptop bisa pelajari disini untuk langkah-langkahnya Cara Install Komputer/Laptop Menggunakan Flashdisk.

1 comment for "Cara Membuat Bootable Windows7 / Windows XP di Flashdisk"